Hati-hati! Jemur Pakaian Dalam Ruangan Picu Jamur Penyebab Infeksi Paru

Memasuki musim hujan pakaian bisa jadi lebih sulit untuk kering. Hujan yang sering turun membuat panas matahari menjadi kurang maksimal untuk mengeringkan pakaian sehingga biasanya pakaian dijemur di dalam ruangan.

Sekilas kegiatan menjemur dalam ruangan ini mungkin terlihat biasa saja dan lumrah dilakukan. Namun, dokter mengingatkan hal tersebut justru tidak baik untuk kesehatan dan berbahaya terutama jika ada orang dengan asma di rumah.


Professor David Denning dari National Aspergillosis Centre, Manchester, mengatakan menjemur pakaian dalam ruangan dapat mengakibatkan udara ruangan menjadi lembab.

Lingkungan lembab tersebut kemudian menjadi tempat berkembang biak ideal bagi fungus yang tidak baik untuk kesehatan pernapasan karena dapat memicu infeksi paru.

"Sebagian besar dari kita mungkin kebal terhadap fungus yang tumbuh dalam kondisi lembab ini, atau memiliki imunitas tubuh yang baik untuk melawan infeksi. Tapi pada orang asma atau yang imunitasnya rendah, fungus dapat menyebabkan pulmonary aspergillosis," ujar Denning.


Hal tersebut ia katakan karena di kliniknya kasus pulmonary aspergillosis kini mengalami peningkatan.

Denning menjelaskan pulmonary aspergillosis adalah infeksi paru yang disebabkan oleh fungi aspergillosis. Pengidapnya dapat menunjukkan berbagai macam gejala pernapasan tergantung dari keparahan infeksi mulai dari sesak nafas sampai batuk darah. Terkadang fungi bahkan dapat menyebabkan kerusakan parah di paru.

"Saran saya adalah jika Anda ragu-ragu ingin menjemur pakaian di luar, gunakan pengering baju atau jemur pakaian di tempat dengan ventilasi udara yang bagus jauh dari area keluarga dan tempat tidur. Lebih baik berhati-hati daripada nanti menyesal," tutup Denning.


Sumber :
detik
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment