7 Air Terjun Indah yang Tersembunyi di Pulau Bali

Anda tentu telah mendengar semua tentang pantai di Bali, terapi air panas dan vila-vila mewah. Tapi tahukah Anda bahwa pulau ini juga rumah bagi banyak air terjun yang indah, dan banyak dari air terjun tersebut jarang diketahui dan dikunjungi oleh para turis? Jadi jika Anda merasa petualang dan ingin menikmati Bali jauh dari keramaian turis, pergilah ke salah satu dari air terjun tersembunyi di Bali.


1. Air Terjun Nungnung


Sembilan ratus meter di atas permukaan laut, di sebuah desa kecil di antah berantah, Air Terjun Nungnung menunggu Anda. Mendengarkan dan menonton ribuan liter air mengalir ke kolam yang indah sejauh 50 meter di bawahnya. Air terjun Nungnung terletak di bagian bawah jurang, Anda harus menuruni 509 anak tangga untuk mencapai air terjun.

Anda akan disambut dengan pemandangan air terjun dan sawah di sekitar. Untuk sampai ke air terjun Nungnung, perjalanan sekitar 90 menit menuju Sangeh. Desa Nungnung adalah sekitar 45 kilometer dari Denpasar, dan ada banyak rambu untuk sampai ke air terjun. Parkir mobil pun tersedia.



2. Air Terjun Aling Aling


Air terjun Aling Aling hanya 11 km dari kota Singaraja, sekitar 80 km dari Denpasar. Air terjun ini unik untuk alasan yang sangat khusus, Air terjun setinggi 35 meter ini terbagi menjadi dua di puncaknya, dan dua aliran air jatuh pada kecepatan yang sama sekali berbeda.

Untuk sampai ke air terjun Aling Aling, berkendaralah dari Singaraja ke desa Sambangan, dimana ada beberapa tanda-tanda jalan. Namun, meminta petunjuk atau guide dari penduduk lokal mungkin diperlukan karena air terjun ini jarang dikunjungi oleh wisatawan.



3. Air Terjun Blemantung


Tersembunyi di wilayah Tabanan Bali, air terjun Blemantung adalah pemandangan hijau yang cantik, dinikmati oleh hanya sejumlah kecil wisatawan yang berdedikasi. Terselip di antara banyak perkebunan kopi di wilayah ini, air terjun Blemantung setinggi 50 meter ini adalah tempat yang sempurna untuk berendam dalam air dan mengambil nafas dalam dalam dari udara segar hutan hujan.

Jika Anda memperhatikan, Anda bahkan dapat mendeteksi aroma samar dari kopi di udara. Untuk mengunjungi Air Terjun Blemantung berkendaralah sejauh sekitar 75 kilometer, atau sekitar 2 jam, dari Denpasar ke desa Pujungan di Kabupaten Pupuan. Dari desa, jalan menuju air terjun dikerjakan dan terawat dengan baik, dan berjalan dari tempat parkir hanya berjarak 200 meter.



4. Air Terjun Sekumpul


Jika Anda benar benar ingin petualang, inilah kesempatan Anda mencoba tantangan lain Air Terjun Sekumpul. Bukan sepenuhnya tak diketahui, tetapi aksesnya yang cukup sulit yang menjadikan air terjun ini tersembunyi dari banyak pengunjung. Menuju ke air terjun ini sangat sulit, dan Anda harus melakukan perjalanan ke banyak tangga licin dan menyeberangi sungai untuk melihat air terjun dari dekat.

Anda dapat meminta penduduk lokal untuk membawa Anda ke air terjun dengan sedikit imbalan dan mereka akan membawa Anda sampai akhir jalan di mana dari sini Anda dapat berjalan sekitar 50 meter untuk menemukan pemandangan paling indah dari air terjun dilihat dari tempat yang tinggi. Namun yang menarik tentang Air Terjun Sekumpul adalah bahwa bukan cuma ada satu air terjun, tapi ada tujuh! ( Sekumpul berarti sekelompok dalam bahasa Indonesia ) dengan yang tertinggi adalah lebih dari 50 meter.



5. Air Terjun Tegenungan


Tegenungan adalah salah satu dari beberapa air terjun di Bali yang tidak terletak di dataran tinggi atau pegunungan. Air terjun ini tidak benar-benar tinggi, hanya sekitar 15 meter, sehingga Anda dapat benar-benar melompat tepat ke air terjun.

Air terjun Tegenungan unik karena sekitarnya hijau subur dan aliran airnya yang deras, sempurna untuk berenang dan menikmati air tawar. Dengan kuil terdekat dan tempat mandi, tidak mengherankan bahwa Tegenungan sangat populer di kalangan penduduk setempat yang mencari ketenangan dari iruk pikuknya kota!



6. Air Terjun Jembong


Secara lokal, Jembong dikenal sebagai salah satu air terjun terbaik di Bali. Tapi air terjun ini jarang dikunjungi karena kedekatannya dengan air terjun yang jauh lebih terkenal, yaitu air terjun Git Git. 

Dan hal ini justru benar-benar menjadi berkah tersembunyi bagi Jembong menawarkan keindahan murni yang menakjubkan. Meskipun air terjun tidak terlalu tinggi, landai dan aliran air nya yang tak terlalu deras, membuatnya ideal untuk berendam dan menikmati hutan hijau yang indah disekelilingnya.



7. Air terjun Yeh Mampeh


Jauh dari pusat wisata yang penuh sesak, yaitu Kuta dan Ubud, ada sebuah desa kecil bernama Les, dimana terletak air terjun yang indah. Keindahan Yeh Mampeh ( yang berarti air terbang ), adalah salah satu yang hampir tak tersentuh terletak di lingkungan yang tenang, dan air terjun ini juga merupakan salah satu air terjun tertinggi di Bali. Anda dapat mendaki ke air terjun dan mengunjungi gua-gua di dekatnya, atau hanya mandi di bawah aliran lembut dari air.


Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment