Tahu 7 Agama Aneh ini?

Sesuai warisan pendidikan Orde Baru, kita mungkin hanya mengenal 5 agama besar yang diakui negara. Lalu setelah era reformasi terjadi pengakuan terhadap agama / sekte / aliran kepercayaan lain.

Meski agak rumit mendefinisikan agama atau kepercayaan, namun diperkirakan ada sekitar 4200 aliran agama di dunia ini. Berbagai bentuk bermunculan, ada yang bertahan, bertambah besar atau justru menghilang. Dari sekian banyak agama, mungkin 7 daftar di bawah ini terbilang aneh.



1. Jediism – the jedi religion
 



George lucas menyadari apa yang dia mulai. Dengan film star wars-nya, ia membentuk sebuah gerakan keagamaan yang diilhami oleh generasi pedang cahaya palsu, prajurit kutu buku yang mengenakan jubah nilon.

Menurut mitologi star wars, force adalah energi yang memegang semesta bersama-sama dan mengalir melalui setiap materi (jelas meminjam beberapa konsep dari agama timur).

Jedis adalah biarawan/ksatria yang mampu mengendalikan dan menggunakan force, dan terikat oleh kode moralitas dan keadilan. Sehingga Anda dapat melihat setiap mathlete memohon untuk menggunakan pedang cahaya untuk melubangi dahi penjahat. Jediism disebut sebagai perpaduan antara taoisme dan buddhisme yang juga menggabungkan unsur ksatria abad pertengahan. Tidak ada doktrin utama yang formal, tetapi hanya disebut sebagai “jedi code”.

Meskipun belum dikonfirmasi, ada desas-desus bahwa tetua jedi memaksa seseorang yang ingin bergabung untuk duduk di ruangan gelap dan menonton trilogi asli 16 kali berturut-turut.



2. The church of Ed Wood
 


Ed wood adalah orang terkenal di hollywood, beberapa kelompok menyebutnya sebagai salah satu sutradara terburuk sepanjang waktu.

Sejak kematiannya dia memperoleh status pengkultusan, dan eksploitasi masa hidupnya yang dibawa oleh johnny depp dalam film Ed Wood 1994 (yang disutradarai oleh Tim Burton). Gambar Ed Wood paling terkenal adalah plan 9 dari outer space, yang sebenarnya film terakhir bela lugosi.

Jadi label gereja Ed Wood (atau “woodism”) sendiri adalah sebuah agama pop-culture yang mengharapkan dapat membawa spiritualitas kepada orang-orang yang tidak menemukannya dalam agama mainstream. Sebuah “agama punk-libertarian”. Mereka memandang Ed Wood sebagai juru selamat.

Semasa hidupnya Wood juga dikenal sebagai  “transvestite (banci)” di amerika tahun 1950-an … mungkin bukan waktu yang menyenangkan untuk memiliki krisis identitas seksual di waktu itu. Konon, pihak gereja mengklaim ada lebih dari 3000 “woodites” di seluruh dunia.




3. Aetherius Society
 

Pada hari yang tenang tanpa kemacetan pada tahun 1954, George King sedang duduk sendirian di apartemennya di London ketika tiba-tiba, keluar Alf, (“Aetherius“) berteriak:

“Siapkan dirimu! Anda akan menjadi suara perwakilan antarplanet. “ Jadi ia hanya mengalami hal itu.

King memulai Aetherius Society yang berharap untuk menggabungkan kebijaksanaan asing dari “Master Cosmic” dan Yoga menjadi sesuatu yang bermanfaat yang akan membawa keseimbangan bagi kemanusiaan.

Mereka percaya Yesus, Buddha dan Krishna sesungguhnya alien dan salah satu klaim mereka. Alien memperingatkan mereka dengan bencana Chernobyl 4 jam sebelumnya. Agama ini mengklaim memiliki penganut sekitar 650 orang.




4. Raelism
 

Tidak mau kalah oleh orang Inggris, seorang Prancis (pembalap mobil Claude Vorilhons) telah mengatakan bahwa ia juga dihubungi oleh orang asing dan menjadi penghubung antara manusia-alien. Alien menjulukinya Rael (maka agama ini disebut “Raelism“).

Rael (alias Claude) mengklaim alien membawanya ke planet Elohim. Selain bergaul dengan mahluk di planet itu, ia juga mendapat kesempatan untuk bertemu Yesus, Buddha, Joseph Smith dan Konfusius.
 
Alien mengatakan kepada Rael tiga hal penting untuk diingat:
 
1. Bahwa manusia diciptakan dalam laboratorium asing dari DNA asing 2.500.000 tahun yang lalu.
 
2. Alien akan mampir di Yerusalem pada tahun 2025
 
3. Bahwa Rael harus me-relay pesan perdamaian dan “mediasi sensual” kemanusiaan.
 
Mereka mengklaim memiliki sekitar 30.000 pengikut.



5. Happy Science Religion
 

Anda memutuskan untuk berkecimpung dalam hukum…tidak berhasil. Anda mencoba di keuangan … tidak berhasil. Anda mengambil beberapa kelas di kampus komunitas Anda, membangkitkan bagian tersembunyi dari kesadaran Anda dari dimensi 9 dunia roh dan poof … langkah logis berikutnya sudah jelas … Anda mulai agama sendiri (tema yang berulang di sini).
Itu kisah Ryuho Okawa dan agama Happy Science. Dan ya, agama itu “besar di Jepang.”

Okawa yakin misinya adalah untuk membawa kebahagiaan kepada semua umat manusia. Dia juga percaya bahwa dia menjadi inkarnasi spiritual tertinggi menjadi El Cantare.

Dia punya film hit, dia punya buku laris. Dalam berapa bukunya menyebut bahwa Okawa mendapat roh Muhammad, Buddha, Yesus dan Confucius.

Klaim lainnya termasuk nubuatnya bahwa malaikat Jibril akan muncul di Bangkok dalam 50 tahun, dan bahwa alien akan mulai mengunjungi bumi dalam waktu 300 – 400 tahun lagi.

Okawa juga memasuki panggung politik di Jepang dan bahkan mulai partai sendiri, “Happy Realization Party”.



 
6. Pana Wave
 

Yuko Chino memulai Pana Wave sebagai agama yang mencakup sedikit Buddhisme, sejumput Kristen dan sejumput New-Age. Salah satu penyebabnya adalah bahwa hewan peliharaan akan meningkatkan kesadarannya akan bahaya gelombang elektromagnetik.  Yuko mengklaim dialah yang menyebabkan perubahan iklim dan kerusakan lingkungan lainnya.

Mereka memutuskan bahwa seluruh fenomena sebenarnya adalah plot komunis untuk membombardir mereka dengan gelombang EM sebagai cara untuk membunuh pemimpin Chino mereka.

Jadi mereka berdandan dengan pakaian putih (selain untuk gaya, rupanya mereka menawarkan perlindungan terhadap gelombang EM), memakai masker putih, mengendarai van putih, dan berkeliaran di pedesaan mencari tempat khusus yang tercemar oleh gelombang berbahaya

Mereka mengklaim planet ke-10 akan menyebabkan kutub di bumi membalik arah. Sampai saat ini mereka masih melanjutkan misi mereka terhadap gelombang. Entah, agama ini tampak sangat absurd.


 
7. Prince Philip Movement
 

Suku Yaohnanen Vanuatu percaya bahwa Pangeran Philip (Kerajaan Inggris) adalah dewa, anak-berkulit pucat yang memiliki semangat sebesar gunung dan mengarungi laut ke tempat yang jauh, menikah dengan seorang wanita yang kuat, lalu suatu hari akan kembali ke tanah mereka.

Prince Philip Movement adalah jenis “kultus kargo” yang ditemukan di Pasifik Selatan.  Mereka melihat materi canggih (penemuan benda-benda modern, pen.) ini telah diciptakan oleh roh atau nenek moyang bagi mereka, tetapi secara tidak adil dirampas oleh bangsa lain.

Sebagian besar dari kultus kargo dimulai pada (atau sesudah) Perang Dunia II ketika sejumlah besar barang yang disalurkan oleh militer melewati kawasan ini. Ketika perang berakhir dan pangkalan-pangkalan ditutup, pengiriman pun berakhir. Jadi apa yang orang pribumi lakukan? Mereka menciptakan bandara palsu dan radio palsu yang terbuat dari kelapa, dan berharap akan ada pengiriman selanjutnya dari negara-negara barat.
 
Karena itulah ketika pasangan kerajaan Inggris melakukan kunjungan resmi ke Vanuatu pada tahun 1974 dengan membawa banyak hadiah, legenda Pangeran Philip sangat membekas di hati penduduk. Ia pun semakin dipuja bagai dewa.a









 








Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment