5 Ikan Hiu Paling Besar Sejagad Raya

Hiu, siapa yang tidak tahu dengan ikan ganas yang hidup di lautan lepas ini. Ikan ini bisa mengancam hidup manusia yang sedang berenang di laut. Mungkin karena keganasan ikan satu ini, maka tak heran jika banyak produsen film yang membuat cerita berdasarkan hiu ini.

Sebenarnya hiu baru memangsa manusia jika dirinya merasa terancam, makanan hiu yang utama sebenarnya bukan daging manusia, melainkan hewan-hewan kecil, ikan-ikan kecil dan plankton.

Terlepas dari hal itu, ada beberapa jenis ikan hiu paling besar di dunia yang mungkin sebelumnya Anda belum mengetahuinya.


5. Pacific Sleeper Shark


Inilah jenis ikan hiu terbesar di dunia yang pertama, Pacific Sleeper Shark, dari namanya saja tentu Anda sudah dapat menebak jika ikan hiu ini berasal dari perairan samudera Pasific. Ikan hiu jenis ini bisa Anda temukan di kedalaman 6.500 kaki dari permukaan laut.

Jenis ikan hiu ini yang sudah mencapai dewasa, berat tubuhnya bisa mencapai 362,87 kilogram, dan panjang pun bisa mencapai 23 kaki.



4. Tiger Shark


Diantara spesies ikan hiu yang memiliki predikat sebagai ikan hiu yang paling besar di dunia, boleh dikatan jika ikan hius jenis Tiger Shark adalah salah satu yang paling ganas dibanding dengan ikan hiu yang lainnya. Tiger Shark dewasa panjangnya bisa mencapai 24,3 kaki dengan berat hingga 907,18 kilogram, banyak kasus yang menyatakan jika ikan hiu jenis ini yang paling sering menyerang para perenang.



3. Great White Shark


Great White Shark ini juga mendapat julukan sebagai ikan hiu yang paling ganas di dunia. Jika Anda sedang berenang di laut, Anda harus berhati-hati dengan ikan hiu yang satu ini, Great White Shark bisa di temukan di pantai dan di semua lautan. Panjang ikan hiu ini bisa mencapai 26,2 kaki dengan berat hingga 2.267,96 kilogram.



2. Basking Shark


Basking Shark mampu memiliki panjang tubuh hingga 40 kaki dengan berat yang dapat mencapai 19 ton. Namun Anda tidak perlu khawatir, Basking Shark bukanlah ikan hiu pemangsa seperti Tiger Shark atau pun seperti Great White Shark. Makanan utama ikan hiu ini adalah plankton-plankton yang ada di lautan, selain itu Basking Shark juga memiliki gerakan berenang yang sangat lambat.



1. Whale Shark


Inilah keluarga ikan hiu yang besar dan yang paling tua. Whale Shark sudah ada sejak 60 juta tahun yang lalu. Diantara ikan hiu yang lainnya, ikan hiu jenis ini mampu hidup hingga 70 tahun, berat tubuhnya bisa mencapai 15 ton dengan panjamg bisa mencapai hingga 11 kaki. Sama seperti Basking Shark, ikan hiu Whale Shark bukanlah jenis ikan hiu pemangsa.


Sumber :
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment