Penyebab dan Tips Rasa Mual Menggosok Gigi Pagi Hari

Sering merasa mual atau ingin muntah saat menggosok gigi pagi hari? Atau setidaknya bersendawa seperti orang masuk angin. Ada beberapa hal yang jadi penyebab, mungkin beberapa faktor ini termasuk yang Anda alami. Jangan kuatir, ada tipsnya untuk mengurangi gejala tersebut.

 


1. Anda memiliki tenggorokan yang sensitif. Bagian belakang tenggorokan mengalami kontraksi yang menghentikan obyek memasuki tenggorokan, kecuali saat Anda ingin menelan secara normal.

2. Anda menggosok gigi terlalu kencang sehingga menekan bagian dalam tenggorokan. Hal ini bisa berpengaruh secara psikologis. Bila Anda pernah muntah atau mual karena gosok gigi, pikiran negatif pun berkembang tiap pagi. Anda kuatir akan mual lagi. Memelihara pikiran negatif semakin mudah membuat kekuatiran menjadi kenyataan.

3. Bagi penderita maag atau kelainan saluran pencernaan sangat rentan merasa mual saat menggosok gigi pagi hari. Coba perhatikan, saat meludah busa pasta gigi apakah ada cairan bening kekuningan? Jika ya, berarti maag mengganggu ritual Anda "bangun tidur kuterus mandi, tidak lupa menggosok gigi".

4. Selain penderita  kelainan saluran pencernaan, ibu-ibu hamil juga sering merasa mual saat gosok gigi pagi hari karena bagian dari morning sickness. Wajar, kok.

 


Lantas, bagaimana caranya mengatasi mual saat menggosok gigi pagi hari?

1. Bernafas melalui mulut saat menggosok gigi. Tarik nafas dalam-dalam saat ingin muntah, dan hindari menahan na fas, atau berkonsentrasi bernafas dengan satu cara, karena hal itu hanya akan memperparah keadaan.

2. Jangan membuka mulut terlalu lebar atau dengan kaku. Lemaskan otot-otot mulut dan tenggorokan Anda. Bila memungkinkan, gosoklah gigi Anda perlahan-lahan tanpa membuka mulut. Jika asam lambung naik, buang dulu busa food gigi Anda.

3. Jangan memasukkan sikat gigi terlalu dalam, dan menyikat dengan kuat, karena tanpa sengaja tangan Anda bisa menyodok terlalu keras.

4. Ganti sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut, atau ganti food gigi dengan rasa yang tidak terlalu pedas. Anda bisa memilih food gigi yang rasanya Anda sukai.
 
onlinedentist.org
 
5. Untuk pemilik tenggorokan sensitif, karena seringkali mual dan acara gosok gigi harus dihentikan sebelum tuntas, bantulah dengan obat kumur untuk membersihkan mulut, gusi, sela gigi, dan lidah. Masih kurang? Coba gunakan  dental yarn untuk menyapu lidah Anda. Ambil yarn sepanjang biasanya, lalu sapukan ke lidah Anda dari dalam ke luar.

6. Untuk yang pernah mual atau muntah lalu kuatir terulang lagi, jangan biarkan pikiran negatif tersebut mengganggu Anda. Hari kemarin sudah lewat, hari kini yang kita hadapi. Daripada membayangkan rasa mual, lebih baik bayangkan hal lain yang lebih menyenangkan. Tapi jangan melamun jorok juga sih, ini kan masih pagi...







Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment