Fakta ini ungkap rahasia di balik persamaan corak bendera 6 negara!

Di antara mereka hanya warnanya saja yang berbeda, kok bisa?


Mungkin tidak banyak yang memperhatikan jika negara-negara di kawasan Eropa Utara atau yang biasa disebut Skandinavia yaitu Denmark, Norwegia, Swedia, Islandia, Finlandia dan Kepulauan Faroe memiliki corak bendera yang sama persis. Di antara mereka hanya warnanya saja yang berbeda, kok bisa?

Dalam sejarahnya, Denmark adalah yang pertama kali menggunakan bendera dengan corak warna merah dan putih. Bendera tersebut digunakan pada masa pemerintahan Raja Valdemar III di awal abad ke-13.

Menurut cerita rakyat, saat Denmark yang merupakan kerajaan Kristen, melakukan peperangan dengan Estonia pada tahun 1219, tiba-tiba bendera merah dengan motif salib putih horizontal jatuh dari langit. Konon itu pertanda jika Tuhan mendukung perjuangan mereka, sehingga membuat pasukan Denmark semangat dan berhasil memenangkan peperangan

Pada abad 14, Denmark, Norwegia, dan Swedia membentuk suatu persekutuan bernama Kalmar Union. Saat itu, Finlandia masih tergabung dalam Swedia. Sementara Islandia, Greenland, Kepulauan Faroe tergabung dalam Norwegia. Bendera Denmark kemudian diadopsi menjadi corak negara-negara Kalmar Union tersebut.

Berikut arti warna bendera-bendera negara Skandinavia tersebut, yang brilio.net lansir dari Thread Greenlizzard di Kaskus, Rabu (25/11) :

1. Denmark


Sebutan untuk bendera Denmark ini adalah Danneborg. Warna merah mengartikan pertempuran dan warna putih berarti misi suci dalam menyebarkan agama Kristen.

2. Finlandia


Warna putih dalam bendera ini menyimbolkan salju karena memang negara ini setiap tahunnya hampir selalu terkena salju. Warna biru mengartikan danau (air) karena Finlandia memiliki banyak danau.

3. Islandia


Negara kepulauan yang memiliki banyak gunung api aktif ini memiliki 3 corak warna. Merah mengartikan masa lalu mereka yang pernah menjadi bagian Denmark dan juga lava gunung berapi Islandia. Sementara warna putih dan biru adalah warna yang lazim digunakan dalam pakaian tradisionalnya.

4. Swedia


Memiliki warna yang paling berbeda di antara negara Skandinavia lain. Warna ini diambil dari logo kerajaan yang sudah ada sejak abad ke-14 di mana logonya adalah sebuah perisai biru dan gambar singa berwarna kuning.

5. Norwegia

Sama dengan Islandia yang memiliki 3 warna dalam benderanya. Warna merah dan putih diambil dari bendera Denmark, sementara warna biru diambil dari bendera Swedia.

6. Kepulauan Faroe


Terletak di sebelah utara negara Skotlandia. Kepulauan Faroe masih masuk dalam Denmark. Arti warna merah dan biru dalam benderanya adalah sebuah warna khas rakyat karena digunakan dalam topi tradisional Kepulauan Faroe. Warna putih mengartikan langit yang bersih dan buih yang terbentuk ketika ombak menerpa pantai Kepulauan Faroe.




Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment