6 Cara Mencegah Kram dan Tipsnya

Kram pada bagian tubuh tertentu seringkali mengganggu aktivitas. Pada beberapa kasus bisa mengancam nyawa, misalnya saat mengemudi kendaraan, atau berenang. Karena itu selalu dianjurkan melakukan pemanasan sebelum menceburkan diri ke air.
 



Bagaimana bila kram terjadi, apa yang harus dilakukan? Dan hal-hal apa patut diperhatikan guna mencegahnya?

 
1. Kebanyakan kram muncul pada kaki. Bila ini terjadi, lemaskan secara perlahan lalu pijit otot yang mengalami kram secara lembut dengan tangan.
 


 2. Bergeraklah, olah raga. Jangan malas melatih tubuh setiap hari. Olah raga 5, 10, atau 15 menit lebih baik daripada tidak sama sekali. Lalu gunakan waktu lebih banyak di hari libur. Bersepeda atau jogging, bahkan jalan kaki bisa jadi pilihan yang murah dan menyehatkan.

3. Kadangkala aktivitas olah raga terlalu berat malah menimbulkan kram. Maka dianjurkan selalu melakukan pemanasan sebelum masuk ke sesi inti. Kalaupun Anda termasuk orang yang sering kram sebaiknya siapkan es batu untuk mengkompres.


4. Untuk kaum wanita, biasanya kram terjadi setelah memakai sepatu high heel. Sepatu jenis ini memang rentan  menyebabkan otot betis mudah tegang. Karena itu perhatikan jenis high heel yang cepat menyiksa kaki, pilih yang lebih aman, atau kalau bisa hindari high heel.

 






5. Kram juga dapat terjadi kalau salah memilih sepatu. Maka pastikan memilih sepatu yang memberikan dukungan kepada lengkungan kaki Anda. Jangan segan-segan mencoba ketika membeli sepatu. Bagi yang suka belanja online, sebaiknya Anda sudah yakin dengan sepatu pilihan, minimal pernah mencobanya. Jangan mudah tergiur dengan model dan harga murah.
 

6. Yang paling penting, jaga tubuh dari dehidrasi. Pastikan asupan air yang masuk tubuh setiap hari  untuk menjaga kebutuhan cairan pada jumlah yang tepat, dan mencegah dehidrasi otot yang dapat menyebabkan kram.







Sumber:
worldfactualy
healthmeup
Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment