Berbagai Jenis Batu Akik Termahal Hingga Kegunaan

Batu permata memang sangat diburu oleh masyarakat dunia karena keindahaannya. Selain Batu Bacan, salah satu batu permata yang digemari di Indonesia adalah batu akik dimana batu ini adalah batu alam dengan energi alam dimana setiap energi memiliki aura prositif dan negatif yang tentunya memiliki efek jika dikenakan oleh pemakainya.

Di Indonesia sendiri banyak orang yang percaya bahwa batu akik memiliki kekuatan-kekuatan magis. Berikut ini adalah beberapa batu akik yang oleh sebagian masyarakat Indonesia dipercaya mengandung kekuatan magis:


1. Batu Mata Kucing / Chrysoberyl Cat's Eye


Mengapa batu ini dinamakan Mata Kucing atau Cat's Eye? Karena jika di dalam kegelapan dan ada sedikit cahaya, maka akan muncullah segaris sinar pada batu ini mirip mata seekor kucing. Hal inilah yang menjadi keunikan batu ini sehingga banyak orang yang tergila-gila mencarinya. 

Batu ini berwarna coklat kehitaman, kuning madu dan warna hijau muda dan mempunyai kekerasan pada ukuran 8-9 pada skala Mohs.

Chrysoberyl adalah batu permata yang mempunyai nilai yang tinggi di pasaran dengan kualitas yang sangat baik. Negara penghasil utama batu mata kucing ini antara lain: Russia, Tanzania, Sri Lanka, India, Brazil, dan Timur Afrika. 

Cat's eye Chrysoberyl menjadi batu yang disukai banyak orang pecinta dan kolektor profesional. Penyebabnya, batu permata ini sangat sulit untuk mendapatkanya dan harganya yang agak mahal. 

Cat's eye yang baik mempunyai cahaya sebagai jaluran di bagian tengah. Apabila membeli batu yang asli, pastikan "mata kucing" pada batu tersebut berada di bagian tengah dan "mata" tersebut bisa "terbuka" dan "tertutup" jika dimiringkan.



2. Batu Akik Tapak Jalak


Batu Akik Tapak Jalak adalah batu yang secara alami memiliki motif garis silang. Karena motifnya menyerupai tanda tapak kaki burung Jalak, batu ini disebut sebagai batu tapak jalak. Batu tapak jalak dipercaya oleh sebagian orang dapat memberi kewibawaan dan keselamatan. Batu ini diyakini beberapa orang dapat menangkal santet, teluh, dan lainnya.



3. Batu Akik Junjung Drajat


Motif batu Akik Junjung Drajat ini berbentuk garis bersiku. Dipercaya sebagian orang bahwa batu junjung drajat ini memiliki khasiat untuk meningkatkan derajat kewibawaan, derajat perekonomian, dan derajat status sosial.



4. Batu Akik Pancawarna


Akik Pancawarna adalah batu akik dengan corak berwarna-warni. Kepercayaan sebagian orang menyebut bahwa batu ini membuat penggunanya memancarkan kharisma dan melindungi penggunanya dari kejahatan.

Jenis Batu akik yang paling terkenal di Indonesia dan paling sering ditemui di pasaran batu akik itu sendiri.



5. Batu Panca Nur


Batu Panca Nur atau pancawarna merupakan sejenis batu akik yang mempunyai ciri-ciri memiliki lebih dari dua warna sampai lima warna. Biasanya warna yang muncul: merah, hijau, kuning, hitam. Katanya sih, Batu Panca Nur yang asli adalah jika dipegang terasa berat dan getarannya terasa.

Manfaat dari Batu Panca Nur atau pancawarna sudah diakui sejak dulu. Banyak yang meyakini jika batu pancawarna memiliki kekuatan mistik yang sulit dijelaskan secara logika. Salah satu manfaat dari si pemakainya adalah seringnya mendapatkan sesuatu hal yang dapat membantu dalam kehidupan.

Apa ajakah itu? Salah satunya adalah kewibawaan, sosial, ekonomi dan tentunya untuk menarik lawan jenis. Batu pancawarna juga diyakini dapat mendatangkan berkah bagi si pemakainya.



6. Batu Hakikat


Asal batu hakikat adalah dari batu-batu gunung yang berusia ribuan tahun. Batu ini juga dikenal dengan batu badar lumut karena mempunyai sejumlah tumbuhan lumut di dalamnya. Ini terjadi karena batu itu berada di tempat yang berair, sehingga lumut-lumut telah masuk/menjalar ke dalamnya. Katanya juga batu hakikat ini sebenarnya adalah batu hidup yang bersifat sejuk.



7. Batu Kecubung atau Amethyst


Batu kecubung atau disebut juga Amethyst adalah batu yang berwarna ungu. Asal katanya dari Yunani (Greece) yang artinya penawar dimana menurut kepercayaan lama menunjukkan arak yang diminum di dalam gelas amethyst tidak akan menyebabkan si peminumnya menjadi mabuk.

Batu Amethyst atau kecubung memiliki kekerasan 7 pada skala Mohs. Batu kecubung katanya telah dipakai sejak zaman awal Mesir kuno. Batu Kecubung yang berkualitas katanya hanya diperoleh di negara-negara seperti Brazil, Uruguay, Siberia, Russia dan India. 

Batu ini juga populer sebagai bahan perhiasan raja-raja dan pembesar-pembesar negara zaman dulu kala. Disamping warna ungu, batu kecubung juga memiliki beberapa warna yang menarik, seperti warna merah jambu. Namun, kecubung yang paling berharga katanya sih yang bewarna ungu kebiru-biruan.



8. Batu Badar Besi


Seringkali batu badar besi dipanggil juga dengan nama batu pati ayam atau secara ilmiah adalah magnetsteen karena jika didekatkan pada besi magnet, batu bada besi akan bergerak berputar-putar. 

Kandungan yang ada dalam batu badar besi adalah unsur ferum dengan kandungan oksigen yang tinggi sehingga memiliki warna abu kehitaman dan memiliki kekerasan 5-6 skala Mohs. 

Banyak yang bilang batu badar besi banyak dijumpai di daerah Brazil, Mexico, Australia dan Amerika, daerah dekat kawasan pergunungan yang sering terjadi banjir lahar ratusan tahun lalu.



9. Merah Delima


Ada yang menyebutkan Ruby atau batu merah delima dikenali karena warna merahnya yang melambangkan perasaan cinta, kuasa dan kemegahan. Katanya juga sih, batu ini adalah raja segala batu permata atau dikenali sebagai "King of Gemstone" yang begitu termahsyur di seluruh nusantara bahkan seantero dunia.

Batu merah delima terkenal karena kecantikan fisiknya. Ada juga batu merah delima yang berwarna merah jambu (pink) dan merah hati (merah tua). Kekerasan batu merah delima sebagai batu permata adalah sangat keras yaitu pada ukuran 9 pada bacaan skala Mohs.

Merah Delima yang paling terkenal berasal dari negara Burma (sekarang Myammar) karena kualitas dan kecantikan batunya. Namun, ada juga batu merah delima dari negara lain seperti negara Afrika Selatan, Pakistan, Afghanistan, Tanzania dan negara India.



10. Batu Mata Harimau atau Tiger Eye


Batu Mata Harimau masuk dalam kelompok Quartz. Mengapa dinamakan Mata Harimau? Karena warna dan jaluran cahaya yang meliputinya jika dipandang seolah-olah seperti mata sang harimau yang sedang menatap tajam.

Warna yang paling menonjol pada batu ini adalah kuning yang bercampur dengan hitam dan campuran coklat serta oranye. Tingkat kekerasan batu ini pada skala mohs adalah bacaan 7 yang banyak dijumpai di negara Afrika Selatan, Rusia, Australia bagian barat, German dan China. Tiger's eye cocok dipakai oleh semua golongan dan berbagai lapisan masyarakat.



Tips Cara Membedakan Batu Akik Asli atau Palsu

Apabila batu di letakkan di tempelkan di pipi dan terasa dingin, besar kemungkinannya batu itu asli.
Apabila cepat menghangat bagai mana? Setiap benda yang kita pegang pasti akan berubah hangat karena hantaran suhu badan kita, untuk batu akik, apabila kita pegang akan lama hangat bahkan selalu terasa dingin dan akan cepat mendingin.

Apabila di sulut dengan api puntung rokok atau dibakar dengan korek api, maka tidak akan ada perubahan warna gosong atau titik meleleh pada batu, setelah lama dibakar atau di sulut pasti akan menghasilkan cairan minyak berwarna cokelat, nah jika asli, ketika diusap maka cairan tersebut akan hilang dan tidak berbekas atau menempel kuat di batu, apabila palsu meski diolesi air atau minyak untuk menghilangkan, bekasnya tidak akan hilang. 

Walaupun dibakar batu akan panas dan kembali cepat mendingin, beda dengan kimia plastik atau kaca buatan, yang akan cukup lama menyimpan hangat atau panas.

Lihatlah serat di dalamnya dengan menerawang, jika asli serat dalam batu terlihat seperti retak-retak dan motif alami, karena jarang sekali kita menjumpai batu mulia akik dengan mulus tanpa serat. 

Adapaun beberapa ciri-ciri batu sintetis/plastik, antara lain, bening seperti kaca, tidak terlihat serat-serat di dalamnya, terasa lebih ringan untuk batu seukurannya, akan ada perubahan jika Anda membakarnya, akan tergores atau lecet jika terjatuh atau digesekkan dengan benda keras lainnya.


Sumber :
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment