5 Model Motor Eco-Futuristic

Sepeda motor masa depan tidak selalu harus memiliki desain futuristik, dan memiliki teknologi yang canggih. Sebaliknya sepeda motor di masa depan harus memiliki bentuk yang sederhana dan tepat guna.

Bumi semakin menua dengan alam yang semakin ringkih akibat polusi industri manusia, maka dibutuhkan sepeda motor yang ramah lingkungan. Berikut rangkuman 5 model motor eco-futuristic:

1. Ryno


Sepeda motor dengan roda tunggal ini menggunakan energi listrik untuk menggerakkan mesinnya. Teknik pengendalian dan mengendarainya dilakukan secara geometris, sementara kecepatan dan rem diatur menggunakan accelerometer dan gyros.

Sepeda motor yang memiliki desain futuristik ini mulai diluncurkan secara komersial pada 2013, dengan bandrol USD 4,500 atau sekitar Rp 51 juta. Ryno memiliki kecepatan maksimal 32 km/jam, kapasitas baterai lithium yang cukup untuk berkendara hingga jarak 32 kilometer.



2. BRP Can-Am Spyder RS-S


Sepeda motor canggih dan futuristik yang masuk kedalam kategori tricycle, dibuat oleh perusahaan mobil salju, Ski-Doo. BRP Can-Am memiliki sepasang roda di bagian depan, secara keseluruhan desainnya menyerupai kendaraan salju.

Meski demikian, Can-Am diluncurkan untuk menjelajahi jalanan aspal dan tanah. BRP Can-Am meiliki suspensi Fox Racing yang cocok untuk sistem pengereman ABS.

Untuk kenyamanan dan keseimbangan, BRP Can-Am dilengkapi power steering dan sistem kendali komputerisasi. Ber-cc cukup besar, 998 C dengan mesin rotax V-Twin bertenaga 106 PK. Di Kanada BRP Can-Am Spyder RS-S dibanderol Rp 189 juta.



3. Uno Cycle


Uno Cycle merupakan impian Ben Gulak yang menjadi kenyataan. Ketika berusia 16 tahun, Ben mengunjungi China yang saat itu mengalami bencana asap. Ia memimpikan untuk membuat sepeda motor yang ramah lingkungan.

Untuk mewujudkan cita-cita sejak sekolah menengah atas Ben telah merancang sepeda motor versinya itu. Baru pada 2008, ketika mengikuti International Science Fair, Ben memperkenalkan Uno Cycle.

Berbeda dengan sepeda roda tunggal, Uno memiliki dua roda yang dipasang berdampingan. Uno kemudian dipamerkan juga di Toronto Spring Motorcycle Show 2008.



4. Peraves Monotracer MTE-150


Bangsa Swiss tidak hanya pandai mengolah cokelat dan kue lainnya, ternyata mereka pun memiliki gairah yang tinggi di bidang otomotif. Dibuktikan dengan kehadiran Monotracer, sepeda motor yang diproduksi oleh Peraves. Perusahaan sepeda motor Swiss, kali pertama mengeluarkan sepeda motor kabin pada 1982 dengan nama Ecomobile.

Dilanjutkan dengan Monotracer edisi perdana pada 2007, hingga akhirnya di tahun yang sama lehir generasi selanjutnya yang lebih rama lingkungan. Monotracer menggunakan energi listrik, memiliki 4 silinder adaptasi dari sepeda motor BMW, dengan kecepatan konstan 88 km/jam.

Sepeda motor yang sepintas terlihat seperti mobil ini, memiliki bodi berbahan dasar carbon dan kevlar monocoque, sehingga lebih ringan dan aerodinamis.



5. Campagna T-Rex 14RR


Motor futuristik ini berasal dari pabrikan Kanada, meski menggunakan mesin Kawasaki, Jepang. Campagna T-Rex 14RR merupakan tricycle yang memiliki mesin 4 silinder dengan 197 tenaga kuda. Akselerasinya cukup cepat, mampu mencapai 96 km/jam dalam 3,9 detik. Sesuai namanya, T-Rex, Campagna memiliki tampilan garang.

Berkapasitas dua penumpang, memiliki sabuk pengaman, dengan kursi yang bisa diatur jarak dan sudutnya, sesuai kenyamanan penumpangnya.


Sumber :
kaskus
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment