Surga Dunia di Negeri Indonesia Tercinta

Indonesia memiliki banyak tempat yang terletak di ketinggian dan mempunyai keindahan yang sangat sayang apabila dilewatkan. Dan berikut ini beberapa lokasi di Indonesia yang layak didaki, baik gunung maupun non gunung. Dijamin tidak akan menyesal walau setelahnya lelah mendera.


1. Gunung Lawu, Jawa Timur

Gunung dengan ketinggian 3.265 mdpl ini terletak diantara perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mendaki Gunung Lawu dapat dilalui lewat 3 jalur: Cemoro Sewu, Cemoro Kandang danJalur Srambang.


Di awal perjalanan kamu bisa menemui hutan pohon pinus. Juga pemandangan seperti negeri diatas awan di beberapa titik. Di trek menuju puncak cukup banyak terdapat jalan landai untuk kamu menarik nafas. Trek sebenarnya dimulai setelah pos 3. Tapi pemandangan indah dipuncak Lawu pasti bisa membayar kelelahanmu.



2. Puncak Jaya, Papua

Inilah gunung tertinggi dan jadi tempat yang paling layak kamu daki. Puncak Jaya berada di ketinggian 4.844 mdpl. Gunung ini merupakan satu - satunya gunung di Indonesia yang puncaknya diselimuti salju abadi. Puncak Jaya menjadi tujuan pendakian idaman bagi banyak pendaki dalam dan luar negeri.


Untuk mendaki Puncak Jaya kamu mesti berpayah-payah menaklukkan medan yang berat. Stamina yang kuat juga menjadi keharusan untuk menghadapi alam yang ganas. Nabire, menjadi tempat strategis sebagai awal untuk menggapai Puncak Jaya. Dari situ kamu bisa menyewa pesawat perintis untuk mengantarkanmu ke basecamp pendakian.



3. Gunung Rinjani, Lombok

Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini memiliki ketinggian 3.762 mdpl. Keindahan gunung Rinjani sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.


Butuh waktu 7 hingga 10 hari dengan perjalanan dari kota asalmu masing-masing untuk tuntas mendaki Rinjani. Namun semua kelelahan akan terbayar dengan keindahan Rinjani dan damainya Danau Segara Anak.

Perjalanan di medan yang cukup berat akan terbayar lunas setelah kita sampai di puncak. Gunung Agung di Bali, Gunung Ijen - Merapi di Banyuwangi dan Gunung Tambora di Sumbawa terlihat jelas saat cuaca bagus di pagi hari.



4. Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

Gunung Kelimutu sangat tersohor dengan danau tiga warnanya. Gunung ini juga masuk sebagai salah satu gunung dari 5 gunung di Indonesia yang memiliki jalur pendakian terindah.




5. Gunung Kerinci, Sumatera

Gunung ini dikenal sebagai gunung berapi tertinggi di Sumatera. Kerinci juga menjadi gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah puncak gunung di Papua.


Berada pada ketinggian 3.805 mdpl, melalui puncaknya kamu bisa melihat keindahan kota Jambi, Bengkulu dan Padang. Gunung Kerinci memiliki kawah yang berisi air jernih serta Danau Bento, yang terletak di sebelah timur. Danau Bento merupakan rawa air tawar tertinggi di Sumatera. Mendaki kesini akan setimpal kan dengan keindahannya.



6. Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini jadi makin terkenal karena film 5 cm. Semeru adalah gunung yang wajib kamu daki minimal sekali di dalam hidupmu.


Semeru menawarkan banyak pemandangan cantik. Di etape pertama kamu akan disuguhi keindahan danau Ranu Kumbolo. Kemudian disusul dengan magisnya hamparan Lavender di Oro-Oro Ombo. Dalam perjalanan menuju puncak pun kamu akan tetap disuguhi pemandangan yang indah. Sunrise di puncak tertinggi Pulau Jawa pasti ingin membuatmu kembali.



7. Anak Gunung Krakatau, Selat Sunda

Kalau pernah nonton film Krakatoa pasti tahu betapa dahsyatnya ledakan gunung ini dahulu. Bahkan sampai bisa memisahkan Sumatera dan Jawa.

Gunung dengan ketinggian 230 meter di atas permukaan laut ini merupakan anak dari erupsi "Sang ibu" gunung Krakatau pada tahun 1883.


Keindahan alam yang ditawarkan di pulau ini bukan hanya Gunung Anak Krakatau saja. Saat menginjakkan kaki disini, kamu akan disuguhi oleh hamparan pasir pantai berwarna hitam. Pasir pantai yang berwarna hitam merupakan pasir vulkanik yang berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau, yang masih aktif meletus hingga sekarang.



8. Gunung Merbabu, Jawa Tengah

Gunung yang terletak di Jawa Tengah ini memiliki ketinggian 3.142 mdpl. Untuk menuju puncak Merbabu kamu bisa melalui 4 jalur yaitu Thekelan, Cuntel, Wekas dan Selo.


Pendakian gunung Merbabu akan memanjakan matamu. Jika kamu memilih jalur pendakian via Selo kamu bisa menemui padang savana yang mirip bukit di film Teletubies.




9. Gunung Merapi, Jawa Tengah

Gunung berapi teraktif di dunia ini menawarkan keindahan yang unik saat didaki. Terutama setelah meletus pada tahun 2010 lalu.


Sepanjang perjalanan kamu akan merasa seperti dibawa ke dunia lain, dunia yang berselimut pasir dan kering. Tapi ketenangan di camp Pasar Bubrah dan serunya perjuangan melawan pasir dan kerikil menuju puncak Merapi pasti tidak akan bisa terlupakan.



10. Gunung Ungaran, Jawa Tengah

Gunung Ungaran kerap dikenal sebagai "Gunung untuk pemula" karena ketinggiannya yang tidak begitu ekstrim, hanya sekitar 2050 mdpl.


Mendaki Gunung Ungaran kamu akan dimanjakan dengan suasana hijau perkebunan teh dan dinginnya udara. Jalur pendakian akan dimulai dengan jalan landai, namun berubah menjadi cukup menantang setelah trek kebun teh.

Dibutuhkan kurang lebih 4 jam untuk sampai ke puncak. Sebagai hadiah, kamu bisa melihat sunrise indah dari Tugu Banteng.



11. Kawah Ijen, Banyuwangi Jawa Timur

Kawah Gunung Ijen, di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur sangat cocok didatangi bagi kamu para pecinta alam. Jalan kaki yang harus ditempuh pengunjung berjarak tiga kilometer dari pos akhir Paltuding melalui jalan setapak yang berpasir. Tapi pemandangan yang menanti sangatlah indah.


Menariknya, Gunung Ijen pernah menghasilkan lava yang berwarna kebiruan. Ini disebabkan oleh tingginya kadar sulfur yang dihasilkan oleh kawah yang masih aktif ini.



12. Bukit Penanjakan Bromo, Jawa Timur

Lewat bukit Pananjakan kamu bisa melihat pemandangan Gunung Bromo. Tinggi bukit ini 2.770 mdpl, lebih tinggi dari Gunung Bromo yaitu 2.329 mdpl.


Menuju Pananjakan, kita harus melewati gurun pasir yang menguji kemampuan kaki. Untuk mendaki bukit Pananjakan kamu memerlukan waktu sekitar 2,5 jam dari basecamp pendakian Cemorolawang. Saat cuaca bersahabat, kita bisa mendapatkan pemandangan Matahari terbit yang sangat cantik.



13. Bukit Kars Kepulauan Wayag, Raja Ampat

Siapa sih yang nggak kenal dengan keindahan dan eksotisme Raja Ampat? Gambar-gambar indahnya raja Ampat sudah sangat sering mampir di mata kita.


Bukit Wayag, adalah bukit karst yang layak kamu daki untuk mendapatkan pemandangan indah ini. Pendakian bukit karst yang menantang hanya akan memakan waktu 15 - 20 menit, tapi medan karst yang licin bisa menyulitkanmu. Namun percayalah, pemandangan seindah ini akan membuatmu lupa akan rasa lelah di kaki dan lengan.



14. Kepulauan Seraya Kecil, Flores

Pulau kecil yang bernama Seraya Kecil ini terletak disekitar Labuan Bajo, Flores. Untuk menikmati pemandangan indah seperti di surga, kamu perlu mendaki bukit kecil di belakang Resort Seraya Island Bungalow.


Inilah yang akan kamu dapatkan. Gabungan savana, keindahan cahaya Matahari plus pemandangan pantai dan Pulau Komodo.



15. Mercusuar Pulau Lengkuas, Belitung

Lewat mercusuar di Pulau Lengkuas seperti gambar dibawah ini, kamu bisa mendapatkan pemandangan 3 pulau kecil di sebelah barat Tanjung Kelayan, Kepulauan Belitung.


Dari mercusuar yang sudah tidak digunakan ini, kamu bisa menikmati indahnya bebatuan dan jernihnya air laut dari ketinggian. Duh, disuruh daki 1000 anak tangga juga rela deh kalau kayak gini pemandangannya.



16. Gardu Pandang Pulau Rambut, Kepuluan Seribu, Jakarta

Pulau Rambut sebenarnya bukan didesain sebagai tujuan wisata. Melainkan cagar alam bagi burung-burung liar. Berjarak 30 menit dari Jakarta dengan menggunakan kapal nelayan sewaan, di Pulau Rambut kamu bisa menemukan berbagai spesies burung.


Diperkirakan ada sekitar 20.000 - 50.000 burung tinggal di pulau ini. Mendaki gardu pandang Pulau Rambut seakan terbayar dengan keindahan dan kicauan burung. Tapi tetap ingat ya, lokasi ini adalah cagar alam. Jadi jangan rusak habitat burung-burung itu.



17. Grojogan Sewu, Karanganyar, Jawa Tengah

Objek wisata Tawangmangu terkenal dengan air mancurnya yang sejuk. Untuk mencapai tempat ini kamu perlu mendaki anak tangga yang cukup terjal dan tinggi.


Tapi semua akan terbayar dengan kesegaran air dari mata air alami. Dan dinginnya suasana pegunungan di kaki Gunung Lawu. Jangan khawatir kelaparan, banyak pedagang yang siap menjajakan dagangan mereka sebagai pengganjal perut. Jangan lupa juga nikmati sate kelinci khas Tawangmangu.



18. Mendaki Puncak Borobudur

Adalah suatu keharusan bagi kamu yang baru pertama kali ke Borobudur untuk mendaki candi ini hingga ke puncak. Dalam perjalanan menuju puncak kamu akan melewati tiga masa dalam kepercayaan Budha.


Kamandhatu (masa penuh nafsu di dunia), Rupadhatu (dunia yang sudah bebas hawa nafsu) dan Arupadhatu (dunia para dewa). Di puncak Borobudur kamu bisa melihat pemandangan Matahari terbit dan Matahari terbenam yang indah. Kebayang dong gimana magisnya suasana Matahari terbenam plus arca-arca raksasa di sekitarmu.



19. Gunung Sikunir, Dieng, Jawa Tengah

Gunung Sikunir punya ketinggian 2.350 meter diatas permukaan laut. Disini, kamu bisa menikmati indahnya suasana Matahari terbit plus sensasi dingin angin dataran tinggi Dieng.


Tidak perlu khawatir bersusah payah untuk sampai ke puncaknya. Karena puncak Gunung Sikunir hanya berjarak 8 km dari Dieng. Untuk mencapai puncak gunung ini kamu bisa berjalan kaki dari Dieng sekitar pukul 03.30 dini hari. Selain menyambut Matahari terbit, Gunung Sindoro juga bisa kamu lihat dari puncak Sikunir.



20. Makam Imogiri, Bantul, Yogyakarta

Makam raja-raja Mataram ini memiliki anak tangga yang saaangaaat banyak. Konon jumlahnya bisa mencapai 409 anak tangga.


Di Makam Imogiri kamu bisa menjadi saksi mata perkembangan kebudayaan Jawa - Mataram yang kental dengan percampuran antara budaya Jawa dan Bali.


Sumber :
Posted by yoga dwibarata

1 comments:

Anonymous said...

blitz brigade free hack

Мy blog - blitz brigade hacks - www.facebook.com -

Post a Comment