Studi: Sarapan Bantu Kontrol Gula Darah dan Bakar Kalori Lebih Banyak

Tak sedikit orang yang berusaha menurunkan berat badan dengan mengurangi makan, termasuk dengan cara tak sarapan. Padahal studi terbaru justru mengungkapkan bahwa sarapan membantu membakar kalori lebih banyak.

Bukan cuma itu, studi yang dilakukan oleh The University of Bath ini juga menyimpulkan bahwa mereka yang sarapan memiliki kontrol terhadap kadar gula darah yang lebih baik.


Untuk membuktikan teori ini, para peneliti mengamati perbandingan keseimbangan energi yang terjadi pada tubuh responden ketika mereka tak sarapan. Hasil ini kemudian dibandingkan dengan mereka yang rutin sarapan.

Peneliti memisahkan sejumlah responden menjadi dua kelompok, yakni kelompok sarapan dan kelompok tak sarapan. Kelompok yang tidak sarapan tidak mengonsumsi kalori sama sekali sampai pukul 12 siang. Sementara mereka yang masuk ke dalam kelompok sarapan diberikan sarapan sekitar 700 kalori sampai sebelum pukul 11 siang.

Mereka yang diberi sarapan mengalami dampak yang lebih kecil terhadap keinginan ngemil. Hasil lainnya menunjukkan bahwa mereka justru mengeluarkan lebih banyak energi, yakni sekitar 442 kalori. Mereka yang makan sarapan juga memiliki kontrol gula darah yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan.


"Temuan utama dari studi kami menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa sarapan membakar lebih banyak kalori," ujar peneliti utama dari University of Bath, James Betts.

Dikutip dari American Journal of Clinical Nutrition, Betts menyebutkan bahwa kebanyakan orang akan berpikir ini adalah karena berkurangnya ngemil dan peningkatan metabolisme. Namun sebenarnya ini adalah karena adanya peningkatan aktivitas.

"Mereka menjadi lebih aktif setelah sarapan. Ini karena adanya tambahan energi dari sarapan," lanjut Betts.


Sumber :
detik
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment