5 Gunung yang Disakralkan di Beberapa Negara di Dunia

Gunung merupakan salah satu keindahan alam yang disakralkan di beberapa negara di dunia. Hal ini dikarenakan bentuk gunung yang menjulang tinggi yang hampir menyentuh langit, sehingga gunung menjadi salah satu lokasi yang dikeramatkan oleh beberapa negara.

Gunung memiliki keindahan tersendiri yang sering dijadikan tempat wisata bagi beberapa orang yang sangat menyukai ketinggian. Gunung bisa menjadi tantangan bagi beberapa orang yang suka tantangan untuk mendaki hingga ke puncak gunung.

Tapi, meskipun begitu tetap saja beberapa negara ini menjadikan gunung sebagai tempat keramat. Selain itu, ada beberapa gunung yang juga ditakuti oleh orang-orang karena misteri yang meliputinya.

Nah, mau tahu negara mana saja yang mensakralkan gunung? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.


1. Gunung Taranaki, Selandia Baru


Di Selandia Baru juga terdapat sebuah gunung yang disakralkan oleh penduduk setempat. Gunung yang bernama Taranaki ini merupakan gunung yang paling terkenal di Selandia Baru, karena itu gunung ini disakralkan oleh suku Maori. Gunung ini memiliki tinggi sekitar 2.518 meter. Gunung ini juga sangat berperan penting dalam kehidupan suku Maori.



2. Gunung Kailash, Tibet


Gunung Kailash yang terletak di Tibet ini merupakan gunung tertinggi di dunia yang tidak pernah di daki oleh orang-orang. Tinggi gunung ini sekitar 6.638 meter yang merupakan sumber air utama bagai sungai-sungai besar di Tibet, Nepal, dan India. Jika kita mengitari area kaki gunung sejauh puluhan kilometer maka akan dianggap dapat menghapus dosa seumur hidup.



3. Gunung Fuji, Jepang


Gunung Fuji merupakan gunung tertinggi di Jepang. Gunung ini mulai disakralkan karena puncak gunung ini diselimuti oleh salju. Saking sakralnya gunung ini tidak boleh didaki oleh sembarangan orang. Wanita juga tidak boleh mendaki gunung fuji ini.



4. Gunung Agung, Bali


Gunung Agung ini merupakan gunung tertinggi di Bali yang juga disakralkan oleh warga Bali. Gunung ini merupakan gunung berapi yang terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Menurut warga setempat Gunung ini memiliki kawah luas dan dalam, yang dikatakan sebagai tempat tinggal para dewa. Oleh karena itu, gunung ini disakralkan oleh warga setempat.



5. Gunung Salak, Indonesia


Gunung yang letaknya di selatan Jakarta ini juga menjadi gunung yang disakralkan di Indonesia. Gunung Salak ini dianggap sebagai gunug misterius dan disakralkan, karena gunung ini sebagai gunung maut yang harus dihindari oleh pesawat. Perubahan cuaca di daerah gunung ini membuat banyak masalah dalam penerbangan saat melintas di sana.


Sumber :
Posted by yoga dwibarata

0 comments:

Post a Comment