Unik, Pepohonan Tumbuh di Batu Karang ini

Di sebuah pantai di teluk Fundy berdiri batu-batu karang menjulang tinggi. Aneh, di atasnya tumbuh pohon cemara. Bagaimana ini bisa terjadi?

Teluk Fundy adalah kawasan pinggir pantai dengan tebing-tebing tinggi menciptakan lembah dan ngarai lepas pantai. Secara geologis wilayah ini tercipta oleh dua penyebab. Pertama, adanya aktivitas gunung berapi membuat teluk fundy nyaris terpisah dari daratan Amerika (Kanada). Gunung berapi menyebabkan banjir basalt sehingga tanahnya cukup subur untuk ditumbuhi pepohonan.

 
 
Batu-batu karang yang berdiri menjulang di beberapa bagian pantai sesungguhnya bukan batu karang tandus, melainkan dataran tinggi yang terpisah dari induknya. Bagian menjulang seperti batu karang ini mengalami erosi oleh air laut.

Gelombang yang tercipta di lepas pantai Fundy memang cukup ekstrim, dari catatan Dinas Hidografi Kanada diketahui tinggi ombak bisa mencapai 16 hingga 17 meter. Bahkan dari data Oktober 1869 tingginya mencapai rekor 21,6 meter. Ya, serbuan air seperti ini tak ubahnya gelombang tsunami.

Gelombang pasang-surut inilah yang mengakibatkan tebing-tebing terpisah layaknya batu karang di kawasan Fundy. Mungkin, nama Fundy berasal dari kata Perancis " Fendu " , yang berarti "pisah".  Daratan yang terpisah. Walau ada juga orang yang mengklaim kata "Fundy" berasal dari kata  Portugis, "fondo" yang berarti   saluran.



Satu lokasi yang jadi tujuan wisatawan adalah Batu karang Hopewell yang juga disebut batu karang Flowerpot, membentuk formasi yang indah akibat erosi laut di Hopewell Rocks Ocean Tidal Exploration Site yang posisinya di tepi pantai Teluk Fundy.

Ada cerita menarik sehubungan tingginya gelombang laut di teluk ini, setidaknya ini kepercayaan masyarakat setempat. Konon, gelombang ini diciptakan oleh paus-paus besar. Memang, di laut lepas tak jauh dari Teluk Fundy sering terlihat gerombolan paus bermain di air.  




Namun penelitian tidak menyetujui opini tersebut. Kecil kemungkinan paus bisa menciptakan gelombang tinggi berulang dan kontinyu, serta tepat pada waktu-waktu tertentu tiap hari. Masalahnya, pasang-surut selalu terjadi setiap 12,4 jam. Ketinggian air naik dan turun juga jatuh pada rentang pasang yang sama. Ada Sekitar enam dan tiga belas menit perantara sebelum gelombang tinggi berikutnya muncul.

Bagaimanapun, Teluk Fundy merupakan destinasi wisata yang indah. Anda bisa mengagumi batu-batu karang tinggi menjulang, atau pergi ke tengah laut melihat paus-paus bermain. Teluk Fundy masuk daftar keajaiban dunia 2011.


Sumber:
plasa.
wikipedia
Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment