Platybelodon, Gajah Purba yang Mirip Monster

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan gajah, hewan yang memiliki belalai dan berukuran besar ini ternyata memiliki bentuk yang sangat aneh ketika zaman purba.


Sebuah laporan dari dari Daily Mail memberitahukan bentuk gajah purba yang sangat aneh, gajah purba ini tidak memiliki belalai seperti gajah moderen melainkan memiliki mulut yang panjang dan lebar mirip seperti sekop.

Diperkirakan pada awal mula kehidupan gajah ini sekitar 20 juta tahun lalu, hidup di dekat perairan, sehingga bentuk mulut yang mirip seperti skop digunakan untuk mengali makanan di rawa rawa. Nah nama gajah purba ini dikenal sebagai Platybelodon.


Platybelodon sendiri memiliki sebuah gading besar yang tumbuh menyeruak di sudut bibirnya yang digunakan sebagai pengoyak vegetasi yang sulit.


Gajah purba ini tidak seperti hewan hewan purba lainya yang memiliki ukuran yang besar, gajah ini lebih kecil dari gajah modern yang ada. Hewan ini hidup antara 8 hingga 20 juta tahun yang lalu di daratan Afrika, Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Pada masa itu mereka mampu berkembang biak sebelum akhirnya punah.


Sumber :
palingseru.com
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment