5 Jalan Raya Paling Aneh Di Dunia

Untuk pergi ke suatu daerah kamu harus melewati jalan raya. Karena itulah setiap kota di berbagai negara di dunia ini pasti membangun sarana transportasi penghubung setiap daerah dengan jalan raya. Di negara-negara berkembang, pembangunan jalan raya sudah dimulai semenjak ratusan tahun silam.

Hanya saja tidak semua jalan raya memiliki bentuk yang lurus seperti yang bisa kamu temukan di jalan-jalan raya yang ada di Indonesia.Beberapa kawasan di dunia bahkan dikenal memiliki jalan raya paling rumit yang pernah ada. Bagaimana tidak rumit, jalan itu memiliki persimpangan yang banyak sekali. Tak hanya rumit, ada pula jalan raya yang dianggap mematikan sampai jalan raya tercuram.

1. Melingkar Super Besar


Melintasi kawasan bundaran HI atau Semanggi di Jakarta sudah membuatmu sebal, Kalau begitu jangan sampai kamu melintasi jalan raya bundaran Putrajaya yang ada di Malaysia sana. Karena panjang jalan yang ada di Kuala Lumpur itu lebih besar daripada Semanggi. Bundaran Putrajaya dilansir memiliki panjang 3,4 kilometer. Yang membuatmu jika ingin berputar penuh membutuhkan waktu hampir satu jam untuk berjalan kaki, bahkan bisa lebih. Wah, cukup menyebalkan jika salah belok dan harus berputar ya.

2. Persimpangan Bikin Pusing


Salah satu jalan yang dianggap paling menyebalkan dan membingungkan di dunia rupanya terletak di negara Inggris sana. Jika kamu suatu saat berkesempatan ke Inggris, usahakan untuk menghindari jalan lingkar yang ada di kawasan Swindon. Diberi nama jalan Magic, jalan raya yang dibangun pada tahun 1972 ini memiliki lima buah putaran di areanya. Bahkan pada tahun 2009 silam, jalan Magic dianggap sebagai jalan memutar paling menakutkan di Inggris. Sungguh, kenapa dibangun ya?

3. Curam Banget!


Jika suatu hari nanti kamu ke Selandia Baru, jangan lewatkan untuk berkunjung ke kawasan pinggiran kota Dunedin. Karena di sana ada jalan Baldwin yang tersohor di dunia sebagai jalan tercuram yang pernah ada. Jalan Baldwin sebenarnya cukup pendek yakni hanya sepanjang 350 meter. Namun tingkat sudut kecuramannya yang keterlaluan banget, 19 derajat membuatmu harus benar-benar berhati-hati. Secara rata-rata, jalan Baldwin memiliki tinggi 100 meter dari permukaan laut. Hanya saja kalau dihitung dari puncak, dia mencapai tinggi 200 meter di atas permukaan laut.

4. Lebar dan Susah Diseberangi


Kalau kamu memiliki kebiasaan suka menyebrangi jalan raya, maka itu semua hanyalah kenangan jika kamu berada di Buenos Aires, Argentina sana. Di negara asal Lionel Messi itu, ada sebuah jalan raya bernama 9 De Julio. Apa yang membuat 9 De Julio istimewa adalah karena gelarnya sebagai jalan terlebar di dunia. Dengan lebar lebih dari 90 meter dan 10 jalur kendaraan setiap sisinya, kamu harus melewati tiga buah lampu trafik untuk bisa sampai ke seberang. Sungguh, kalau kamu memang ingin menyeberang dan dalam kondisi yang tergesa-gesa, lebih baik lupakan saja.

5. Melintasi Gunung Sempit



Melihat dari fotonya saja, kamu pasti merasa enggan melintasi jalan raya ini. Alasan pertama adalah karena jalan ini terletak melintasi salah gunung Capulin. Meskipun menurut sejarah, gunung yang terletak di New Mexico ini sudah dianggap mati dan terakhir meletus lebih dari dua milenium lalu, tetapi tetap saja medan yang diperlihatkan Capulin tetap mengerikan. Memiliki panjang total 3,2 kilometer, jalan raya Capulin ini sangatlah sempit. Bahkan jika ada bus yang hendak naik atau turun, semua arus lalu lintas haruslah berhenti. Sungguh, mungkin jika Capulin dilintasi arus mudik Lebaran, kemacetannya akan sangat aduhai.




Sumber :
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment