5 Tradisi Natal Unik dari Berbagai Negara

Natal adalah hari yang penuh kasih, berkat dan anugerah, di dalamnya terdapat kebersamaan dan jalinan kasih sayang di antara umat Kristiani dan umat-umat lain di lingkungannya.

Natal selalu meriah dan penuh tradisi yang selalu ditunggu-tunggu bukan sekedar membuka kadonya saja melainkan keunikan tradisi yang telah berlangsung bertahun-tahun. Berikut ini 5 tradisi natal unik dari berbagai negara:

1. Menyembunyikan Sapu di Norwegia


Masyarakat Norwegia percaya bahwa perayaan Natal jatuh bertepatan dengan berdatangannya roh-roh jahat dan para penyihir.

Sehingga ketika hari penuh kasih itu tiba mereka memiliki tradisi yang unik, yakni menyembunyikan semua sapu yang ada di rumah mereka sebelum pergi tidur.

Hal tersebut dilakukan agar para penyihir dan roh jahat tidak dapat berkeliaran dan mengacaukan suasana penuh kasih di hari Natal.


2. Meluncurrrrr! Di Caracas


Satu minggu sebelum menjelang perayaan Natal, ratusan masyarakat akan mendatangi gereja dan menghadiri perayaan Misa yang dikenal dengan "Misa de Aguinald" (Misa dini hari).

Terutama masyarakat di Kota Caracas, dengan cara yang unik mereka mendatangi gereja. Mereka mempersiapkan roller blade, skateboard, sepatu roda dan meluncur menuju gereja untuk menghadiri Misa de Aguinaldo.


3. Makam Malam Natal yang Unik di Greenland


Selain Misa, kado, makan malam di hari Natal adalah yang ditunggu-tunggu oleh umat Kristiani. Berkumpul bersama orang-orang terdekat untuk menikmati hidangan istimewa.

Namun ada yang unik di dalam perjamuan makan malam di Greenland, masyarakat di sana menyajikan hidangan yang disebut dengan Mattak-kiviak (Kulit paus yang berlemak).

Tidak hanya itu saja mereka pun memadukannya dengan Auk (burung kecil antartika) yang dibungkus dengan kulit anjing laut.

Dan yang membuatnya luar biasa adalah bahan makanan tersebut beberapa bulan sebelumnya dikubur dan dibiarkan membusuk, itulah makanan khas di hari Natal di Greenland.


4. Isi Sepatu Bootmu! Di Jerman


Di setiap malam 5 Desember anak-anak di Jerman selalu menyimpan sepatu boot di luar kamar tidur mereka.

Ketika bangun di pagi hari, mereka akan menemukan sepatu boot mereka terisi oleh permen ataupun makanan kecil lainnya. Dan jika tidak beruntung mereka hanya akan menemukan boot mereka yang terisi oleh ranting dan dedaunan.


5. Caga tiĆ³ di Catalonia


Tradisi Natal yang satu ini berlangsung di Kota Catalonia, Spanyol, yang dikenal dengan nama Caga tio atau memukul potongan batang pohon di hari Natal.

Masyarakat Catalonia menciptakan karakter atau sosok boneka yang terbuat dari kayu, mereka memberinya wajah, mata, tangan dan pakaian, untuk kemudian dipukul-pukul dengan tongkat kayu sambil menyanyikan lagu tradisional natal Catalonia di pagi hari.


Sumber :
unikgaul
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment