Apakah Saya Introvert? Lihat Ciri-Ciri ini

Orang dengan kepribadian ekstrovert sangat bersemangat dalam segala hal yang hiruk-pikuk. Sebaliknya introvert cenderung lebih suka menikmati secangkir teh di rumah. Itu mungkin ciri termudah membedakan kepribadian terbuka dan tertutup.

 Orang yang introvert biasanya lebih banyak menghabiskan waktu sendirian. Tak ada yang salah dengan menjadi seorang yang introvert. Tapi satu hal terburuk yang dipikirkan orang lain adalah, orang introvert cenderung pemalu dan dianggap tidak ramah. Padahal, mungkin memang memilih waktu untuk sendirian dan bahagia dengan keadaan itu.
 



Hal-hal apa sajakah yang mencirikan kepribadian introvert?

1. Betah di rumah

Introvert lebih suka tinggal di rumah daripada pergi keluar dengan teman-teman. Ketika mereka pergi ke pesta, mereka biasanya punya waktu, tetapi mereka lebih suka berada di rumah. Hampir setiap introver adalah orang rumahan. Jika kamu adalah orang yang harus diseret keluar oleh teman kamu pada setiap akhir pekan, kamu mungkin benar introvert. Membaca buku yang bagus atau menonton film favorit jauh lebih baik bagi kamu daripada pergi keluar dan bersenang-senang.



2. Mencintai ketenangan
Jika kamu menyukai dan menikmati ketenangan, ini adalah tanda lain bahwa kamu adalah seorang introvert. Semua orang dapat menikmati ketenangan, baik ekstrovert atau introvert, tapi introvert menikmatinya dengan cara yang tidak biasa. Mereka mendambakan ketenangan karena memberikan energi buat mereka, meningkatkan suasana hati mereka, dan membuat mereka merasa senang dan siap untuk menghadapi situasi apa pun.


3. Keramaian bikin stres

Jika situasi sosial biasanya membuat kamu stres, kamu mungkin benar introvert. Banyak introvert yang bisa berpura-pura senang bergaul ketika dirasa perlu, tetapi mereka merasa tidak nyaman dan mencari cara untuk menghabiskan waktu sendirian. Mereka merasa lega ketika mereka sudah mendapatkan situasi sosial dan berada di dunia kecil mereka lagi.


4. Pesta kejutan bukan untuk kamu

Untuk seorang introvert, pesta kejutan hanyalah akhir dunia. Mereka tidak suka menjadi pusat perhatian dan mereka membenci semua ribut-ribut yang dibuat untuknya. Tentu saja, mereka menghargai sikap itu, tapi pesta kejutan ini bukan untuk mereka. Sebuah perayaan yang tenang dan sederhana dengan beberapa teman dekat atau keluarga sudah cukup bagi mereka.


5. Butuh pemulihan setelah acara

Jika acara kumpul-kumpul di keramaian menjadi sumber energi bagi eksprovert, maka acara itu menguras energi bagi inrovert. Jika kamu membutuhkan waktu pemulihan setelah acara sosial bahkan untuk kembali ke diri sendiri dan merasa normal lagi, kamu adalah seorang pendiam sejati. Kamu mungkin ingin menemukan cara untuk menghabiskan waktu sendirian dan mendengar pikiran kamu lagi. Ini tidak buruk. Menjadi seorang ekstrovert atau introvert adalah tipe kepribadian yang dapat diterima.


6. Berinteraksi dengan individu


Introvert selalu lebih memilih untuk berinteraksi dengan orang per orang dan mencoba menghindari sekelompok orang. Mereka merasa nyaman dan menikmati obrolan ketika mereka berkomunikasi dengan satu atau dua orang. Jika kamu seorang introvert, sekelompok besar orang dapat membuat kamu seperti terlempar keluar. Jika diberi pilihan, kamu akan bergabung dengan grup kecil, bukan sebuah pertemuan besar.


7. Memiliki beberapa teman

Setiap orang membutuhkan teman, tak terkecuali orang yang introvert. Tapi introvert lebih memfokuskan pada kualitas teman-teman mereka daripada kuantitas. Mereka tidak peduli berapa banyak persahabatan yang mereka miliki. Introvert memilih teman-teman mereka secara bijaksana dan ketika mereka menemukan mereka, mereka mengabdikan diri untuk persahabatan mereka.





















Sumber:
indonesiana
Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment