7 bus paling TOP di dunia




Bus-bus paling TOP di dunia saat ini adalah Travego, Setra, Scania, Irizar, Neoplan, Lion Coach, Volvo dan masih banyak lagi, hampir semua bus tersebut memiliki keunggulan masing-masing baik dari segi disain yang berkarakter dan juga fitur yang ada dari bus-bus tersebut. Mungkin bagi penggemar bus di Indonesia hanya mengenal beberapa model bus diatas antara lain sosok Travego yang boleh dibilang sang Legenda karena saat ini pun dapat kita jumpai Travego-Travego versi Karoseri Indonesia yang hampir semua karoseri memiliki model tersebut antara lain Adi Putro Royal Coach terkenal dengan Jetbus, New Armada dengan Grand Aristo, Tentrem dengan Jupiter, dan beberapa model lainnya.

Begitu pula dengan model Scania Touring penggemar bus di Indonesia mungkin lebih familiar dengan sebutan Scorpion King buatan karoseri Tentrem karena model bus tersebut boleh dibilang hampir sama hanya saja beberapa komponen dan bentuk disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

Lalu bagaimana dengan bus-bus TOP dunia mari kita lihat urutan dari posisi tujuh hingga satu sebagai bus terbaik Dunia.


Volvo 9700 dinobatkan menempati posisi ke tujuh sebagai bus terbaik dunia. Model bus Volvo 9700 tergolong halus (smooth) dan jarang sekali model bus ini dibuat oleh karoseri lokal Indonesia mungkin karena dilihat klasik dan sederhana.

Volvo 9700 mendapat julukan "The Conservative" yang mungkin berarti sederhana atau tradisional dilihat dari modelnya punsimple tidak neko-neko atau norak. Dengan konsep disain yang sederhana inilah Volvo 9700 menjadi pilihan perusahaan otobus untuk memilihnya karena model yang seperti ini akan lebih awet oleh pergantian zaman karena model bus Volvo ini tidak musiman yang hanya terkesan "wah" disaat kemunculan perdana melainkan tetap enak dipandang meski sudah muncul model-model bus baru pesaingnya.



Irizar PB merupakan varian bus dari karoseri Spanyol yang terkenal dengan model bus yang dibilang mewah karena dari penampilan eksteriornya saja, Irisar PB sudah mencerminkan kemewahan yang berbeda dari model-model bus lainnya. Bus ini sangat favorit bukan hanya dibenua Eropa melainkan di Indonesia terbukti banyak PO besar sekelas PO Nusantara, Nusa Indah dan lainnya menyukai model Irizar buatan Karoseri Adi Putro dan New Armada. Irizar PB dijuluki "The Luxury" karena memang dari sekian varian Irizar mungkin yang sangat terkenal untuk bus-bus kelas premium adalah seri Irisar PB sehingga bus ini sangat cocok digunakan sebagai bus-bus khusus mewakili kemewahan sekelas hotel bintang lima tidak salah irizar PB menempati urutan ke enam dalam tujuh bus terbaik di dunia.



Lion's Coach menempati urutan ke lima dalam tujuh Bus terbaik dunia, Lion's Coach merupakan bus buatan dari MAN yang sudah terkenal sebagai produsen truck dan bus asal German. Lion's Coach menawarkan kehandalan, kenyamana, aman, ekonomis yang menjadi nilai jual dibeberapa perusahaan otobus di eropa, dimana MAN Lion's Coach memberikan rasa percaya dan merasa aman di atas chassis dan engine MAN yang sudah terkenal kehandalannya. Terbukti PO Nusantara Kudus pun membeli chassis MAN R37 triple axle untuk memperkuat armadanya. 

"The Guard" Julukan yang cocok untuk Lion's Coach karena memang model bus ini mampu bertahan dalam persaingan antar perusahaan besar lainnya di seluruh dunia.



Scania Touring menempati posisi ke empat dalam pemilihan tujuh bus terbaik dunia, kesan garang dan galak terpancar dari model bus Scania Touring yang juga menjadi salah satu model bus populer di Indonesia selain Travego. Dimana model Scania Touring ini di adopsi menjadi Scorpion King oleh karoseri Tentrem sehingga karoseri asal Jawa Timur ini dapat bersanding dengan karoseri-karoseri besar di Indonesia dan menjadi terkenal di kancah industri karoseri di Indonesia. Scania Touring mendapat julukan "The Explorer" karena karakter bus ini memang sangat cocok untuk berpetualang atau sebagai armada pariwisata. Selain dari pada itu trend rear lamp Scania Touringpun menjadi influance sangat besar bagi inspirasi perkembangan bus-bus indonesia.



Neoplan Starliner menempati posisi ketiga dalam pemilihan tujuh bus terbaik dunia. Model bus Starliner ini memang sangat unik dan tampil beda dengan model bus lainnya karena karakter yang kuat muncul terlihat dari tampilan depan, bus ini lebar dan besar selain dari pada itu fitur kenyamanan, keamanan, ditambah fitur yang sangat menarik adalah Panorama view dari kaca roof top menambah nilai jual tinggi karena Neoplan Starliner memiliki kaca yang lebar pada bagian depan bus sehingga sangat cocok untuk menikmati pemandangan saat dalam perjalanan untuk berpariwisata. 

Julukan "The Legend" yang disematkan mungkin sangat cocok karena bus ini dapat menjadi legenda dengan membawa jiwa sang legenda yang kuat terpancar dari garis disain head lamp serta kaca yang lebar menjadikan pilihan terbaik bagi perusahaan otobus memilih model ini.



Setra merupakan saudara dari travego dibawah bendera evobuskarena memang setra dan travego berdiri satu atap. Setra merupakan bus yang memiliki gaya karakter yang sangat kuat terutama pada model selendangnya, selain dari model head lamp yang bisa kita jumpai pada legacy sky karoseri laksana. Bahkan model bus Setra sempat naik daun di Indonesia terbukti banyak karoseri Lokal membuat model yang sama seperti aslinya. 

"The Stylish" julukan yang menempel pada model bus ini karena memang model setra melekat dari kemunculan perdanannya hingga saat ini. Terbukti untuk Setra Top Class baru melakukan penyegaran model di tahun 2013 hal ini menunjukan bahwa model Setra dapat menerjang ruang dan waktu meski banyak model-model bus baru yang menarik tetapi model Setra tetap menjadi pilihan oleh karena itu Setra mendapatkan posisi ke dua dalam pemilihan bus terbaik dunia.
Nah dari sekian banyak model bus didunia yang menjadi jawara dalam ajang pemilihan tujuh bus terbaik di dunia adalah saudara kandung Setra yaitu "The Masterpiece" TRAVEGO.

Tidak perlu di jelaskan panjang lebar kenapa Travego menjadi yang terbaik dari yang paling baik, pastinya rekan - rekan penggemar bus sudah memiliki penilaian kenapa Travego menjadi nomor satu di Dunia.


Nah apa pendapat Anda dengan pemilihan tujuh bus terbaik dunia? apakah sesuai atau Anda memiliki urutan pilihan sendiri untuk memilih sang juara ?? silahkan berkomentar dan sebutkan alasannya.




Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment