Mengapa Anjing Senang Menjilat?

Ketika kalian pulang ke rumah dan baru merebahkan diri di atas sofa, peliharaan kesayangan kalian ini datang seketika dengan sambutan jilatan darinya. Awalnya mungkin tidak mengganggu sama sekali, hingga tanpa Anda sadari wajah atau bagian tubuh Anda yang lain sudah penuh dengan air liur anjing peliharaan Anda.

Kejadian ini selalu berulang ketika Anda ingin memberikan mereka kasih sayang. Kenapa?


Anjing hanya akan menjilat anggota keluarga, anggota kelompok atau diri mereka sendiri untuk banyak alasan, dan juga untuk memperlihatkan sikap mereka kepada kalian dan membantu kita untuk mengerti soal sikap mereka.


1. Rasa Kita Enak

Maksudnya? Anjing senang sekali menjilat mangkuk makanannya, lantai bekas makanan jatuh, atau tempat yang setelah kita gunakan untuk memasak. Maka dari itu secara tanpa kita sadari terkadang ada partikel kecil makanan yang menempel pada kita yang dapat mereka jilat, terlebih dari itu, anjing senang dengan rasa asin pada kulit manusia.



2. Membersihkan Diri

Seperti seekor kucing, anjing juga senang sekali membersihkan diri mereka dengan cara menjilati bagian tubuh mereka atau anjing lain. Tetapi bila itu terjadi terlalu sering maka itu pertanda pemilik anjing sudah waktunya memandikan anjing mereka.



3. Untuk Menghilangkan Kecemasan

Seperti manusia, anjing memiliki cara untuk mengurangi tingkat stress mereka. Ketika mereka takut atau cemas biasanya mereka akan terus menjilati diri mereka sendiri tanpa henti. Akan tetapi jika tingkat menjilatnya itu sudah berlebihan malah akan menambah ketakutan dan kecemasan itu sendiri.



4. Untuk Berkomunikasi

Anjing menjilat anjing lain untuk memberi tahu sesuatu seperti "saya lapar", "saya tunduk padamu", bisa juga "mari kita berteman". Tidak hanya dengan anjing, dengan manusia mereka memberikan cara komunikasi yang sama. Tanda-tanda mereka ingin sesuatu dapat diketahui melalui intensitas mereka menjilat, bila itu terlalu intens biasanya mereka lapar atau ingin menyapa.



5. Bentuk Kasih Sayang

Ini merupakan alasan yang paling umum dari anjing peliharaan. Menjilat dengan alasan memberikan kasih sayang kepada pemilik mereka adalah untuk melepaskan hormon-hormon yang dapat menenangkan dan memberikan kenyamanan pada si anjing tetapi terkadang hal tersebut menjadi hal yang berlebihan untuk manusia. 


Jika ingin anjing Anda berhenti menjilat adalah dengan cara mengabaikan mereka bila Anda tidak suka dijilat. Itu akan mengajarkan mereka bahwa kalau mereka menjilat secara berlebihan, maka Anda akan pergi dari mereka.


Sumber :
ciricara
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment