10 Hari Raya Yang Paling Banyak Dirayakan Di Dunia

Baik karena alasan liburan, perayaan, ataupun makna lain di belakangnya, hari raya adalah hari libur yang selalu dinanti-nantikan oleh banyak orang. Tapi tidak semua hari raya dapat dirayakan oleh setiap orang khususnya apabila berkaitan dengan keagamaan. Lalu hari raya manakah yang paling banyak dirayakan di dunia? Berikut adalah 10 hari raya tahunan yang paling banyak dirayakan di dunia.

Walaupun disebut sebagai 'hari libur,' pada kenyatannya hari libur tidak selalu harus berarti benar-benar libur baik dari kerja, sekolah, ataupun kegiatan sehari-hari lainnya. Contoh paling sederhana dapat dilihat pada hari Valentine. Tidak ada yang benar-benar libur pada hari itu namun secara umum orang-orang sering menyebutnya sebagai hari raya atau hari libur yang cukup popular di dunia. Karena makna hari libur sendiri adalah perayaan dan peringatan.

10. April Mop


Tidak banyak yang perlu dijelaskan mengenai hari raya satu ini. Sebagaimana namanya, April Mop adalah salah satu hari raya popular yang jatuh pada tanggal 1 April namun tidak pernah secara resmi dinyatakan sebagai hari raya nasional. Pada tanggal tersebut, semua bentuk candaan diperbolehkan dan dimaafkan bahkan untuk bentuk yang tidak menyenangkan seperti berbohong umumnya. Dirayakan di UK, Irlandia, Polandia, Norwegia, Denmark, dan Swedia, juga ada banyak sekali perusahaan-perusahaan multinasional yang ikut berpartisipasi di April Mop setiap tahunnya.

DIkenal dengan nama lain April Fool's Day atau juga All Fool's Day, tidak jelas darimana sebenarnya asal mula hari lelucon satu ini. Kepercayaan umum mengatakan bahwa pada zaman terdahulu warga Perancis merayakan tahun baru mereka di awal bulan April namun setelah kalender Gregorian diimplementasikan maka tanggal 1 Januari adalah tahun baru yang sebenarnya. Karena ketidaktahuan, 1 April terus dirayakan tapi dengan makna lelucon atau tipuan semata.

9. Halloween


All Hallows Eve atau lebih popularnya Halloween adalah hari raya yang terjadi pada 31 Oktober setiap tahunnya. Makna dari hari Halloween sendiri adalah memperingati mereka yang sudah meninggal, baik para martir, orang suci, ataupun kepercayaan orang-orang terdekat. Walaupun di Indonesia ini Halloween bukanlah hari raya yang dirayakan secara luas, beberapa negara di dunia memandang Halloween sebagai hari raya resmi bahkan ada yang menjadikan hari Halloween sebagai hari libur.

Bentuk perayaan hari Halloween sendiri sangatlah bervariasi dan semua itu tergantung atas negaranya. Sebagai contoh di Skotlandia, anak-anak akan mengenak kostum dan berpesta, di Irlandia dengan api unggun dan kembang api, di Filipina dengan pulang kampung untuk menyambut All Saints Day di tanggal 1 November, dan banyak variasi lainnya.
8. Diwali


Deepavali atau Diwali sering dikenal sebagai festival cahaya. Hal ini karena hari raya Diwali adalah hari raya keagamaan yang dirayakan umat Hindu untuk memperingati kemenangan yang baik atas yang jahat serta juga menandakan harapan untuk umat manusia. Dirayakan berdasar pada kalender Hindu yang umumnya jatuh pada bulan Oktober atau November.

Di Indonesia, Diwali bukanlah hari libur nasional tapi di negara-negara seperti Malaysia, Singapura, Fiji, Myanmar, Sri Lanka, Nepal, dan khususnya India, Diwali adalah hari libur resmi yang selalu terlihat bentuk perayaannya. Bentuk perayaannya biasanya dengan menyalakan lampu dan bentuk cahaya lain bisa juga termasuk kembang api tergantung atas negaranya. Di India, Diwali adalah salah satu hari raya terbesar mereka.

7. Idul Adha


Merupakan salah satu hari raya utama yang dirayakan oleh umat Muslim dalam bentuk peringatan atas Nabi Ibrahim (Abraham) yang bersedia untuk mengurbankan putranya Ismail untuk Allah sebelum pengurbanan itu digantikan dengan domba atas perintah-Nya. Hari raya Idul Adha jatuh setiap tanggal 10 bulan Dhulhijjah penanggalan Hijriyah, tepatnya 70 hari sesudah perayaan utama lainnya, Idul Fitri.

Di hari raya ini, Umat Islam akan terlihat berkumpul di pagi hari, salat bersama, menyembelih hewan kurban untuk memperingati pengorbanan Nabi Abraham, dan tradisi-tradisi Islamik lainnya. Dalam penanggalan kalendar internasional Gregorius atau Gregorian, jatuhnya hari raya Idul Adha dapat berbeda-beda setiap tahunnya kira-kira berbeda 11 hari dibandingkan tahun sebelumnya.

6. Paskah


Hari libur paskah adalah hari libur yang dirayakan umat Kristen, menandakan 3 hari sesudah penyaliban Tuhan Yesus dan kebangkitannya kembali di dunia. Salah satu hal unik mengenai hari paskah adalah selalu terjadi di Hari Minggu pertama Bulan Purnama. Kaum Kristen percaya bahwa hari raya paskah tidak hanya terjadi 1 hari, namun juga 40 hari sebelum hari paskah (Pra-Paskah) yang melambangkan ketaatan dan pertobatan. 50 Hari sesudah hari Paskah menandakan hari Pentakosta, yakni hari turunnya Roh Kudus kepada para rasul. Dari panjangnya hari Paskah ini kita bisa melihat bahwa paskah memang adalah salah satu hari raya paling besar dan terkenal untuk umat Kristen.

Di negara yang sebagian besar penduduknya adalah umat Kristen merayakan hari paskah dalam berbagai bentuk dimana yang paling umum adalah mewarnai telor. telor pertama yang diwarni haruslah berwarna merah dan dijaga baik-baik di dalam rumah hingga Paskah. Biasanya gereja-gereja akan merayakan paskah sehari sebelum hari Minggu Paskah dengan Kebaktian Malam Paksah.

5. Imlek


Dikenal sebagai Tahun Baru Imlek, Tahun Baru Cina, ataupun singkatnya Imlek adalah perayaan terpenting dan terpanjang dalam kalender Cina. Perayaan ini dirayakan oleh kaum Cina di berbagai belahan dunia dimulai dari hari pertama bulan 1 penanggalan Cina, hingga tanggal kelima belas bulan tersebut atau lebih dikenal sebagai Cap Go Meh. Pada hari raya ini, orang-orang keturunan Tionghoa akan berjamu satu sama lain, mengucapkan selamat tahun baru "Gong Xi Fa Cai", berbagi ang pao (hong pao), serta tradisi lainnya.

Di Cina, perayaan Imlek juga disebut sebagai perayaan musim semi dan kemeriahan mereka tidak kalah dibandingkan kemeriahan saat perayaan Tahun Baru sebagaimana dikenal dunia umumnya.

4. Idul Fitri


Idul Fitri adalah hari raya Islamik terbesar di dunia yang dirayakan oleh kaum Muslim di seluruh dunia. Merupakan hari libur yang menunjukkan rasa syukur sesudah bulan Ramadan, sering disebut sebagai lebaran adalahj bulan dimana kaum Muslim akan melakukan berbagai kegiatan keagamaan selama 1 bulan penuh biasanya lebih dikenal sebagai bulan puasa Islamik. Pada perayaan Idul Fitri, umat Muslim akan bersilahturami dengan anggota keluarga sehingga aktivitas pulang kampung akan terjadi dengan tujuan utama berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara.

Hari raya Idul Fitri dirayakan pada tanggal 1 Syawal penanggalan Hijriyah (kalender yang digunakan oleh umat Islam). Syawal sendiri adalah bulan ke-10 dari penanggalan Hijriyah dan bisa jatuh pada bulan yang berbeda-beda di setiap tahunnya.
3. Valentine


Ini dia hari perayaan yang diketahui semua orang khususnya mereka yang sudah mempunyai pasangan atau sedang jatuh cinta. Dirayakan pada tanggal 14 Februari, setiap tahunnya, mereka yang sedang kasmaran akan selalu merayakan hari kasih sayang ini baik para remaja ataupun mereka yang sudah menikah. Hal ini dilambangkan dengan pemberian coklat, bunga, ataupun hadiah serupa lainnya yang melambangkan kasih sayang mereka.

Asal mula dari hari Valentine sendiri dikatakan berasal dari berbagai kisah namun yang paling dikenal adalah kisah St. Valentine dan Putri Penjaga Penjara. Valentine mungkin memang bermula sejak ribuan tahun yang lalu dan selalu dirayakan oleh banyak sekali orang di berbagai belahan dunia, tapi tidak berarti semua negara mendukung perayaan kasih sayang pada Hari Valentine ini. Dengan alasan spritual, beberapa negara di dunia melarang bentuk kasih sayang tersebut seperti contohnya Russia, Malaysia, Saudi Arabia, Iran, dan Florida.

1 Hari sesudah perayaan hari kasih sayang atau hari Valentine adalah hari raya romantis lain yang dikenal dengan nama White Day. Biasanya hari raya ini dirayakan di negara-negara seperti Jepang, Taiwan, Korea Selatan, dan Cina. Jika di hari Valentine Si Perempuan memberikan hadiah romantis kepada Si Laki-Laki maka di White Day, Si Laki-Laki akan mengembalikan hadiah tersebut.
2. Natal


Ini dia salah satu hari raya yang paling banyak dirayakan dan paling banyak ditunggu oleh banyak sekali orang. Dirayakan pada 25 Desember setiap tahunnya oleh jutaan orang di dunia, ada banyak sekali perdebatan mengenai asal mula dan tujuan perayaannya. Walaupun secara umum natal dipercaya sebagai hari kelahiran Tuhan Yesus namun beberapa orang juga percaya bahwa dari berbagai bukti, tanggal 25 Desember bukanlah tanggal kelahiran Tuhan Yesus. Apapun alasannya, natal tetap adalah salah satu hari bahagia yang paling banyak dirayakan di dunia dan telah menjadi tradisi penting setiap tahunnya baik untuk umat Kristen maupun Non-Kristen.

1. Tahun baru


Tidak lagi dapat dipungkiri bahwa perayaan tahun baru adalah hari libur atau perayaan tahunan yang paling banyak dirayakan oleh setiap umat manusia di dunia, terlepas dari perbedaan agama, tradisi, dan kebudayaan. Terjadi pada 1 Januari, tapi saat-saat paling dirayakannya adalah pada malam sebelumnya yaitu pada malam 31 Desember. Bentuk perayaan ini biasanya disambut dengan sangat meriah dan tergantung dari negaranya maka perayaan tahun baru dapat sangat megah seperti contohnya pada Dubai, kota dengan perayaan tahun baru terbaik dunia.

Hari raya tahun baru sendiri sering disebut-sebut sebagai hari raya tertua di dunia yang walaupun saat itu tidak dirayakan pada 1 Januari namun telah bersumber dari zaman Babilonia, 4000 tahun yang lalu. Pada saat itu mereka merayakannya setiap bulan muda (New Moon). Tradisi itu kemudian perlahan-lahan berubah sejak diimplementasikannya kalender Gregorius yakni kalender sekarang ini.

Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment