5 Keajaiban Mata, Berotot Paling Aktif dan Punya Kekuatan Penyembuh

Sebagai salah satu indra yang paling penting bagi makhluk hidup, kesehatan mata tentu harus diperhatikan. Tak cuma sekadar membuat Anda bisa melihat, mata juga memiliki fungsi lainnya yang tak kalah menakjubkan.


1. Punya kekuatan penyembuh


Mata memiliki kekuatan penyembuh yang luar biasa. Indra penglihatan ini juga mampu sepenuhnya memperbaiki diri dalam waktu 48 jam setelah mengalami iritasi tertentu. Selain itu, mata juga memiliki lapisan pelindung di bagian iris dan pupil.

Beberapa masalah mata yang dapat pulih dengan sendirinya ini kecuali abrasi yang mendalam, yang dapat menyebabkan infeksi kornea, erosi, atau jaringan parut. Pada dasarnya, mata biasanya dapat sembuh sendiri dalam waktu singkat tanpa banyak bantuan dari luar.



2. Otot paling aktif


Jika jantung dikenal sebagai otot terkuat dalam tubuh, maka mata memiliki predikat sebagai otot teraktif. Bagaimana tidak, otot-otot luar mata terus bergerak ketika Anda melihat sekeliling atau berfokus pada benda dalam jarak manapun. Terlebih saat kepala bergerak, maka mata akan selalu reposisi.

Satu jam membaca buku, mata melakukan hampir 10.000 gerakan koordinasi. Oleh sebab itu, saat sedang aktif menggunakan mata, misalnya sedang membaca atau bekerja di depan layar komputer, Anda dianjurkan untuk sesekali merilekskan mata.



3. Berlensa lebih cepat dari kamera


Mirip seperti lensa kamera, mata juga harus menyesuaikan untuk fokus sesuai jarak Anda. Hebatnya, penyesuaian ini terjadi dalam sepersekian detik, sementara lensa kamera cenderung fokus dalam waktu yang lebih lama. Mata juga memiliki rentang dinamis yang lebar, sehingga mampu menyesuaikan diri dengan cahaya melalui buka-tutup pupil.



4. Rahasia di balik kedipan mata


Anda berkedip hingga 15.000 kali setiap hari. Kelopak mata sangat cepat, ia mampu berkedip dalam satu-sepertiga detik. Serupa seperti wiper yang membersihkan kaca depan mobil, berkedip juga berfungsi untuk membersihkan permukaan mata dari partikel-partikel kecil debu atau kotoran yang masuk. Dilakukan dengan singkat, berkedip merupakan cara membersihkan yang sangat cepat dan efisien.

Tak cuma itu, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, kita tidak berkedip secara acak. Berkedip tampaknya terjadi pada saat-saat yang bisa diprediksi diatur oleh otak. Misalnya saja seperti di akhir kalimat saat kita membaca atau selama jeda dalam pidato.



5. Saling bekerja sama


Jika salah satu mata Anda memiliki masalah yang mengganggu proses penglihatan, maka mata lainnya otomatis akan 'bekerja' lebih keras untuk membuat penglihatan Anda tetap baik.

Singkatnya, setiap mata memiliki kemampuan lebih untuk mem-back up bagian mata lainnya. Inilah yang membuat kedua mata menjadi efisien. Bahkan jika salah satu mata Anda memiliki gangguan seperti glaukoma, bagian lainnya akan bekerja keras untuk 'menebusnya'.


Sumber :
detik
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment