Ingin Menidurkan Bayi? Inilah Metode yang Tepat

Ketika bayi sedang mengantuk, maka pasti Anda akan segera menidurkannya. Namun terkadang menidurkan bayi tidak semudah menidurkan anak yang sudah lebih besar. Oleh karena itu Anda harus memilih metode menidurkan bayi yang tepat. Dengan begitu, maka bayi Anda bisa tertidur dengan lelap dan nyenyak.

Berikut ini adalah beberapa metode menidurkan bayi yang tepat:


1. Ferberizing


Metode ini mungkin akan terasa tidak nyaman karena Anda harus membiarkan bayi menangis hingga akhirnya tertidur. Perasaan tidak nyaman ini karena Anda tidak tahan mendengar buah hati menangis.

Namun sebenarnya metode ini cukup efektif asalkan Anda tahu jadwal tidur bayi. Jadi ketika dia mengantuk dan menangis, Anda akan membiarkannya lebih lama menangis. Namun setelah membiarkannya menangis selama beberapa lama, Anda harus membuatnya merasa lebih tenang sehingga dia tahu kalau sudah waktunya untuk tidur. 

Pada metode ini, Anda akan membuat bayi memiliki jadwal tidur yang teratur meskipun dia belum mengantuk.

Pada metode ini, Anda akan membiarkan bayi menangis selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, perdengarkan suara lembut kepadanya tanpa menggendongnya. 

Malam berikutnya, Anda memberikan waktu yang lebih lama bagi dia untuk menangis. Namun lakukan ini secara bertahap hingga selama 15 menit. Namun pastikan juga kalau Anda mengetahui penyebab bayi menangis, karena bisa saja dia menangis bukan mengantuk tapi karena terkena sesuatu yang keras atau tersedak.



2. Long Good Bye


Bagi Anda yang memiliki begitu banyak kesibukan, sebaiknya Anda menerapkan metode ini. Metode ini akan membantu Anda untuk membuat batasan antara Anda dan bayi. Dengan menerapkan metode ini, maka Anda memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan kegiatan. 

Cara inipun cukup mudah, Anda hanya perlu membiasakan bayi untuk berbaring di tempat tidurnya hingga dia mengantuk. Kalaupun dia rewel, Anda hanya perlu menepuk punggungnya dengan lembut hingga dia tenang.

Ketika Anda melakukan metode ini, Anda juga tidak boleh langsung merespon tangisannya dengan menggendongnya. Tapi ketika tangisannya sudah sangat histeris, maka Anda harus segera menggendongnya. 

Dengan melakukan metode ini secara konsisten, maka bayi Anda akan terbiasa untuk tidak terlalu tergantung pada Anda. Namun Anda juga harus melakukan metode ini secara perlahan dan sedikit demi sedikit hingga akhirnya buah hati mulai terbiasa.



3. Mencegah Tangisan


Bagi Anda yang ingin lebih dekat dengan buah hati Anda dan mencegahnya agar dia tidak terlalu sering terbangun di malam hari, Anda bisa menggunakan metode ini. Dengan begini, Anda bisa mengurangi tangisannya di malam hari dengan bertahap. 

Pada metode ini, Anda memberikan relaksasi kepada bayi agar dia bisa tenang. Namun pastikan kalau Anda melakukan metode ini dengan konsisten.

Caranya adalah Anda harus tidur bersama buah hati Anda. Jika dia terbangun, pastikan kalau Anda memberikannya stimulasi yang lembut dan menyusuinya agar dia bisa kembali mengantuk. Namun pastikan juga kalau Anda menjaga keamanan dan kenyamannya. Karena bukan tidak mungkin kalau dia akan tertindih ketika Anda tidur bersamanya.



4. Self Soothing



Pada metode ini, Anda akan membiarkan bayi Anda tertidur dengan sendirinya. Anda hanya perlu menenangkannya secara verbal. Selain itu, cara ini juga akan membuatnya memiliki jadwal tidur yang teratur dan konsisten. 

Cara ini juga akan membuat bayi Anda bisa tetap tenang meskipun dia sudah mengantuk. Metode ini mungkin akan sedikit sulit namun bisa membantu Anda untuk mencegah agar bayi Anda tidak menangis saat dia sudah mengantuk dan akan tidur.

Adapun cara menerapkan metode ini adalah dengan memandikan bayi dengan menggunakan air hangat agar dia bisa merasa lebih tenang. Setelah itu redupkan lampu dalam kamar Anda. Agar dia lebih tenang, sebaiknya Anda membacakan atau memperdengarkan cerita kepadanya. Pastikan kalau Anda menggunakan suara yang lembut ketika membacakan cerita kepadanya. 

Hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan adalah pastikan kalau suara Anda tetap tenang dan lembut sehingga dia bisa tetap tenang saat terbangun di pagi hari. Pada awal melakukan metode ini, mungkin Anda akan membutuhkan waktu selama satu minggu hingga akhirnya dia bisa benar-benar tidur dengan lelap. 

Selain dengan membacakan cerita, Anda juga bisa memperdengarkan lagu yang tenang kepadanya. Setelah beberapa lama, Anda bisa mengetahui lagu apa saja yang menjadi pengantar tidurnya sehingga Anda bisa memperdengarkan kepadanya dengan suara yang kecil saat akan menidurkannya.


Sumber :
segiempat
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment