Fenomena Hidrologi, Pertemuan Dua Aliran Sungai Ini Tak Pernah Bersatu

Di pinggiran kota Wagrowiec, Polandia, dua sungai Welna dan Nielba saling berpotongan hampir tegak lurus, satu sama lain.


Uniknya, bahkan hampir mustahil, kedua arus sungai tetap independen dan nyaris tidak membaur atau bercampur satu sama lain. Saat kedua air sungai bertemu satu sama lain, air mereka memulai gerakan memutar seperti whirlpool namun kemudian terus mengalir keluar ke dasar sungai mereka masing-masing yang terpisah.

Persimpangan atau perpotongan ini diciptakan secara artifisial pada tahun 1830 selama pekerjaan rekayasa pengairan. Keunikan tersebut hanya dapat terjadi pada daerah yang datar, dan level air tidak bisa turun terlalu rendah.


Bifurkasi - sebuah fenomena hidrografi yang unik - perpotongan Sungai Nielba dan Welna adalah satu-satunya kejadian seperti itu di Eropa dan salah satu dari hanya dua yang ada di dunia.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pencampuran kedua arus sungai pada perpotongan itu hanya 10% . Hal ini telah ditetapkan dengan menganalisis air bagi beberapa mahluk hidup yang menghuni di dua sungai tersebut.

Perbedaan mahluk hidup di dua sungai itu tetap ditemukan atau tetap ada setelah perpotongan sungai tersebut. Sekitar 2,4 km ke hilir, sungai Nielba akhirnya mengalir ke sungai Welna di dekat danau Lęgowskie.


Wagrowiec terletak di tengah-tengah wilayah Pałuki yang bersejarah dalam hal daerah yang kaya akan konten hidrologi. Sungai Welna adalah unsur yang paling menonjol dari jaringan hidrografi di sekitar Wagrowiec. Pada abad ke-19, pemerintah kota memutuskan untuk mengatur perairan Welma untuk keperluan irigasi.









Sumber :
versesofuniverse
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment