10 Buah Beracun Yang Mematikan

Siapa yang tidak ingin mempunyai tubuh yang sehat. Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat. Aalah satu cara mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan mengkonsumsi buah – buahan. Siapa yang tidak suka dengan buah – buahan. Buah – buahan dikenal sebagai makanan yang penuh dengan manfaat untuk kesehatan tubuh. Tetapi siapa sangka ternyata ada beberapa buah yang juga mengandung racun bagi tubuh. Buah – buahan yang mengandung racun bagi tubuh, yaitu :

1. Apel (Bijinya)



Apel merupakan buah cukup disukai oleh masyarakat Indonesia. Apel memiliki rasa yang manis, sedikit asam, dan sedikit sepat. Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa buah apel ternyata berbahaya. Memang tidak keseluruhan buah apel ini berbahaya atau beracun, melainkan hanya bijinya saja.

Sianida

Menurut para ilmuwan, ternyata biji buah apel ini mengandung sianida. Sianida memang merupakan salah satu zat yang beracun untuk tubuh. Sampai saat ini memang belum ada penelitian yang menjelaskan seberapa besar kandungan sianida pada biji apel. Tetapi menurut beberapa ilmuwan, kandungan sianida pada biji apel cukup rendah. Dengan memakan biji apel pada satu buah apel memang tidak akan menimbulkan efek sampai kematian. Tetapi apa bila saat memakan apel Anda merasa pusing, mual – mual, dan bekeringat sebaiknya hentikan konsumsi apel dan pergilah ke dokter.

Walaupun bijinya yang berbahaya apel merupakan buah untuk obat panas dalam yang ampuh karena mengandung banyak vitamin dan mineral.

2. Tomat (tomat mentah/belum matang)



Tomat merupakan buah yang sering di gunakan dalam berbagai masakan. Tomat juga sering di konsumsi dalam keadaan mentah belum dimasak. Tetapi taukah Anda ternyata tomat mengandung racun yang cukup berbahaya untuk tubuh ?

Atropin / Solanin

Woww, ternyata tomat mengandung atropin atau solanin atau biasa disebut gikoalkoloid. Racun ini biasanya lebih banyak terdapat pada tomat yang masih hijau dan masih belum begitu matang.

Efek Keracunan

Biasanya bila keracunan gikoalkoloid penderita akan mengalami keletihan, pendarahan pada sistem cerna, menggigil, sakit kepala atau migran, kelumpuhan, dan yang paling parah adalah kematian. Racun ini bisa dimatikan dengan cara tomat di masak hingga benar – benar matang dan siap untuk di santap.

Tomat mengandung vitamin untuk daya tahan tubuh yang sangat melimpah dan buah yang mengandung vitamin A paling tinggi. Konsumsi buah tomat matang sangat dianjurkan sebagai cara menjaga kesehatan matadan kulit.

3. Ceri (bijinya)



Siapa sangka buah yang imut dan cantik ini ternyata beracun untuk tubuh. Buah cheri dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dimasak terlebih dahulu. Bagian cheri yang beracun adalah bijinya. Bila bijinya tak sengaja tertelan dan hancur di mulut, maka biji tersebut akan mengeluarkan zat hidrogen sianida.

Hidrogen Sianida

Zat hidrogen sianida pada cheri dapat menyebabkan Anda pusing berat, muntah – mutah, dan sakit perut. Bahkan bila keracunan zat hidrogen sianida dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan penyakit ginjal. Sebaiknya bila Anda memakan buah cheri, maka buang dahulu bijinya.

Jika ada gejala keracunan buah ini, ada baiknya anda segera memeriksakan ke dokter atau minimal konsumsi air putih dalam jumlah yang banyak.

4. Aprikot (biji)



Buah aprikot memang belum begitu terkenal di masyarakat Indonesia. Aprikot merupakan salah satu buah tropis. Bagian aprikot yang beracun sama dengan buah cheri, yaitu pada bijinya.

Zat Beracun pada biji aprikot:
Sianida
Glikosida sianogen
Amigdalin

Biji buah aprikot mengandung racun sianida, glikosida sianogen, dan amigdalin. Zat beracun pada biji buah aprikot dapat menyebabkan pusing berat, muntah – muntah, insomnia, gelisah, rasa haus yang berlebihan, mudah letih, nyeri di persendian, dan rasa sakit pada otot.
5. Jatropha (buah murni)



Jatropha biasa juga disebut jarak pagar. Buah jarak pagar memang belum begitu terkenal di Indonesia. Buah ini mengandung zat roxalbumin kursin yang sangat beracun.

Selain buah dan bijinya, pohon dan getah yang dikeluarkan oleh tanaman ini juga sangat berbahaya terutama dapat menyebabkan iritasi kulit pada orang yang terkena getahnya.

Efek yang ditimbulan zat beracun roxalbumin kursin
Mual dan muntah muntah
Pusing
Mata berkunang
Kehilangan keseimbangan
Terlihat lelah

Untuk mengatasinya sebaiknya konsumsi air putih yang banyak dan pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

6. Nangka

Buah nangka merupakan buah yang memiliki rasa yang manis dan memiliki bau yang khas. Nangka merupakan buah yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Ternyata buah nangka mengandung racun, yaitu toksin. Toksin sangat berbahaya bagi penderita maag. Selain itu getah dari buah nangka juga dapat menyebabkan sistem pencernaan terganggu.

Image result for buah nangka

7. Murbei



Buah murbei saat ini cukup terkenal di Indonesia. Tetapi buah murbei ini masih sangat susah untuk dijumpai. Murbei mempunyai bentuk yang bulat kecil – kecil mirip dengan buah anggur. Murbei memang buah yang cantik dan mengiurkan, tetapi buah ini ternyata memiliki racun. Buah murbei dapat menyebabkan sakit perut yang akut.

Efek yang ditimbulkan buah Murbei

Umumnya murbei merupakan jenis makanan untuk penderita maag yang wajib di hindari, karena ia juga dapat menyebabkan sakit perut akut yang berdampak pada penyakit maag semakin parah.

Murbei juga dapat menyebabkan asam lambung naik dengan cepat, jadi ia merupakan makanan untuk penderita asam lambung yang wajib anda hindari.

Penanganan

Jika anda merasakan efek yang ditimbulkan dari buah ini, sebaiknya konsumsi air minum yang banyak dan segera ke dokter.
8. Ackee


Ackee adalah buah asal Jamaika. Buah ini memiliki rasa yang enak dan segar. Tetapi jangan memakan buah ini secara langsung tanpa di olah terlebih dahulu. Buah ackee yang dimakan langsung dapat membunuh orang seketika.

Kandungan Mematikan Ackee

Buah ini mengandung racun hypoglycin. Pada awalnya racun ini akan menyebabkan muntah – muntah dan selanjutnya bisa meninggal. Biji dari buah ini pun sangat beracun, maka dari itu walaupun buah ini sudah di masak jangan sampai memakan bijinya.

Jadi harap anda memperhatikan jenis buah ini, terutama jika anda sedang berada di hutan dan ingin konsumsi buah liar. Harap hati-hati.
9. Manchineel

Tumbuhan ini di anggap tumbuhan yang paling mematikan di dunia. Machineel tercatat dalam buku guiness of record sebagai tanaman beracun di dunia. Buah dari manchineel ini mengandung racun yang beragam.

Memang belum ada ilmuwan yang dapat memastikan apa saja racun yang terdapar pada buah manchineel, tetapi ada seorang korban yang mengatakan bahwa buah ini memiliki rasa manis dan setelah memakannya Anda akan merasa panas pada tenggorokan dan selanjutnya Anda tidak akan bisa menelan apapun.
10. Buah Daphne



Buah daphne memang belum begitu terkenal di Indonesia ia merupakan sejenis tanaman bunga. Namun ia memiliki buah seukuran anggur kecil berwarna merah delima.

Kandungan racun

Zat daphnetoxin merupakan salah satu jenis zat berbahaya yang terkandung dalam buah Daphne. Selain itu zat ini juga terdapat pada tangkai dan daun buah yang membuatnya sangat mematikan.

Efek yang ditimbulkan

efek yang ditimbulkan oleh buah beracun ini adalah efek tersedak dan kesulitan bernafas.

Buah memang sangat menggiurkan dan sangat enak dimakan. Tetapi hati – hatilah saat mengkonsumsi buah, karena tidak semua buah baik untuk tubuh kita. Carilah info sebanyak – banyaknya tentang buah yang akan Anda konsumsi.





Sumber:
Posted by sewingmonkeys

0 comments:

Post a Comment