10 Museum Dinosaurus Paling Keren di Dunia

Masih ingat film Jurassic Park yang terkenal di era 90-an? Kini Anda tak hanya bisa melihat kegagahan dinosaurus dalam film tersebut. Tapi juga melihat langsung di 10 museum dinosaurus paling keren di dunia.

Saat ini dinosaurus memang telah punah. Namun, keberadaannya selalu mengundang penasaran banyak orang. Sebuah film fiksi bertema kehidupan liar hewan purba ini pun dibuat.

Namun kini, untuk mengetahui keberadaannya, Anda tak hanya bisa melihat lewat layar kaca. Sudah ada banyak museum bertemakan dinosaurus di berbagai belahan dunia. Di dalamnya, turis bisa melihat banyak rangka hewan purba ini ditampilkan.

1. Museum fuer Naturkunde, Berlin, Jerman


Saat ke Berlin, jangan cuma singgah ke Tembok Berlin. Cobalah sekali-kali mampir ke Museum fuer Naturkunde di Invalidenstrasse 43, Berlin. Ini adalah museum sains yang mengoleksi banyak rangka hewan.

Sebagian besar rangka digali dari Tanzania di abad ke-20. Yang paling mengesankan adalah rangka brachiosaurus setinggi 12 meter. Ini adalah rangka yang memegang rekor Guinness World Record dan mendominasi pandangan di ruangan galeri.

Tak hanya itu, Museum fuer Naturkunde juga menampilkan fosil burung archeopteryx. Jadi, datang ke sana, turis juga akan diberi tahu hubungan antara burung dan dinosaurus.



2. Field Museum, Chicago, AS


Museum dinosaurus terkeren kedua di dunia adalah Field Museum di Chicago, AS. Pameran museum yang bertema perkembangan planet didedikasikan untuk 4 miliar tahun evolusi dinosaurus, seperti di Madagaskar dan Antartika.

Daya tarik utama museum ini sudah terlihat dari pintu masuk. Anda akan menemukan Sue, tyrannosaurus terbesar di dunia. Inilah spesimen terkeren yang ada di museum.

Berapa tidak, Sue hadir dengan tengkorak asli seberat 272 kg, lengkap dengan 58 gigi. Jika penasaran dengan keberadaannya, turis bisa datang langsung ke museum yang berada di S Lake Shore Drive, Chicago, AS.



3. Royal Belgian Institute of Natural Science, Brussels, Belgia


Museum dinosaurus keren lainnya adalah Royal Belgian Institute of Natural Science di Brussels, Belgia. Sama seperti museum lain, tempat ini memiliki rangka raksasa dinosaurus.

Ada sekitar 30 iguanodons, dinosaurus yang diklasifikasikan pada tahun 1800-an. Hewan ini memiliki spike atau tanduk aneh di tubuhnya. Anda bisa melihatnya langsung di Rue Vautier 19, Brussel.



4. National Dinosaur Museum, Canberra, Australia


Australia ternyata juga memiliki museum dinosaurus yang keren di dunia. Tak sekadar mempelajari hewan zaman purba, museum ini juga disebut sebagai tempatnya mengetahui sejarah Australia.

Berada di Gold Creek Road dan Barton Highway, Nicholls, ACT 2913, National Dinosaur Museum menjadi tempat koleksi fosil dinosaurus terbesar di Canberra. Selain mengoleksi fosil dan jejak kaki, museum ini juga memiliki taman dengan patung dinosaurus.

Lebih asyik lagi, museum ini punya tur seru untuk pengunjung cilik, yaitu berupa pekan wisata gratis. Anda bisa mengajak sang buah hati mengenal dinosaurus, sambil bermain seperti penggalian fosil.



5. Royal Tyrell Museum of Paleontology, Alberta, Kanada


Berada di 1500 North Dinosaur Trail, Canadian Badlands, Royal Tyrell Museum of Palentology menjadi rumahnya bagi lebih 130.000 fosil dinosaurus, termasuk kerangka tyrannosaurus.

Tak hanya tyrannosaurus, museum ini juga menampilkan model harimau dengan taring tajam yang sedang menyerang mammoth. Anda pun seakan dibawa ke zaman prasejarah.

Nah, untuk wisatawan yang tertarik melihat bagaimana paleontolog bekerja, ada laboratorium di bisa Anda kunjungi. Di sana, turis bisa melihat bagaimana para ahli mengidentifikasi fosil



6. Wyoming Dinosaur Center, Wyoming, AS


Museum ini menampilkan satwa purba Supersaurus sepanjang 32 meter. Ini adalah salah satu dinosaurus terpanjang di dunia. Tak hanya itu, museum yang ada di 110 Carter Ranch Road juga mengoleksi archaeopteryx, rangka triceratops, stegosaurus, dan velociraptor.

Sama seperti National Dinosaur Museum, Canberra, Australia, museum ini juga memiliki paket wisata. Paket tersebut berupa acara menggali fosil.



7. Zigong Dinosaur Museum, Zigong, China


Museum lain yang juga menampilkan kehidupan zaman prasejarah adalah Zigong Dinosaur Museum di China. Atraksi wisata di China ini memiliki 18 rangka hewan purba yang lengkap.

Yang membuat museum ini menarik adalah museum ini berdiri di atas lokasi penggalian fosil dinosaurus di China. Jadi, pengunjung yang datang bisa langsung melihat seperti apa lokasi penggalian fosil.



8. Iziko Museum, Cape Town, Afrika Selatan


Iziko Museum di Jalan Queen Victoria adalah lokasi yang tepat untuk Anda mengetahui dinosaurus asli Afrika Selatan. Anda bisa melihat T rex dalam ukuran raksasa.

Meski bukan fosil asli, kebesaran rangka T rex ini pasti membuat siapa saja merasa ngeri begitu melihatnya. Salah satu jenis T rex yang bisa pengunjung lihat adalah Carcharodontosaurus.



9. Jurassic Land, Istanbul, Turki


Berada di Kocatepe Mah, Istanbul, Turski, Jurassic Land resmi dibuka pada tahun 2011. Jangan berpikir ini seperti taman Jurassic yang ada di film Jurassic Park.

Tempat ini tidak menampilkan hewan dinosaurus yang sesungguhnya, tapi hanya fosil, sama seperti museum lainnya. Selain itu, Jurassis Land juga memiliki animatronik atau robot yang dibuat mirip dinosaurus, untuk menghibur pengunjung yang datang.



10. Fernbank Museum of Natural History, Atlanta


Museum dinosaurus terakhir yang bisa Anda kunjungi adalah Fernbank Museum of Natural History, Atlanta. Museum ini memiliki salah satu rangka karnivora purba raksasa, yaitu Argentinosaurus.

Kehadiran Argentinosaurus bisa Anda lihat di ruang pameran Mesozoikum. Tak hanya itu, di dalam ruangan tersebut juga terdapat Gigantosaurus yang besarnya menyaingi T rex.

Jika bosan melihat rangka, cobalah berkeliling museum. Anda bisa melihat zaman prasejarah Georgia lewat mural dan model dinosaurus.


Sumber :
detik
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment