9 Pantai Berpasir Hitam nan Eksotis

Mengapa lagu-lagu pop Indonesia lebih sering memilih pasir putih dalam syairnya, apakah karena terdengar lebih romantis? Atau sebagai bukti negara kepulauan ini memang populer dengan pantai berpasir putih?

Pertanyaan saya mungkin terlalu mengada-ada. Itu kan hak penyair memilih frasa yang terdengar indah. Tapi mengapa tidak pasir pink di Flores, kan lebih mewakili warna cinta? Atau pasir hitam, jadi sangat eksotis.

Ya sudah, kita lihat daftar 9 pantai di dunia berpasir hitam yang sangat indah. Tiga di antaranya ada di Indonesia, loh. Buat musisi atau anak band, semoga setelah membaca daftar ini bakal terinspirasi membuat lagu tentangnya.



1. Punaluu, Hawaii

Punaluu adalah sebuah pantai terletak di Big Island, Hawaii. Pantai ini terkenal karena pasirnya yang berwarna hitam pekat, yang diciptakan oleh lava dari gunung berapi yang mengalir ke laut dan kemudian mengalami pendinginan. Menariknya, pengunjung tidak diperbolehkan membawa pulang pasir pantai ini, karena itu dianggap ilegal.


2. Waianapanapa, Maui

Waianapanapa Beach adalah sebuah pantai berpasir hitam yang dibentuk oleh ombak yang menabrak batu vulkanik selama puluhan tahun lamanya. Di pantai ini, kamu dapat menemukan beberapa situs indah yang patut untuk dikunjungi. kamu juga dapat melihat dan masuk ke gua-gua laut dan jembatan yang terbuat dari batuan alam. Pada musim dingin, ombak menjadi sangat tinggi, sehingga berenang, berselancar, menyelam dan semua kegiatan di pantai akan menjadi sangat berbahaya. Ketika ombak tenang, kamu dapat bermain kayak, berenang, dan menyelam.


3. Lost Coast, California

Lost Coast adalah sebuah pantai yang terletak di California dan membentang sekitar 80 mil. Meskipun kamu sebetulnya dapat berenang di pantai ini, kebanyakan orang tidak melakukannya. Mengapa? Karena menurut mereka, ini bukan pantai yang menarik untuk dikunjungi, kecuali jika kamu ingin mendaki di sepanjang pantai dan berhenti untuk mengambil gambar dan semacamnya.


4. Kaimu Beach, Hawaii

Kaimu, meskipun agak berbahaya, merupakan pantai berpasir hitam yang patut untuk dikunjungi. Selama tahun 1990-an, pantai ini sempat ditutupi karena terkena dampak dari lava. Baru-baru ini, mereka yang tinggal di dekat pantai mulai menanam pohon dan bunga untuk kembali menghidupkan panorama pantai. Pakis, pohon-pohon palem, dan tanaman lainnya juga terlihat muncul dari celah-celah pada lava. Namun, kamu tidak disarankan untuk berenang di pantai ini, karena arus yang terlalu kuat.


5. Kehena, Hawaii

Jika kamu berencana untuk pergi berlibur, ini bukan lah tempat yang asyik untuk rekreasi keluarga, terutama jika kamu sudah mempunyai anak. Di pantai ini, kamu dapat melihat lumba-lumba yang membuatnya terkadang dijuluki Dolphin Beach. kamu bahkan bisa berenang bersama lumba-lumba itu, jika cuacan saat itu tidak terlalu buruk. Kebanyakan orang yang pergi ke Kehena hanya ingin duduk di pasir, menikmati cuaca dan air.


6. Pantai Vik, Islandia

Pantai Vik berlokasi di sebuah desa kecil yang terletak di bagian selatan Islandia. Meskipun kamu mungkin berpikir Islandia bukan tempat tercantik di bumi untuk menikmati lanskap pantai, Pantai Vik pernah dinominasikan sebagai salah satu pantai yang paling indah di bumi pada tahun 1991. Vik juga merupakan desa terbasah di Islandia.



7. Pantai Purwahamba Indah, Tegal

Pantai Purwahamba Indah ini memiliki pasir hitam yang halus. Tak percaya?, bukalah alas kaki  dan rasakan sendiri sensasinya. Kontur pantai yang landai juga menambah kenyamanan saat kamu menghabiskan waktu di tepian pantainya.
Kamu bisa merebahkan diri di atas pasir sambil menikmati lautan luas di depan mata. Ombaknya pun cukup tenang, sehingga memberikan rasa nyaman. Pantai Purwahamba Indah ini memang menjadi pilihan yang yang tepat untuk beristirahat sekaligus berwisata di Tegal.
Bagaimana cara ke sana? untuk menuju ke pantai ini caranya cukup mudah karena letaknya cukup strategis dan berada di jalur Tegal-Pemalang atau jalur pantura (pantai utara). Bagi kamu yang melintasi jalur tersebut, pantai ini persis terletak di pinggir jalan.
Di Tegal ini ada dua pantai yang dapat dikunjungi, yaitu Pantai Alam Indah dan Pantai Purwahamba Indah. Bedanya, pasir hitam di Purwahamba Indah lebih halus dari pasir hitam di Pantai Alam Indah. Bagi kamu pecinta pantai, tempat ini wajib untuk didatangi.


8.Pantai Lembeng, Bali

Bali tak mau kalah dengan dua pantai di atas yang memiliki pantai pasir hitam. Adalah pantai Lembeng yang terletak Desa Lembeng,  Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali yang juga mempunyai pasir yang berwarna hitam.

Pasirnya yang hitam dengan gelombang yang cukup tinggi membuat pikiran kamu tenang dari berbagai problematika hidup yang membelit. Keadaannya yang masih asri dan alami membuat privasi kamu benar-benar akan terjaga. Pantai ini sangat penting  apabila dimasukkan dalam daftar lokasi yang mesti dikunjungi di Bali karena disini kamu bisa melakukan beberapa kegiatan seperti memancing, bersantai, surfing, berjemur, menikmati sunset.
Ingin ke sana? kamu harus mengabiskan waktu kurang lebih 50 menit perjalanan untuk sampai ke Pantai Lembeng dari Bandara Ngurah Rai dan kira-kira 30 menit dari Kota Denpasar bila menggunakan kendaraan bermotor.



9.Pantai Anoe Itam, Aceh

Di bawah naungan pohon-pohon dipinggiran bibir pantai, Pantai Anoe Itam siap menawarkan rasa kenyamanan yang tiada taranya. Pantai ini adalah satu-satunya pantai berpasir hitam di Aceh. Dengan bentuknya yang landai pantai seperti ini tidak cocok untuk penikmat selancar (surfer), melainkan cocok bagi yang ingin bersantai-santai saja bersama teman-teman atau keluarga. Tetapi jika kamu suka snorkling, layaknya dicoba melakukan aktivitas itu disini. Air lautnya cukup jernih dan karang-karangnya banyak didiami oleh beraneka ragam jenis ikan.
Bagaimana caranya ke sana? Pantai Anoe Itam (pasir hitam) ini tidak begitu jauh dari pusat kota Sabang. Dengan melewati jalan yang berkelok-kelok dengan pemandangan perbukitan dan bertanya kepada penduduk sekitar apabila takut tersesat mungkin pilihan yang bijak.
Sebelum sampai ke pantai,  disebelah sisi kanan kamu akan menjumpai salah satu peninggalan sejarah, yaitu (bungker) Jepang. ada baiknya kamu berkunjung ke benteng Jepang ini, karena dari atas benteng sana pemandangan sungguh luar biasa dan termasuk melihat gumpalan pasir hitam disebelah sisi laut. Selain itu, kamu juga bisa menemukan meriam peninggalan Jepang dan berbagai bilik-bilik benteng yang sengaja dibuat pada masa itu


Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment