Wah, Inilah Drummer Bertangan Robot Pertama

Di era 80 dan 90-an jagad musik rock punya drummer inspiratif. Rick Allen dari grup Def Leppard kala itu merupakan satu-satunya drummer bertangan satu. Sebuah kecelakaan mengakibatkan satu tangannya harus diamputasi.

Tapi Rick tidak menyerah, dengan dukungan teman-teman di grupnya, ia bisa tetap jadi penggebuk drum yang atraktif. Keunikan ini sontak membuat nama Def Leppard makin berkibar.

 


Lain dulu lain sekarang. Bila masa tersebut tehnologi masih bermimpi soal lengan bionic,  maka jaman sekarang  bagian tubuh robot (cyborg) sudah diaplikasikan secara nyata.

Peristiwa kecelakaan yang nyaris serupa dengan pengalaman Rick Allen juga menimpa Jason Barnes. Mimpinya  untuk menjadi seorang drummer pun kandas seketika.

Walau begitu, Barnes lantas tidak kehilangan akal. Bersama dengan professor Gil Weinberg dari Institut Teknologi Georgia, ia pun membuat sebuah prostetik robot guna membantu ia untuk bermain drum. Dikutip dari The Verge, perangkat tersebut bekerja melalui proses yang dinamakan electromyography. Artinya, perangkat tersebut dapat bekerja sesuai dengan arahan dari Barnes melalui sinyal elektrik yang dihasilkan oleh otot lengan atas kanannya.

 


Selanjutnya, untuk dapat menggerakkan lengannya, Barnes pun harus menegangkan otot lengannya guna menggerakan motor kecil di prostetik yang mana akan menggerakkan stik drum. Perangkat tersebut juga memberikan Barnes kemampuan bermain drum yang luar biasa melebihi kemampuan bermain drum pada umumnya. Ia bahkan dapat menggenggam dua stik drum sekaligus. Stik pertama bekerja sesuai arahan, stik kedua berimprovisasi.

Dengan kemampuan tersebut, Barnes mampu memainkan sebuah ketukan musik jazz dengan lihai. Tak hanya itu, sebuah chip pun disematkan ke dalam prostetik robot tersebut. Chip tersebut berfungsi untuk memberikan perintah memainkan dua buah stik dengan tempo yang berbeda-beda.

 


“Sangat menarik melihat ia (Barnes) bermain drum dan berimprovisasi dengan lengan yang tidak sepenuhnya ia kendalikan,” ujar Weinberg.

Barnes rencananya akan bermain perdana dengan prostetik robot tersebut dalam ajang Atlanta Science Festival yang berlangsung pada 22 Maret 2014 mendatang.

“Aku pasti akan membuat iri para drummer metal dengan apa yang akan aku lakukan nanti,” ujar Barnes.










Foto:
media
gizmag
Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment