8 Paten Apple Yang Paling Aneh

Perusahaan teknologi mana yang paling sering mematenkan produknya? Kemungkinan, Apple termasuk salah satunya.

Ya, Apple banyak mematenkan produk-produk buatannya, yang kadang digunakan sebagai amunisi untuk menggugat kompetitor. Beberapa paten yang dimiliki Apple pun dianggap cukup Aneh. Karena paten tersebut terkait produk yang mungkin dianggap kurang penting.

1. Tangga kaca di Apple Store



Toko retail Apple Store menjadi ujung tombak penjualan gadget Apple di berbagai negara. Sebagian besar bahan pembuatannya dari kaca, seperti di bagian tangganya

Nah, tangga yang terbuat dari kaca ini ternyata sudah dipatenkan oleh Apple. Paten bernomor D478,999 S itu dikeluarkan pada tanggal 26 Agustus 2003.

2. Tatakan gadget


Apple Store memiliki beberapa perabotan. Salah satunya sebuah benda berbentuk lingkaran yang menjadi tatakan iPad. Di tatakan ini, pengunjung bisa mencoba kebolehan tablet PC tersebut.

Dan rupanya, tatakan ini juga sudah dipatenkan oleh Apple agar tidak ditiru pihak lain. Paten bernomor D662,939 S itu dikeluarkan pada 3 Jui 2012.

3. Kemasan iPhone


Memang hal-hal yang terkesan remeh pun turut dipatenkan oleh Apple. Salah satunya adalah kemasan iPhone.

Kemasan iPhone yang terdiri dari beberapa bagian dipatenkan dengan nomor D596,485 S di kantor paten Amerika Serikat. Paten ini dikeluarkan pada tanggal 21 Juli 2009.

4. User interface



Apple sepertinya merasa bentuk ikon atau user interface di iPhone dan perangkat lainnya terlihat unik. Karena itu, mereka mematenkannya pada tanggal 17 November 2009.

Dengan paten ini pula, Apple menggugat Samsung. Apple mengklaim ikon di produk Samsung meniru dan melanggar paten tersebut.

5. Desain iPhone


Desain persegi panjang dengan sudut-sudut membulat di iPhone juga sudah dipatenkan Apple. Paten bernomor D593,087 S ini keluar pada 26 Mei 2009.

Dalam perang gugatan melawan Samsung, Apple juga memakai senjata paten ini. Mereka menuding desain ponsel Samsung Galaxy menjiplak iPhone.

6. Penutup earphone



Sektor earphone pun tidak luput dipatenkan Apple. Perusahaan yang didirikan mendiang Steve Jobs ini mematenkan pelindung earphone buatannya.

Dalam paten bernomor 8,280,093, Apple memiliki hak atas wujud penutup earphone yang terbuat dari karet itu. Paten tersebut keluar pada 2 Oktober 2012.

7. Ikon iTunes



iTunes adalah produk layanan musik yang paling dijagokan Apple. Apple pun tidak ketinggalan mematenkan ikon iTunes.

Ikon iTunes yang berwarna biru dengan bagian dalam not balok dipatenkan dengan nomor D668,263 S. Paten ini keluar pada 2 Oktober 2012.

8. Sarung tangan ajaib




Apple mematenkan beberapa teknologi atau produk yang belum dileuarkan. Salah satunya adalah produk yang dijuluki sarung tangan ajaib ini yang dipatenkan pada 25 Januari 2011.

Sarung tangan ini dirancang dapat digunakan untuk mengoperasikan gadget Apple. Tampaknya cocok dipakai pengguna iPhone pada musim dingin.





Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment