Minum Kopi di Sore Hari dan 'Tabung' Tidur, Untuk 'Bekal' Malam Tahun Baru

Sebagian besar orang memilih untuk tetap terjaga di malam tahun baru demi menyaksikan momen pergantian tahun tersebut. Nah, banyak pula yang kemudian memilih 'bekal' dengan tidur terlebih dahulu dan minum kopi.


"Sebenarnya sesekali begadang tidak masalah kok. Untuk bermalam tahun baruan, begadang bisa disiapkan agar badan tetap fit. Usahakan menabung waktu tidur terlebih dahulu dengan tidur di siang hari," tutur dr Meta Hanindita dari RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Agar tak memperberat kerja tubuh yang tetap terjaga di malam hari, dr Meta menyarankan bagi Anda untuk menghindari merokok. Alasannya, kebiasaan ini dapat memperberat kerja jantung.

Demikian juga disampaikan oleh dr Ayu Yuni Andini. Menurutnya jika memang Anda berniat ingin begadang di malam tahun baru, batasi aktivitas Anda di hari tersebut.

"Jika sebelum begadang banyak aktivitas bisa-bisa tubuh akan drop. Jadi siapkan stamina boleh mengonsumsi immunomodulator (penyokong sistem imun) atau vitamin C maksimal 1000 mg sehari sebelumnya," pesan dr Ayu, yang berpraktik di Klinik Cempaka Putih.

Untuk Anda yang terbiasa begadang 'ditemani' dengan secangkir kopi, maka dosis yang dianjurkan sebaiknya memang cukup satu cangkir saja. Tak perlu minum kopi secara berlebihan demi terjaga di malam pergantian tahun. dr Andreas Prasadja, RPSGT atau dr Ade menyarankan Anda untuk minum kopi pada sore harinya dan cukup satu cangkir saja.

"Malam atau dini hari adalah waktu tubuh melakukan detoksifikasi, minum kopi atau minuman penambah tenaga akan memperberat kerja ginjal. Sebaiknya konsumsilah air putih (pada waktu itu -red-)," imbuh dr Meta.


Sumber :
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment