7 Danau Sebening Kaca Di Indonesia

Terlampau kayanya wisata alam Indonesia, negara yang kita cintai ini memiliki banyak danau sebening kaca yang akan membuat Anda berdecak kagum, terpana dan seolah tak lagi sabar untuk berenang. Bahkan ada yang berpasir putih seperti pantai! Ingin tahu dimana saja danau sebening kaca di Indonesia? Berikut ini 7 di antaranya.

1. Danau Labuan Cermin


Berada di Kecamatan Biduk - Biduk, Kalimantan Timur, kami yakin Anda pasti pernah melihat salah satu foto Danau Labuan Cermin ini di internet. Beningnya bahkan membuat perahu bisa tampak seperti melayang! Dan yang unik dari danau ini adalah airnya yang memiliki dua rasa, tawar dan asin. Soalnya permukaan air danau ini terbagi menjadi dua, tawar pada bagian atasnya, tapi asin pada bagian bawahnya.

2. Danau Kaco

Berlokasi di Taman Nasional Kerinci Seblat, danau super cantik ini memiliki air berwarna biru jernih. Saking beningnya danau ini, Anda bahkan bisa melihat cabang - cabang pohon yang berada di dalam air. Makanya, danau ini dinamakan Danau Kaco yang berarti juga Danau Kaca.




Walaupun luasnya hanya 30x30 meter, tapi belum ada satu pun orang yang tahu berapa kedalamannya. Kabarnya, danau ini juga memancarkan cahaya di malam hari. Makanya orang - orang yang datang untuk berkemah di sini, jarang membawa lampu tambahan. Karena tanpa lampu pun sudah lumayan terang. Keren!

3. Danau Weekuri

Dikelilingi tebing yang tertutup lumut, nama Danau Weekuri mungkin belum banyak didengar orang di sekitar Jakarta. Tapi kecantikannya begitu indah seperti surga! Bagi masyarakat Sumba, di mana danau ini berada, Danau Weekuri sudah menjadi primadona sejak lama.


Berkat kejernihan air berwarna hijau tosca, Anda bahkan bisa melihat pasir putih di dasarnya. Uniknya lagi, danau ini punya beberapa sumber mata air. Inilah mengapa di beberapa tempat, Anda bisa melihat perbedaan warna dan merasakan perbedaan temperatur air dari dingin hingga hangat di sini.

4. Danau Segara Anakan

Percayakah Anda, ternyata danau sekeren ini ada di Malang! Tepatnya di Pulau Sempu. Danau ini juga bisa disebut sebagai danau purba, karena telah terbentuk jutaan tahun lalu. Sekilas terlihat seperti pantai ya? Apalagi pasirnya berwarna putih dan airnya yang asin berwarna biru langit.



Di satu sisi danau ini ada lubang di mana air laut masuk dan terlihat seperti air terjun mini dari kejauhan. Paling asyik kalau sudah sampai di sini lalu berkemah di tepi danaunya. Bayangkan pemandangan langit berbintang dengan danau cantik berair jernih di depan mata.

5. Danau Kakaban

Nah, selain jernih, di danau ini Anda juga bisa berenang bersama ratusan ubur - ubur tanpa sengat. Danau Kakaban sendiri jutaan tahun yang lalu sebenarnya tersambung langsung ke laut. Hingga terjadi tekanan geologis yang terus mengangkat sebagian dasar laut ke atas dan membentuk tebing yang memerangkap sebagian perairan dengan kehidupan bawah airnya.




Karena dalam jutaan tahun spesies ubur - ubur di sini terlindungi dari predator, makanya mereka berevolusi hingga tidak memiliki sengat. Tahukah Anda bahwa ubur - ubur di Danau Kakabanjumlahnya melebihi ubur - ubur yang bisa Anda temukan di danau ubur - ubur di negara Palau yang sudah terkenal di dunia!

6. Danau Matano

Dengan kedalaman hingga 600 meter, Danau Matano di Luwu Timur, Sulawesi Selatan merupakan danau terdalam di Asia Tenggara. Bukan cuma keindahannya saja yang menjadi alasan Anda harus berkunjung ke sini. Danau ini juga memiliki banyak cerita sejarah dan sisi unik. Salah satunya adalah keberadaan gua bawah air dan ikan purba yang hanya berkembang biak di Danau Matano.




Ada total enam gua yang Anda telusuri di sini. Beberapa di antaranya berisi barang - barang peninggalan sejarah, seperti parang, tombak, hingga peralatan rumah dari besi kuningan. Dalam salah satu gua tersebut, Anda juga bisa menemukan tulang belulang manusia! Ini karena dulunya masyarakat sekitar tidak mengubur keluarganya yang meninggal, tetapi dimasukkan ke liang batu di dalam gua.

7. Danau Biru

Bentuknya mirip dengan sumur raksasa berwarna biru bening yang dipisahkan dari laut oleh tebing kalau dilihat dari atas. Buat yang kurang bisa berenang, sepertinya harus menahan diri di sini karena kedalamannya bisa sampai 7 meter.




Walaupun tidak besar, tapi keindahan danau yang satu ini membuat Anda wajib untuk menyempatkan diri berkunjung, kalau suatu saat sedang berlibur ke Kolaka Utara. Kabarnya, di dalam danau ini tersimpan harta karun berbentuk batu giok dan emas!



Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment