Mengejutkan, Katak Bertaring Sulawesi Melahirkan Kecebong

Untuk pertama kalinya seekor katak bertaring Sulawesi terlihat melahirkan kecebong, dan ini merupakan hal baru dalam bidang ilmu pengetahuan.

Katak pada umumnya berkembang biak dengan cara bertelur. Jenis katak bertaring ini hidup di Sulawesi dan para ahli zoologi sudah memburunya selama puluhan tahun karena perilaku unik ini.

Untuk pertama kalinya tim internasional menguraikan temuan ini dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plos One.

Katak_lahirkan_kecebong

Awalnya Dr Jim McGuire dari University of California, Berkeley mengira dia memegang katak jantan ketika menyaksikan kelahiran kecebong itu. Namun ternyata itu adalah katak betina yang sedang hamil dan tiba-tiba McGuire menggenggam kecebong yang baru lahir.


Mekanisme Misteri

Hampir semua 6.000 jenis katak di dunia melakukan proses pembuahan eksternal, katak betina akan bertelur saat kawin, sedangkan katak jantan mengeluarkan sperma untuk membuahinya.

"Tapi banyak modifikasi aneh dalam standar perkawinan katak ini," kata Dr McGuire.

"Katak jenis baru ini hanyalah bagian 10 atau 12 spesies yang berkembang biak dengan pembuahan internal. Mereka adalah jenis katak satu-satunya yang melahirkan kecebong."

Bagaimana katak-katak jantan itu berhasil membuahi telur yanga ada dalam katak betina tetap menjadi misteri. Karena katak tidak memiliki organ seksual konvensional untuk mentransfer sperma.


Sumber :
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment