Agar Olahraga Bisa Maksimal, Cobalah Putar Genre Lagu Ini

Agar kita bisa berolahraga dengan maksimal, selain suasana yang mendukung, musik yang kita dengar pun bisa berpengaruh lho. Sebab, jika musik yang didengarkan tidak tepat, itu justru bisa berbahaya pada kegiatan olahraga kita.


Penelitian 'Music in Exercise and Sport Group at Brunel and Spotify' yang dilakukan psikolog olahraga dr Costas Karageorghis menganalisis hampir lebih dari 6,5 juta playlist yang didengar saat seseorang berolahraga. Tim peneliti membandingkan trek denyut per menit (bpm) saat peserta penelitian melakukan olahraga tertentu.

Kemudian, mereka mencocokkan bpm rata-rata genre musik dengan bpm rata-rata aktivitas olahraga seperti jogging dan lari. Nah, para peneliti menemukan bahwa musik rap adalah genre terbaik untuk gerakan olahraga inti. Saat pemanasan dan pendinginan, musik yang sebaiknya diputar adalah genre pop.

Di penelitian sebelumnya, dr Costas juga menemukan bahwa memutar musik saat olahraga bisa membantu meningkatkan motivasi sehingga Anda berpikiran positif ketika berolahraga. Kemudian, intensitas serta semangat latihan juga jadi lebih tinggi.

"Ini berarti bahwa pada saat tubuh mengatakan stop, musik memiliki kekuatan untuk memperbaiki suasana hati yang diisyaratkan melalui tubuh, sehingga Anda tetap akan berolahraga," papar dr Costas seperti dilansirSydney Morning Herald.

Sementara itu, personal trainee dan pendiri Urban Fitness Solution, Stanley Sithole, mengakui jika pilihan musik saat olahraga tergantung dari selera masing-masing orang. Namun, ada beberapa genre musik yang memang bisa memaksimalkan latihan Anda.

"Mengapa rap atau hip hop baik untuk berolahraga karena liriknya yang bisa jadi motivator. Sedangkan pada musik pop, meskipun tidak terlalu banyak lirik tapi beat-nya cenderung membuat orang bersemangat dan rileks," kata Sithole.


Sumber :
detik
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment