Uniknya 5 Hewan Berwarna Biru Ini

Di dunia ini memang banyak sekali fenomena alam yang sangat menakjubkan, baik itu kenampakan alam yang luar biasa maupun makhluk hidupnya seperti hewan dan tumbuhan yang sangat mengagumkan. Seperti misalnya beberapa hewan yang berwarna biru, yang dihimpun jadiBerita dari berbagai sumber, berikut ini.


1. BLUE FOOTED BOOBY

 
Blue Footed Booby (National Geographic)

Blue Footed Bobby adalah spesies burung laut yang termasuk ke dalam keluarga Sulidae. Burung ini merupakan salah satu dari 10 burung laut yang memiliki sayap panjang. Burung yang memiliki habitat alami di pulau tropis maupun subtropis di Samudra Pasifik ini dapat ditemukan di daerah bagian bawah California, Amerika Serikat, di sepanjang pantai Amerika Tengah dan Selatan hingga Peru. Burung ini tingginya hanya mencapai 81 cm dan berat mencapai 1,5 kg. Yang menarik dari burung ini adalah warna biru muda di kakinya yang kelihatan sangat mencolok.


2. MOOR FROG

 
Moor Frog (National Geographic)

Katak berukuran kecil ini dapat ditemukan di daerah dataran rendah di daerah Eropa hingga Siberia, bahkan bisa pula ditemui di daerah Papua Nugini. Katak yang berhibernasi antara bulan September hingga Juni ini sebenarnya memiliki warna asli berupa merah kecokelatan, namun pada katak jantan terdapat jangka waktu sekitar dua sampai tiga hari dalam setahun mengubah warna nya menjadi biru tua yang menjadikan katak ini begitu unik.



3. EASTERN BLUE GOPPER

 
Eastern Blue Gopper (National Geographic)

Achoerodus atau yang biasa disebut Blue Gopper ini dapat ditemukan di perairan pantai Australia bagian selatan. Yang membuat ikan ini terkenal adalah warna biru terang yang dimiliki oleh ikan jantan dewasa. Ikan ini memiliki ciri-ciri bertubuh gemuk atau tebal, bagian ekor yang lebar, lidah tebal dan memiliki warna biru terang untuk pejantan sedangkan warna cokelat untuk betina.


4. BLUE LOBSTER

 
Blue Lobster (AP Images)

1 dari 2 juta lobster dapat bermutasi dan memungkinkan mereka memiliki cangkang berwarna biru. Lobster ini sebenarnya tidak berbeda dengan lobster lobster yang biasa kita lihat. Hanya saja pengaruh mutasi yang menyebabkan cangkang lobster berubah warna menjadi warna biru. Bisa dibilang kalau warna biru ini merupakan hasil kelainan yang diderita oleh sang lobster, dan bukan menjadi salah satu spesies lobster.


5. BLUE-GREY TAILDROPPER SLUG

 
Blue Gray Taildopper Slug (National Geographic)

Blue-Grey Taildropper adalah siput kecil yang keberadaannya terancam punah. Siput yang dapat ditemukan di Kanada ini hanya memiliki panjang 2 cm. Karena keunikan yang dimilikinya, maka siput yang terancam punah ini menjadi hewan yang dilindungi dan lembaga-lembaga penelitian terus melakukan pengembangan dan penelitian terhadap siput ini. Mereka berusaha sebisa mungkin menghindarkannya dari aktivitas manusia yang dapat mengancam keberadaan makhluk unik ini.


Sumber :
JadiBerita
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment