Nokia Mengalah pada Android?

Sejatinya, Microsoft yang akan mengakuisisi Nokia seharusnya menyematkan Windows Mobile pada semua produksi smartphone asal Finlandia itu. Nyatanya Android terlalu berjaya di dunia, dan apa yang terjadi bila Nokia akhirnya menggunakan produk Robot Hijau?

Memang belum ada suara resmi dari pihak Microsoft apakah akan terus dengan rencana semula, atau apakah Nokia merilis ponsel Android sebelum kesepakatan dengan produk milik Bill Gates ini terjadi. 

Foto: chip.co.id

Yang pasti dikutip dari The Verge, ponsel Android keluaran Nokia ini disebut Normandy, dan mendukung aplikasi Android seperti Skype dan aplikasi populer lainnya.

Nokia telah menguji Normandy dengan varian “cabang” Android khusus yang tidak selaras dengan versi milik Google, mirip dengan apa yang dilakukan Amazon dengan lini Kindle Fire.

Seperti telah diketahui, Android bersifat open source sehingga orang bisa memodifikasi sesuai keinginan tanpa takut mendapat tuntutan.

Beberapa sumber telah mengungkapkan kepada The Verge bahwa Normandy dirancang setara Asha untuk mendorong perangkat murah dengan akses ke lebih banyak aplikasi smartphone tradisional--sesuatu yang diperjuangkan perusahaan itu untuk lini Asha Series 40.

"Upaya Nokia ini mirip dengan penggunaan Android oleh Amazon, yang memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan sepenuhnya untuk digunakan sendiri, tulis The Verge, 10 Desember 2013.

Karyawan Nokia yang bekerja untuk Normandy diberitahu perangkat itu direncanakan untuk rilis pada 2014.

Memperkuat laporannya, The Verge juga menampilkan bocoran foto Nokia Android dari akun Twitter @evleaks, yang memang dikenal kerap membocorkan informasi akurat. Dalam foto tersebut, terlihat ponsel nokia berwarna merah, dengan desain mirip Lumia kelas low-end.

Apakah ini berarti kabar gembira bagi penggemar Nokia dan Android?


Sumber:
tempo
Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment