Duh, Anak-Cucu Kita Terancam Tak Mengetahui 10 Jenis Tanaman Ini!

Indonesia dikenal sebagai negara yang sangat kaya, baik akan hasil bumi, flora, fauna, suku, budaya, dan masih banyak kekayaan Indonesia lainnya. Sayangnya, budaya hidup yang kebarat-baratan sampai pada tingkat dimana kekayaan ini harus dikorbankan. Tengok berapa juta hektar hutan harus dibabat untuk dijadikan lahan perkebunan dan perumahan? Efeknya, banyak keanekaragaman hayati yang mulai menipis jumlahnya hingga termasuk dalam daftar hewan dan tumbuhan langka yang terancam punah.

Kecantikan flora dan fauna asli Indonesia yang terancam punah dan tidak dapat diketahui oleh generasi penerus yakni anak dan cucu kita nantinya. Sepuluh jenis tanaman di bawah ini termasuk dalam daftar tanaman langka yang terancam punah, tidak hanya di Indonesia saja tetapi di dunia.

10. Damar

foto: lampung.antaranews.com

Tanaman ini berasal dari Papua dan merupakan salah satu jenis pohon yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Getah damar merupakan bahan baku industri yang membuat keberadaannya sangat diminati para pengusaha industri karena kandungan asam resinol, resin, serta minyak atsiri yang merupakan bahan dasar cairan pelapis kertas untuk menjaga tidak tidak menyebar.

9. Kantong Semar


Merupakan salah satu tanaman unik di Indonesia. Setengah dari spesies Kantong Semar yang diketahui terdapat di Indonesia dan merupakan tumbuhan endemik yang hanya bisa Anda jumpai di Indonesia. Sayangnya, perhatian terhadap jenis tanaman ini begitu minim hingga 4 di antaranya termasuk dalam status kritis serta 4 lainnya terancam punah. Ini dikarenakan perburuan tanaman ini terus terjadi bahkan hingga saat ini.

8. Bunga Bangkai

foto: www.liputan6.com

Tanaman yang merupakan jenis flora asli Indonesia ini termasuk dalam daftar tanaman langka dan terancam punah. Keunikannya dalam bentuk, ukuran, dan bau tidak lantas membuat tanaman ini berada dalam perlindungan yang baik. Penebangan hutan secara liar menghilangkan habitat aslinya dan jumlah inang tempat tumbuhnya menjadi lebih sedikit.

7. Cendana

foto: tokobibit-bumiasri.indonetwork.co.id

Pohon Cendana masuk dalam daftar tanaman langka akibat ulah manusia yang serakah. Perburuan liar, pencurian, penebangan hutan liar, hingga penyelundupan menyebabkan populasinya terus menurun hingga terancam punah. Pohon Cendana masuk dalam daftar tanaman langka akibat ulah manusia yang serakah. Perburuan liar, pencurian, penebangan hutan liar, hingga penyelundupan menyebabkan populasinya terus menurun hingga terancam punah.

6. Daun Payung

foto: www.kidnesia.com

Memiliki nama latin Johannesteijsmannia altifrons atau yang lebih dikenal dengan sebutan Daun Sang, merupakan sejenis palem dengan daun yang lebar dan relatif kuat. Tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai atap rumah. Sayangnya, keberadaan tanaman ini terus menyusut akibat deforestasi hutan, kebakaran hutan, dan pembukaan hutan yang dijadikan lahan perkebunan dan perumahan. Masuknya sinar matahari yang relatif banyak membuat tanaman ini mati.

5. Tengkawang

foto: wikipedia

Tengkawan (Shorea app.) merupakan nama buah dan pohon genus Shorea yang buahnya banyak dimanfaatkan sebagai penghasil minyak nabati. Keberadaannya sebagian besar berada di Kalimantan dan menjadi maskot Provinsi Kalimantan Barat. Sayangnya, masa reproduksinya terhitung lambat. Pohon Tengkawang hanya berbuah sekali dalam 7 tahun sehingga orang jarang mau membudidayakan tanaman ini. Pada akhirnya keberadaan tanaman ini semakin langka dan termasuk dalam daftar tanaman yang hampir punah.

4. Gibraltar Campion (Silene tomentosa)

Merupakan jenis bunga cantik dan termasuk dalam daftar tanaman langka dan terancam punah. Ukurannya kecil dan terdapat belahan yang seolah membentuk hati setiap kelopaknya. Habitatnya berada di tebing-tebing tinggi di Gibraltar. Pada tahun 1992 tanaman ini sempat diklaim sudah punah namun dua tahun kemudian seorang pendaki tebing menemukan spesimen tunggal yang kemudian benihnya disebarkan di bank benih milenium.

3. Pohon Franklin (Franklinia alatamaha)

foto: commons.wikimedia.org

Masih termasuk bagian dari keluarga teh, tanaman ini dinyatakan sebagai tanaman langka. Pohon ini merupakan tanaman asli Georgia dan sempat dinyatakan punah sejak abad ke 19. Bila sekarang masih ada, itu sudah merupakan hasil pengembangan dan perawatan, bukan lagi Pohon Franklin asli. Tanaman ini memiliki bunga beraroma serta daun yang berwarna merah cerah saat musim gugur.

2. Koki’o (Kokai cookei)

foto: www.yk13lahoa.com

Merupakan tanaman endemik Hawaii yang termasuk dalam daftar flora langka dan sempat dikabarkan punah sejak tahun 1950. Sekitar tahun 1970-an, dikabarkan spesies ini masih ada namun sempat mengalami tragedi kebakaran di tahun 1978. Beruntungnya, benih spesies ini masih ada yang bisa diselamatkan dan penanaman serta perawatannya disebar ke 23 negara berbeda.

1. Middlemist Merah (Middlemist kamelia)


Bentuknya mirip seperti Bunga Mawar dengan warna merah muda yang sungguh cantik. Kini bunga ini hanya dapat ditemukan di dua tempat, Inggris dan Selandia Baru – sungguh bukan dari tempat asal bunga ini. Tanaman ini justru punah dari negara asalnya, Cina. Meski terkesan memiliki maksud komersial, namun tanaman ini dapat bertahan di banyak kebun orang karena sempat dijual langsung kepada publik oleh John Middlemist yang merupakan orang yang menyelamatkan spesimen ini ke Inggris pada tahun 1804.

Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment