Kondisi Kesehatan Terlihat dengan 5 Tanda Pada Urine

Banyak cara melihat kesehatan tubuh sebelum memeriksakan diri ke dokter. Lewat kuku, kulit, mulut, mata, dan bahkan air seni. Apa saja yang bisa terlihat dari urine? Lihat tanda-tandanya berikut ini.
 
 

1. Masalah ginjal
Bila Anda melihat urine merah atau tercampur darah (kecuali bagi yang sedang haid) harus waspada. Kemungkinan besar ada masalah dengan ginjal. Segeralah ke dokter, karena  gumpalan darah di dalam tubuh yang masih ada dan bisa jadi sangat membahayakan.



2. Masalah gula
Kalau urine terlihat pekat dan beraroma manis, bisa jadi hal ini adalah gejala dari diabetes. Aroma manis bisa dibandingkan seperti aroma gula. Aroma ini menandakan ketidak sempurnaan tubuh dalam mengolah glukosa. Kurangi dulu konsumsi karbohidrat dan gula, serta kunjungi dokter.



3. Infeksi kandung kemih
Bolak balik ke kamar mandi dengan gejala yang janggal, seperti adanya perasaan panas saat membuang air kecil, bisa jadi pertanda infeksi kandung kemih. Biasanya disertai menggigil, nyeri panggul, dan ada pula semburat halus darah. Jangan takut dan segera hubungi dokter, biasanya mereka akan memberikan antibiotik yang tepat untuk mengatasinya.

 

4. Kebanyakan kafein
Kalau air seni kuning cukup pekat dengan aroma kopi, bisa jadi ini adalah tanda kalau tubuh sedang mengeluarkan kafein berlebih dalam tubuh. Kadang setelah mengonsumsi multivitamin, urine juga berwarna sangat kuning. Minumlah air putih lebih banyak secara bertahap.



5. Pinggang pegal
Air seni juga berwarna lebih pekat karena kurang banyak mengonsumsi air putih. Gejala paling mudah dirasa yakni da rasa cepat pegal di area panggul dan pinggang. Biasanya dirasakan oleh mereka yang sering duduk atau malas minum air putih. Waspadailah, kurangnya air putih memicu beragam penyakit lain.


 
Demikianlah tanda-tanda yang bisa diamati lewat air seni. Oh ya, bagi kaum perempuan kehamilan bisa terlihat dari air seni, loh. Menurut Dr. Ellerkmann, orang yang sedang hamil, atau bahkan beberapa hari sebelum mereka hamil, biasanya memiliki air kencing yang lebih berbau tajam dari biasanya. Hal ini biasanya karena ada hormon human chorionic gonadotropin yang biasanya akan terdeteksi oleh test pack di rumah.














 






Sumber:
clear
Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment