Aneh, Kenapa Selalu Ada Busa di Atas Kopi?




Siapa nih dari kamu yang paling suka minum kopi? Selain sehat jika dikonsumsi secara cukup setiap harinya, minuman yang satu ini juga seperti pembangkit semangat bagi sebagian orang. Wajar saja, kalau sekarang banyak yang menggemari minuman berwarna hitam ini.

Tapi, kenapa sih tiap kali meminum kopi selalu ada lapisan busa yang menggumpal di atas permukaannya? Bisa jadi kamu belum tahu alasannya. Ya, busa kopi ini adalah hasil dari reaksi kimia yang terjadi dari proses pembuatan kopi tersebut dan dikenal dengan istilah bloom.

Berawal dari proses roasting atau pemanggangan yang menyebabkan gas CO2 terperangkap di dalam tiap biji kopi. Nah, ini kenapa kamu akan menemukan sebuah lubang yang juga disebut valve pada kemasan kopi yang berfungsi sebagai tempat keluarnya CO2 dan mencegah oksigen masuk.





Asal kamu konsumsi secara teratur dan tidak berlebihan, kopi punya banyak manfaat positif lho. Ketika bubuk kopi diseduh, gas CO2 yang terperangkap di dalam biji kopi akan terlepas dan menimbulkan busa pada permukaan airnya. Ini dia yang disebut proses ekstraksi.

Lalu, apa sih fungsinya? rupanya gelembung busa itu berfungsi sebagai indikator segar tidaknya kopi yang kamu minum. Yap, semakin banyak busa kopi yang ada berarti kopi tersebut masih baru atau segar. Intinya, lama tidaknya proses roasting jadi kunci seberapa banyak gas CO2 yang terperangkap dalam kopi.

Oke, sekarang kamu sudah tahu nih kenapa selalu ada busa yang menggumpal di atas kopi kamu. Kalau menurut kamu kapan sih waktu yang paling tepat untuk menikmati kopi? Kasih pendapat kamu di sini ya.



Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment