Buaya Lebih Pintar dari yang Kita Duga

Selama ini sering terlihat buaya hanya diam berjemur di pinggir sungai sepanjang hari. Seolah benar-benar binatang pemalas. Namun hasil penelitian terbaru oleh Vladimir Dinets dari University of Tennessee membuka wawasan baru. Hewan ini sangat pintar.

Dinets mengamati spesies buaya muggers dan American alligator, dan dilihatnya buaya-buaya tersebut sering meletakkan ranting di moncongnya. Rupanya ini bertujuan untuk memikat mangsanya datang. Reptil predator itu kemudian menggoyang-goyangkan ranting agar burung datang. Karena biasanya burung selalu mencari ranting untuk membuat sarang.

 


"Temuan pertama diketahui pada tahun 2007 lalu. Tim melihat perilaku buaya di sebuah kolam di India yang mengumpulkan ranting-ranting di atas moncongnya. Bentuknya mirip seperti sarang burung. Lalu, ketika ada burung yang hinggap di moncongnya, buaya langsung menyergapnya," ujar Dinets.

Hasil dari penelitian telah ini mengubah cara pandang kita terhadap buaya yang terkenal sebagai reptil yang biasa terlihat lesu, bodoh, dan membosankan. Tapi, sebenarnya buaya memiliki taktik berburu mangsa yang sangat terkoordinasi.

"Penemuan ini telah membuka wawasan baru yang sangat mengejutkan dari tingkat kecerdasan buaya. Sekarang kita tidak bisa lagi meremehkan seekor buaya yang sedang diam selama berjam-jam. Bisa saja predator itu sedang menyusun rencana untuk menyergap mangsanya," pungkas Dinets.

 

Catatan:
Perilaku hewan memakai umpan dalam memancing mangsa bukan hanya milik buaya. Seperti diketahui, bangau Butorides virescens menggunakan bulu, ranting, atau buah untuk menarik perhatian ikan. Burung hantu Athene menggunakan kotoran hewan mamalia untuk menarik kumbang kotoran. Demikian jug burung camar menggunakan umpan dalam mencari ikan Finch.





 



Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment