Selalu Lapar Setelah Berenang? Ini Alasannya

Salah satu olahraga yang tidak akan membuat Anda kepanasan sekaligus olahraga paling cocok untuk musim panas atau kemarau adalah berenang. Olahraga renang selalu menjadi idola jika cuaca sedang panas. Berenang juga cara paling baik untuk menurunkan berat badan.

Tapi apakah setelah berenang, Anda merasakan efek tubuh jadi mudah lapar dan ingin makan terus. Hal ini sangat wajar dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan kondisi ini.


Karena berdasarkan fitnessmagazine.com, meskipun peneliti belum tahu pasti mengapa perut bisa sangat lapar saat setelah berenang, namun mereka percaya bahwa ini disebabkan oleh suhu dingin air yang membuat tubuh kehilangan banyak temperatur tubuh dan membuat pembuluh darah menyempit karena tekanan air.

Hal ini menghambat pelepasan hormon tertentu dalam tubuh yang megatur nafsu makan selama dan setelah olahraga. Selain itu, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa saat berenang, Anda menggunakan lebih banyak tenaga dan membakar kalori 44% lebih banyak untuk bergerak dibanding saat olahraga biasa di darat.

Alasan ini pula yang menjadikan renang sebagai olahraga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Anda bahkan tidak sadar sudah membakar banyak kalori.


Untuk mencegah konsumsi makanan berlebih setelah berenang apalagi jika Anda sedang diet, coba untuk minum susu cokelat dan satu buah pisang kemudian jalan-jalan sebentar selama 10 menit untuk menghangatkan tubuh. Ketika tubuh hangat, perut jadi tidak begitu rewel.


Sumber :
vemale
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment