10 Jenis Ikan Lele Terbesar yang Pernah Tertangkap

Kalian pasti sudah pada tahu ikan lele atau bahasa asingnya catfish, salah satu menu ikan favorit yang selalu ada diwarung makan atau pecel lele. Meskipun ukurannya kecil, ikan ini memiliki banyak sekali kandungan gizi dan vitamin.

Ikan lele yang sering kita lihat pada umumnya berukuran kecil, mungkin hanya sekitar telapak tangan orang dewasa saja. Akan tetapi tercatat beberapa pemancing pernah menangkap ikan dengan ukuran tidak wajar dan terkadang terlihat menyeramkan.

Ikan lele ini tersebar diseluruh dunia seperti Amerika, Eropa, Afrika dan Asia. Dari beberapa jenis tersebut ada beberapa jenis atau famili lele yang ukurannya bisa dibilang raksasa atau sering disebut lele terbesar di dunia, seperti dibawah ini:

1. Wels Catfish


Wels Catfish merupakan ikan lele asli yang berasal dari kawasan Eropa Tengah dan Timur, namun akibat dilepaskannya beberapa ekor di Eropa bagian Barat, maka Wels Catfish dapat ditemukan di Spanyol hingga Inggris. Wels Catfish dapat tumbuh hingga mencapai 2.2 meter dan berat 180 kg.

Berbagai bendungan yang dibuat di kawasan Eropa merupakan tempat favorit Wels Catfish, karena kedalaman dan luasnya perairan serta banyaknya sumber makanan. Sejak abad pertengahan, Wels Catfish selalu digambarkan bahwa ia mampu menelan seseorang hidup-hidup.


2. Red Tail Catfish


Red Tail Catfish menghuni sungai-sungai di Amerika Selatan seperti Amazon, Orinoco dan Essequibo. Ikan lele yang dapat mencapai panjang 2 meter dan berat 100 kg ini mayoritas ditemukan di Brazil dan Venezuela.

Ciri khas dari ikan lele ini adalah ekornya yang berwarna merah serta kepalanya yang besar dengan tulang tengkorak yang cukup panjang dan keras. Meskipun ikan lele jenis ini bisa tumbuh menjadi raksasa, namun mereka relatif tidak berbahaya bagi manusia.


3. Mekong Giant Catfish


Mekong Giant Catfish adalah penghuni Sungai Mekong di Thailand. Spesies yang terancam punah ini memiliki panjang hingga 3 meter dan dapat mencapai bobot 300 kg!


4. Blue Catfish


Blue Catfish merupakan salah satu ikan lele raksasa yang ditemukan di kawasan Amerika Utara, khususnya di Sungai Mississippi. Ikan lele ini dapat mencapai berat 70 kg dan panjang 1.6m.


5. Jau Catfish

 

Jau Catfish adalah spesies yang menghuni Sungai Orinoco dan Amazon di Amerika Selatan dan dapat mencapai panjang 1.4m dan berat 60 kg.


6. Piraiba Catfish


Piraiba merupakan ikan lele yang berbentuk ramping dan menyerupai ikan hiu. Panjangnya mencapai 3.6 meter dan mencapai 200 kg. Piraiba diduga pernah memangsa manusia.


7. Sareng Catfish (Wallago)



Sareng Catfish merupakan ikan lele yang mayoritas berasal dari India, dimana ikan ini memiliki kecenderungan bersifat agresif, akibat kebudayaan India yang menghanyutkan mayat-mayat di sungai, sehingga menjadi santapan Sareng Catfish. Ikan lele ini juga tercatat memangsa bebek, anjing dan bahkan anak-anak kecil.


8. Vundu Catfish


Vundu merupakan ikan lele raksasa asal Afrika yang menghuni perairan Kongo, Zimbabwe, Zambia, Tanzania dan Uganda.

Vundu memilik tubuh yang menyerupai ular dan memiliki kecepatan tinggi dan sangat kuat, sehingga mampu menarik seseorang yang memancing di daratan hingga tenggelam. Vundu dapat mencapai panjang 1.5 meter dan berat 55 kg.


9. Flathead Catfish


Flathead Catfish dikenal sebagai spesies penyerbu (invasive species) yang dapat merusak eksistensi spesies asli dari suatu daerah tertentu.

Flathead Catfish dapat ditemukan di Amerika Utara, khususnya di North Dakota dan Arizona. Dengan panjang 1.5 m dan berat hingga 75 kg, Flathead Catfish merupakan ikan lele yang cukup besar di dalam kawasan Amerika.


10. Goonch Catfish


Goonch merupakan ikan lele yang berasal dari Sungai Kali, India. Goonch merupakan salah satu ikan lele yang dianggap paling berbahaya.

Dengan panjang 2 meter dan berat hinga 75 kg, Goonch memiliki gigi yang tajam dan dilaporkan memangsa manusia dan memakan mayat manusia yang dihanyutkan di sungai di India.


Sumber :
didunia
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment