10 Fakta Mengagumkan dari Energi Angin



Tahukah Kamu Bahwa Angin sangat bermanfaat bagi kehidupan kita??? Angin merupakan sumber energi terbaharukan atau alamiah yang sangat besar dalam menghasilkan energi, meskipun biaya pembuatan turbin angin terbilang mahal. 

Berikut beberapa fakta mengagumkan dari Angin dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, maupun bahayanya terhadap kehidupan…

10. Awalnya Angin dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan yang tidak akan habis dan telah memasok listrik di Amerika sebesar 1,9%.

Dengan presentasi tersebut memanglah tidak besar namun energi angin mampu menjadi solusi sebagai sumber energi masa depan yang ramah lingkungan tak seperti sumber energi fosil yang saat ini sebagai pemasok terbesar.

9. Angin merupakan sumber energi tertua, dimanfaatkan 5000 SM. Salah satu manfaatnya saat itu dan sampai saat ini adalah untuk menggerakan perahu layar dengan bantuan enerrgi angin. Selain itu kincir angin pun jadi hal yang penting bagi tersedianya energi listrik seperti yang dilakukan di Belanda dan Amerika.

8. Energi Angin dalam 1 Mega Watt (MW) dihasilkan dari gas karbondioksida (CO2). Yeah, mari berbangga dengan adanya pemanfaatan energi angin, maka kemungkinan besar dapat mereduksi atau mengurangi polusi udara yang dihasilkan industri dan kendaraan bermotor setiap harinya.

7. Tahun 2007 NSA mengemukakan bahwa energi angin dari turbin angin telah membunuh burung-burung seperti elang yang terbang dijalur daerah turbin angin tersebut. Akan tetapi burung yang mati tersebut hanya sebagian kecil punahnya satwa unik tersebut selain dari penangkapan liar yang dilakukan manusia.

6. Energi angin sebenarnya merupakan energi solar. Surprise! matahari merupakan salah satu sumber dari energi angin. Matahari menghangatkan bumi kita dan berpengaruh pada suhu, tekanan udara, serta mempengaruhi arah angin.

5. Produksi Energi Angin untuk Listrik Dunia meningkat hingga empat kali lipat dari 2000-2006. Begitu potensinya energi angin ini, hingga saat tahun 2009 pun, dikala dunia mengalami krisis, energi angin ini bertahan. Bahkan fakta menunjukkan bahwa saat ini energi angin bertanggungjawab untuk pemasokan listrik mencapai 31% yang mampu memenuhi kebutuhan 250 juta konsumen dari 70 negara. Hal ini telah mematahkan fakta lama yang telah dijalaskan di fakta nomor 10 di atas.

4. Texas merupakan daerah yang memasang energi angin terbanyak. Pada tahun 2008 menghsilkan listrik sebesar 7.907 MW dan saat ini menjadi pemsok 1/3 listrik di Amerika.

3. Tahun 2008, energi angin mampu membantu mencukupi kebutuhan listrik daerah Colorado 52 miliar KWH. Hal ini terlihat kecil namun jangan sangka dengan 1 % tersebut tak ada rumah yang kekurangan listrik dan menurut data yang ada mampu menerangi 5 juta rumah atau seluruh bagian Colorado

2. 38 Kota dari 50 kota di Amerika memiliki penghasil Sumber Energi Angin. Kota terbanyak menghasilkan listrik diantaranya Texas, Iowa, California, Minnesota, Oregon, Washington.

1. Sumber Energi Angin bagi pemenuhan kebutuhan Listrik mampu mencapai 10 kali lipat. Sebuah potensi yang sangat besar bagi kelangsungan energi listrik di dunia, namun satu hal yang saat ini masih menjadi masalah besar adalah dengan biaya pembuatan energi angin yang harus membeli peralatan canggih dan tahan lama. namun demikian kalau dipikirkan energi yang dihasilkan hinggan berlipat-lipan dengan sumber terbarukan dan ramah lingkungan adalah hal yang patut diperhitungkan.

Utamanya yang menggunakan energi angin adalah negara-negara maju seperti China, Jepang, Korea Selatan, Amerika dan negara-negara Eropa. 



Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment