10 Fakta Unik Sungai Gangga

Selain Bollywood, Mahatma Gandhi, Taj Mahal, satu lagi yang terkenal dari India adalah sungai Gangga. Namanya berasal dari kata Gangga (Sanskerta dan Hindi: गंगा ; Gaṅgā) atau Ganges (ejaan orang barat), nama  Dewi dalam agama Hindu yang dipuja sebagai dewi kesuburan dan pembersih segala dosa dengan air suci yang dicurahkannya.
Foto: sikhnet.com
Sungai ini adalah sungai suci bagi agama hindu. Mereka percaya bahwa jika mandi di sungai Gangga pada saat yang tepat akan memperoleh pengampunan dosa dan memudahkan seseorang untuk mendapat keselamatan.

Menyoal Gangga, ada 12 fakta menarik seperti dipaparkan berikut ini.



1. Tepi Sungai Gangga merupakan salah satu daerah paling padat penduduknya di India. Dataran di tepi sungai ini sangat subur dan merupakan salah satu daerah yang paling padat penduduknya di dunia.

Foto: treehugger.com
2. Air Sungai Gangga berasal dari gletser yang disebut Gangotri. Gangotri merupakan gletser di Himalaya yang terletak sekitar 4.000 meter di atas permukaan laut.

3. Rute aliran utama sungai Gangga melalui India, dengan bagian yang lebih kecil mengalir melalui Bangladesh sebelum bermuara di Teluk Benggala.

Foto: panda.org
4. Sungai Gangga memiliki panjang sekitar 2.506 kilometer dan merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia.

5. Dua sungai yaitu Sungai Alaknanda dan Bhagirathi bergabung untuk membentuk sungai Gangga.

6. Delta terbesar di dunia, Sunderbans, terletak di tepi Sungai Gangga. Delta ini dihuni oleh populasi harimau Bengal.

Foto: factzoo.com
7. Terdapat sebuah ekosistem berkembang di sungai Gangga, dengan lumba-lumba sungai Gangga berada di puncak rantai makanan. Lumba-lumba tersebut kini terancam punah karena diburu manusia.

8. Haridwar, Varanasi, Allahabad, Rishikesh merupakan pusat ziarah yang terletak di tepi sungai ini.

Foto: superbindiatours.com
9. Sungai Gangga merupakan pusat spiritual di India dengan banyak mayat yang dikremasi di tepi sungai.

Ini merupakan praktik populer di India dan diyakini bahwa setelah kematian jiwa akan langsung mencapai ‘moksh’ atau keselamatan. Dipercaya pula bahwa air Sungai Gangga memiliki sifat penyembuhan.

10. Sungai Gangga merupakan lokasi utama untuk arung jeram di India.





Update

Ralat untuk point 2. Mohon maaf terjadi kesalahan ketik, seharusnya 4000 meter (tepatnya elevasi sekitar 3892 m)

Ralat untuk point 3. Seharusnya SALAH SATU sungai terpanjang di dunia. Dengan catatan, bila diukur mulai dari titik Glasier Gangotri di Himalaya maka total aliran air mencapai 3877 km. Walau demikian, para ahli tetap mencatat panjang Gangga adalah 2506 meter. Maka, Gangga walau termasuk sungai terpanjang, tidak masuk dalam 10 Besar (lihat toptens/worldrivers.html)


Sumber: 
Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment