7 Gunung Berapi Paling Mengancam

Setelah Sinabung, Merapi pun meletus lagi (18 Nov 2013). Sebagai negara 'cincin berapi' memang Indonesia kerap diancam bencana erupsi. Letusan super dahsyat berabad lalu bahkan memengaruhi dunia global.

Selain Indonesia, kewasapadaan terhadap beberapa gunung berapi terus diamati. Gunung-gunung ini pernah menyebar teror mematikan, dan kini tertidur panjang. Yang dikhawatirkan, bila mereka bangun dan memuntahkan semua amarahnya. Bencana pun bakal dirasakan jutaan orang.

Gunung apa saja yang diam-diam menyimpan potensi bahaya? Berikut daftarnya sesuai versi nbcnews.


1. Vesuvius, Italia



Rasanya kisah kota Pompeii dan Herculaneum yang terkubur akibat letusan Vesuvius begitu terkenal, bahkan menjadi legenda. Ini adalah kisah nyata yang terjadi di tahun 79 M. Dan sekarang jutaan manusia bermukim kembali di sekitar Vesuvius. Para pengamat mengkhawatirkan kalau tiba-tiba Vesuvius bangun lagi dan bisa dibayangkan betapa hebat bencana yang akan terjadi.



2. Popocatpetl, Mexico
 

Tahukah Anda, Mexico City yang dihuni sekitar 18 juta jiwa hanya 64 km dari Popocatepetl. Sementara 48 km di sebelah barat, terletak kota Puebla dengan 2 juta jiwa di dalamnya. Letusan dahsyat dapat menimbulkan jutaan ton debu ke atmosfer serta banjir lahar yang akan menyapu pemukiman di sekitar Popocatepetl dengan singkat.

Aktivitas gunung tertinggi ke-2 di Amerika bagian utara ini terjadi terakhir tahun 1920 dan 1922. Ya, sudah hampir 100 tahun lalu Popocatepetl asik tertidur nyenyak. Bagaimana kalau tiba-tiba ia bangun lagi?



3. Merapi, Indonesia
 
Foto: geographyattrafalgar.blogspo

Walau banyak gunung berapi di seluruh Indonesia, namun Merapi paling populer. Bukan karena letusannya paling dahsyat melainkan populasi manusia yang begitu dekat dengan lokasi gunung ini. Bahaya lainnya yakni gas beracun yang dengan mudah menyergap kalau tak waspada.

Saat erupsi 2010 silam, banjir lahar, hujan debu sangat berbahaya. Apalagi ditambah keluarnya gas beracun yang menyulitkan evakuasi. Bahkan, saat Merapi relatif jinak, bahaya gas beracunnya tetap mengintai. Di tahun 1994 saja tercatat 60 orang mati karena menghirupnya.

Para pengamat semakin khawatir dengan kepercayaan penduduk setempat yang banyak memilih bertahan apa pun yang terjadi.



4. Nyirangongo, Congo
 

Beralih ke Afrika kita jumpai Nyirangongo, gunung berapi paling berbahaya di Congo. Yang paling ditakuti adalah aliran lava yang siap menyapu wilayah sekitarnya. Pada 2002, Nyirangongo memuntahkan lava dengan kecepatan 60 mph menuju Goma, kota dengan 500 ribu penghuninya.



5. Nevada del Ruiz, Colombia
 

Erupsi pada 13 November 1985 mengirimkan banjir lahar ke desa Chinchina dan membunuh 1.927 orang.  Kemudian banjir ke-2 memusnahkan kota Armero berikut 23.000 orang jadi korbannya. Setelah puluhan tahun berlalu, pemukiman muncul lagi dan populasi terus bertambah. Apa yang akan terjadi bila tiba-tiba Nevada del Ruiz menebar teror banjir lahar lagi?



6. Fuji, Jepang
 
 
Gunung Fuji memang jadi ikon Jepang penuh pesona. Keindahannya sangat memukau. Padahal gunung ini masih tergolong aktif. Memang tidurnya sangat panjang, terakhir meletus tahun 1707. Namun peneliti dibuat khawatir karena tiba-tiba terjadi gempa pada tahun 2000 dan 2011 lalu.

Mungkin hanya menggeliat menyambut milenium baru? Entah, tapi tak terbayangkan kerusakan yang dapat terjadi kalau Fuji meletus lagi. Masalahnya adalah Tokyo, yang dihuni 30 juta jiwa hanya 112 km dari Fuji. Nah, seperti apa kerusakan yang bakal terjadi? Menurut prediksi pemerintah pada 2004, kerugian yang ditimbulkan bisa sebesar 20 milyar dollar Amerika.



7. Mount Rainier, Amerika Serikat
 

Paman Sam pun ternyata ketar-ketir dengan Mount Rainier, gunung berapi setinggi 14,410 kaki ini (setara 4.392 meter). Memang sih sebagai latar belakang wilayah Pacific Northwest menghasilkan pemandangan yang indah (lihat foto), tapi masalahnya kalau gunung ini erupsi maka habislah ibukota Amerika Serikat. Lokasinya hanya sekitar 6 km dari pusat kota Washington DC.



















Sumber:
nbcnews
Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment