10 Kisah Urban Legend Paling Terkenal Di Asia

Setiap daerah di belahan dunia pasti punya kisah seram mereka tersendiri. Kisah seram ini sering disebut-sebut sebagai legenda perkotaan alias Urban Legend. Hal ini kemduain terus dibicarakan dari mulut ke mulut hingga menjadi sebuah mitos atau takhayul yang dapat dipercaya ataupun juga tidak.

Meski banyak orang menganggap kisah menyeramkan tersebut hanyalah takhayul, namun tidak dapat dipungkiri bahwa setiap kali membaca atau mendengar cerita ini baik hantu ataupun tidak, pasti beberapa akan selalu membuat bulu kita merinding bahkan yang lebih parah lagi tidak bisa tidur. Berikut adalah 10 urban legend paling terkenal dari benua kita, Asia.

10. Cosmetic Sesame - Korea


Korea, tepatnya Korea Selatan adalah kota yang sangat dikenal dengan kecantikan kosmetik mereka. Dari kota ini jugalah kecantikan kosmetik dapat menjadi sangat mendunia. Namun ternyata dari kosmetik ini jugalah asal mula sebuah urban legend mengerikan di kota tersebut, yaitu Cosmetic Sesame.

Di Korea, para wanitanya sangatlah mendambakan kecantikan baik wajah ataupun kulit mereka. Diceritakan pada suatu waktu ada wanita yang sangat tergila-gila dengan kecantikan. Wanita itu menemukan suatu cara mempercantik diri dengan menggunakan metode campuran biji wijen. Tidak berjalan sesuai dengan yang diinginkan, biji-biji wijen itu malah menempel pada kulit tubuhnya dan sulit untuk dilepaskan. Singkat cerita, akhirnya wanita itu harus menghabiskan hidupnya penuh amarah mencabuti biji wijen yang tidak habis-habisnya menempel di seluruh tubuh.
9. Tomino's Hell - Jepang


Pastilah tidak lengkap kalau kita membicarakan Urban Legend tapi tidak mengikutsertakan salah satu negara paling terkenal dari Asia, yaitu Jepang. Terkenal sebagai negara dengan segudang cerita urban legend yang terkenal dan juga menyeramkan. Salah satunya adalah Tomino's Hell, sebuah Prosa (karya sastra bebas tanpa kemerduan bunyi layaknya puisi) Jepang yang diyakini sebagai karya tulisan terkutuk.

Setiap orang yang membaca karya sastra ini akan mengalami nasib buruk dimana yang paling parah adalah nyawanya akan menjadi imbalan. Puisi ini bercerita tentang sosok Tomino yang sudah meninggal dunia dan jatuh ke dalam neraka. Setiap kata di dalamnya dikatakan berisikan jeritan-jeritan menyeramkan yang dapat membuat pembacanya merasakan penderitaan yang dialami oleh Tomino.

8. Orang Minyak - Malaysia


Legenda pria minyak ini merupakan urban legend yang sangat terkenal di benua Asia, terutama Malaysia. Peristiwa pemerkosaan yang banyak terjadi di Malaysia diyakini adalah ulah dari pria minyak ini. Sosok pria minyak digambarkan dengan lelaki tanpa busana dan melumuri tubuhnya dengan minyak warna hitam legam.

Konon, pria minyak hanya bisa dilihat oleh wanita yang masih perawan. Kisah ini sangat populer di tahun 60-an, bahkan sampai pada batas dimana ia pernah dibuatkan filmnya sendiri. Diceritakan bahwa asal muasal dari pria minyak ini adalah manusia biasa yang ingin memiliki kekuatan. Namun ia kemudian diberikan syarat bahwa untuk mendapatkan kekuatan tersebut, ia harus memperkosa 40 wanita sebelum ia bisa menjaid sakti dan kuat.

7. Maria Labo - Filipina


Dulunya Maria Labo adalah seoarang wanita biasa yang hidup bahagia bersama suami dan anak-anaknya. Karena tuntutan ekonomi yang sulit, Maria memutuskan untuk bekerja sebagai pembantu dan merawat seorang kakek tua. Yang tidak ia ketahui adalah bahwa bahwa kakek tua ini hidup dalam sebuah kutukan yang akan membuat Maria menjadi sebuah urban legend terkenal di Asia. Tidak lama setelah ia merawat kakek tua itu, kakek itu meninggal dan kutukan tersebut berpindah ke diri Maria.

Menyadari bahwa tidak bisa terus hidup sebagai pengangguran, Maria memustuskan untuk pergi ke Kanada. Entah apa yang terjadi disana, Maria berubah menjadi kanibal dan menjadi sosok pembunuh manusia yang sangat mengerikan. Sepulangnya dari Kanada, Maria membunuh anak-anaknya sendiri dan kemudian memakan mereka. Suaminya yang mengetahui hal tersebut sangatlah murka dan menusuk wajah istrinya itu. Sejak saat itu Maria Labo meninggalkan rumahnya dan dipercaya masih berkeliaran di Filipina.

6. Curse of The Red Room - Jepang


Kutukan Kamar Merah atau popularnya "Curse of The Red Room" adalah urban legend yang menceritakan mengenai sebuah internet popup. Mengerikannya adalah popup ini bukan popup biasa, melainkan adalah popup yang menandakan bahwa kematian sudah datang dan Anda tidak bisa melakukan apa-apa untuk menyelamatkan nyawa Anda.

Kutukan itu muncul sebagai jendela berwarna merah dengan huruf Jepang yang artinya "Apakah Anda suka —?" Popup ini juga diikuti dengan suara seram yang keras. Usaha apapun yang lakukan untuk menutup jendela itu tidak akan berhasil. Berkali-kali ditutup, jendela popup itu akan tetap muncul kembali sampai muncul semakin memenuhi layar komputer Anda. Hal ini akan berlangsung terus menerus sampai tulisan "Apa kamu suka kamar merah?" muncul.

Sesudahnya tulisan itu muncul, maka monitor akan berubah menjadi merah dan muncullah nama-nama korban alam kutukan tersebut. Hal ini kemudian akan berakhir dengan kematian para korbannya dengan cara bunuh diri. Asal usul dari nama Kutukan Kamar Merah sendiri muncul dari korban-korbannya yang melukai diri sendiri dan mewarnai seluruh kamarnya menjadi merah dengan darahnya tersebut.

5. Don Simeon Bernardo's Tomb - Filipina


Salah 1 urban legend paling terkenal dari Filipina. Berawal dari salah 1 kuburan di Malabon, Filipina, sebuah patung didirikan tepat di atas sebuah kuburan dan telah menjadi pusat perhatian orang banyak selama beberapa dekade. Patun itu sendiri telah menghantui banyak generasi di FIlipina.

Asal usul urban legend ini bermula dari tahun 1934, sebelum meninggal, seseorang yang bernama Don Simeon meminta seorang tukang kayu untuk membuatkannya sebuah patung yang nantinya akan diletakkan di atas kuburannya. Uniknya adalah patung yang ia inginkan adalah patung yang menggambarkan kemenangan setan atas malaikat Michael. Di sebelah patung ini berdiri sebuah batu bertuliskan pembicaraan antara setan tersebut dengan malaikat Michael, dimana setan itu menyatakan kekuasaanya di atas bumi dan semua umat manusia.

Orang-orang yang tinggal di sekitar kuburan mengatakan bahwa pada awalnya patung setan itu berukuran cukup kecil namun selalu bertambah besar seiring berjalannya tahun. Patung itu selalu meneror dan menakuti orang-orang yang ada di sekitar kuburan.

Anehnya adalah Don Simeon sendiri dikatakan adalah seseorang yang taat beragama, namun entah kenapa sebelum ia meninggal ia percaya bahwa kekuasaan setan telah berkuasa atas dunia ini. Hal ini dikatakan oleh anak perempuan Don Simeon.

4. Si Manis Jembatan Ancol - Indonesia


Akhirnya sampailah kita ke urban legend yang berasal tidak lain tidak bukan dari Indonesia. Kisah ini berceritakan tentang seorang wanita bernama Maryam yang menghantui jembatan di Ancol. Orang sekitar percaya bahwa hantu inilah yang menjadi penyebab banyaknya kecelakaan yang terjadi di jembatan tersebut.

Maryam sendiri merupakan seorang pelayan di rumah seorang pedagang kaya. Pedagang kaya itu kemudian tertarik dengan kecantikan Maryam dan menawari Maryam untuk menjadi selirnya namun langsung ditolak oleh Maryam. Maryam kemudian meinggalkan rumah pedagang kaya tersebut. Di perjalanannya Maryam bertemu lagi dengan seorang pria kaya yang tertarik dengannya, yang juga menawarinya beberapa keuntungan bila mau hidup dengan orang kaya itu. Maryam kembali menolak tawaran tersebut dan dari sanalah asal mula kisah mengerikan "Si Manis Jembatan Ancol."

Setelah tawarannya ditolak oleh Maryam, orang kaya tersebut langsung memperkosa dan membunuh Maryam. Mayat Maryam, kemudian dibuang ke sawah terdekat. Banyak orang percaya bahwa sosok Maryam masih menggentayangi jembatan tersebut dan ialah yang sering menyebabkan kecelakaan di jembatan Ancol, mencari balas dendam kepada sosok kaum pria.

3. Pembunuhan Hello Kitty - Hongkong


Di tahun 1999, terjadi sebuah pembantaian sadis pada sebuah apartemen di salah satu sudut kota Hongkong. Kejadian ini menewaskan seorang wanita bernama Fan Man Yee. Ia dibunuh secara sadis, tubuhnya dicincang, dan dibuang bersama-sama dengan sampah rumah tangga.

Kisah sadis ini tidak berakhir dengan itu, menyeramkannya adalah si pembunuh menyimpan kepala Man Yee yang kemudian dijahitkan dalam boneka Hello Kitty. Pendek cerita, si pembunuh-pun kemudian tertangkap. Tapi walaupun pelaku pembunuhan telah ditangkap, di apartemen tempat Man Yee dibunuh terus menerus terjadi aksi teror. Sebuah rekaman CCTV menunjukkan video seorang wanita tidak dikenal yang menakuti penghuni apartemen. Pemilik apartemen akhirnya memutuskan untuk menutup apartemen tersebut dan merobohkannya di tahun 2012.

2. Mae Nak Phrak Khanong - Thailand


Salah satu negara di Asia yang memiliki banyak cerita urban legend terkenal adalah Thailand. Bersettingkan pada tahun 1850-an. Mae Nak merupakan nama dari istri seorang pria bernama Tid Mak. Kisah cinta mereka berdua begitu romantis hingga Mae Nak hamil. Namun, kondisi Thailand yang sedang bergulat dengan perang membuat Tid Mak harus pergi mengemban tugas membela negaranya. Mae Nak pun terpaksa menjalani masa kehamilannya tanpa kehadiran sang suami.

Selagi suaminya pergi berperang, Mae Nak melahirkan anaknya. Ia melahirkan anaknya tanpa dibantu oleh siapapun. Pada saat melahirkan bayinya, Mae Nak mengalami pendarahan hebat yang pada akhirnya menyebabkan ia meninggal bersama-sama dengan bayinya. Sejak saat itu masyarakat percaya jika Mae Nak dan bayinya telah menjadi hantu, bergentayangan menebar teror di Thailand. Namun cerita seramnya belum berakhir sampai disana.

Saat pulang dari tugasnya, tidak mengetahui bahwa istri dan anaknya telah meninggal, Tid Mak kembali ke rumah untuk bertemu dengan istri dan anaknya. Sesampainya di rumah, Tid Mak bertemu dengan Mae Nak dan anaknya. Yang tidak ia ketahui adalah sosok yang ia lihat merupakan hantu dari Mae Nak dan anaknya. Warga dan teman-teman Tid sudah berusaha untuk memberitahu Tid bahwa istri dan anaknya telah meninggal dan berubah menjadi hantu. Tapi sayangnya, Mae Nak selalu berhasil membunuh orang-orang yang berniat untuk membongkar identitas dirinya. Saking popularnya, kisa urban legend ini sering dijadikan adaptasi berbagai film Thailand dimana yang paling terbaru adalah film Pee Mak di tahun 2013.

1. Bus 375 - Beijing



Bermula pada tanggal 14 November 1995 di Beijing, tengah malam. Sebuah Bus yang memiliki rute 375 baru saja berangkat dari terminal Yuan Ming Yuan menuju Xiang Shan, Beijing. Di dalam bus tersebut terdapat seorang supir dan seorang perempuan yang bertugas sebagai konduktor. Kemudian naiklah 4 orang penumpang, seorang wanita tua, pasangan muda, dan seorang anak muda.

Setelah tidak lama berjalan pengemudi bus melihat 2 bayangan melambaikan tangan pada bus. Bus berhenti dan membukakan pintunya yang ternyata baru diketahui semua orang bahwa ternyata ada 3 orang, bukan 2.

Setelah 3-4 pemberhentian, pasangan muda yang pertama tadi, turun dari bus. Tidak lama setelah pasangan tersebut turun, mendadak wanita tua yang juga pertama naik tadi melompat dari bangkunya dan memukul anak muda yang duduk di depannya. Wanita itu berteriak dan mengatakan bahwa anak muda tersebut telah mencuri dompetnya. Setelah berdebat cukup lama, wanita tersebut berkata pada supir untuk menurunkan mereka berdua di halte berikutnya untuk bisa menyelesaikan masalah mereka di kantor polisi.

Setelah mereka turun, anak muda itu bertanya kepada si wanita tua dimana letak kantor polisi. Wanita itu berkata sebenarnya tidak ada kantor polisi di sekitar sini. Dia bercerita bahwa ketika di dalam bus, wanita tua itu melihat dan menyadari bahwa ketiga orang yang naik terakhir tadi tidak memiliki kaki.

Wanita tua dan anak muda tersebut kemudian melaporkan Bus 375 itu kepada polisi. Pada awalnya polisi tidak percaya akan cerita wanita tua dan anak muda tersebut. Setelah lama mencari akhirnya Bus 375 ditemukan tenggelam di Waduk Miyun, Beijing. Di dalam bus hanya ditemukan 3 tubuh yang sudah membusuk. Tubuh yang telah membusuk adalah pengemudi bus, konduktor dan seorang pria tanpa identitas. Sampai sekarang apa yang terjadi pada bus 375 itu masih adalah sosok yang diselumuti banyak misteri, seperti salah astunya tangki bensin bus yang harusnya sudah habis tapi berisikan darah, dan banyak lainnya.



Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment