Datangilah Sebelum Semua Lenyap Tak Berbekas

Kita semua tahu bahwa perubahan iklim Bumi berpengaruh terhadap eksistensi lautan, terumbu karang, pantai, bahkan kota. 5 destinasi ini misalnya, terancam hilang akibat pemanasan global.

Wajib berkunjung selagi masih ada! Semoga Anda adalah bagian dari orang yang akan menceritakan secara langsung ke anak cucu nanti apabila tempat-tempat ini telah menjadi dongeng.

1. Antartika


Berdasarkan data NASA, wilayah es di kutub selatan alias Antartika semakin berkurang. Namun sampai saat ini, masih ada beberapa perusahaan kapal pesiar yang akan mengantar Anda ke sana.

Berkunjunglah untuk melihat panorama alam yang beda dari biasanya, termasuk gunung-gunung yang menjulang tinggi. Anda juga bisa melihat aneka fauna liar yang tak akan Anda temui di wilayah tropis.


2. Gunung Kilimanjaro, Tanzania


Kilimanjaro adalah gunung tertinggi di Afrika, yang menginspirasi Ernest Hemingway dalam ceritanya 'The Snows of Kilimanjaro'. Namun penelitian membuktikan, puncak es di Kilimanjaro akan hilang dalam waktu 20 tahun. 85% es di puncaknya telah hilang selama 1 abad belakangan.

Oleh karena itu, bagi para pendaki gunung, jadikanlah Kilimanjaro sebagai destinasi utama. Jangan lupa gunakan operator pendakian yang terdaftar, dan jadilah pendaki yang mengikuti aturan ramah lingkungan.


3. Great Barrier Reef, Australia


Great Barrier Reef adalah kawasan terumbu karang dengan biota laut yang sangat kaya. Namun kawasan ini 'menderita' akibat naiknya suhu lautan, polusi air, dan maraknya penjaringan ikan ilegal. Beberapa hal lain juga menyebabkan erosi pada pulau-pulau koral yang tersebar di Great Barrier Reef.

Beberapa peneliti mengatakan, koral-koral berusia ribuan tahun bahkan bisa punah dalam waktu 40 tahun saja. Jadikanlah Great Barrier Reef tujuan liburan Anda, namun ingat, jangan merusaknya.


4. Laut Mati, Israel - Yordania


Laut Mati kian mengering. Ya, permukaan air di Laut Mati berkurang sekitar 1 meter tiap tahunnya. Hal itu berdasarkan penelitian yang dilakukan pemerintah Israel.

Dengan permukaan air yang semakin lama semakin rendah, disinyalir Laut Mati akan hilang dalam kurun waktu 40 tahun. Laut Mati menjadi daya tarik wisatawan karena tingkat salinitas yang tinggi, sehingga Anda bisa mengambang dengan mudah tanpa bantuan pelampung.


5. Venesia, Italia


Meski terkenal sebagai salah satu kota paling romantis sedunia, warga Venesia harus waspada. Permukaan air laut yang semakin meninggi bisa menenggelamkan kota ini. Ya, hal tersebut merupakan hasil penelitian University of Padua di Italia.

Para peneliti masih menerka-nerka, berapa lama Kota Venesia bisa bertahan. Sebelum benar-benar hilang, berkunjunglah ke Venesia untuk naik gondola di Grand Canal dan bersantai di jalan-jalan yang lingkungannya sangat cantik dan indah.


Sumber :
detik
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment