Oarfish, Ikan Langka yang Panjang Seperti Ular

"Santana sangat terkejut melihat sepasang mata menatapnya dari bawah laut," kata lembaga CIMI yang mewakili Jasmine Santana. Apa yang dilihatnya?

Sebagai instruktur kelautan di  Catalina Island Marine Institute (CIMI) melakukan snorkeling adalah kegiatan yang sering dilakukan Jasmine. Namun akhir pekan pertengahan Oktober ini betapa terkejutnya ia melihat sepasang mata di kegelapan dasar laut seolah menatapnya. Lalu mahluk tersebut naik ke permukaan. Warnyanya keperakan. Setelah didekati, ternyata bangkai hewan menyerupai ular laut raksasa. Diperlukan hingga 15 orang dewasa untuk mengangkat bangkai itu ke pinggir pantai.

 
Sejumlah warga mengangkat bangkai ikan oarfish sepanjang 5,5 meter di pantai California /. AP Photo


Belakangan perempuan itu mengetahui bahwa oarfish yang menatapnya sudah mati. Panjang bangkai makhluk ini mencapai 5,5 meter dengan diameter seukuran tubuh laki-laki dewasa.


Ikan langka
Oarfish adalah ikan yang hidup di kedalaman 3.000 meter, sehingga penampakannya sangat langka. Panjang tubuh dan kerangka tulangnya mirip jenis ikan hiu. Mereka dapat tumbuh hingga mencapai 17 meter.

Oarfish memiliki wajah yang rata. Karena penampilannya yang aneh, ikan ini diyakini berhubungan dengan legenda ular laut raksasa.

Dalam catatan sejarah, oarfish terpanjang yang ditemukan berukuran delapan meter dengan berat 272 kilogram. Terakhir kali, oarfish raksasa ditemukan pada tahun 1996 di wilayah Coronado, Sandiego, California, AS, ukuran panjangnya mencapai tujuh meter.

 
Ikan oarfish sepanjang tujuh meter yang ditemukan di San Diego, California, tahun 1996.

Tubuh oarfish yang ditemukan Jasmine dalam keadaan utuh dan diperkirakan mati karena penyebab alami. Namun, sampel jaringan tubuh dan rekaman videonya telah dikirimkan kepada ahli biologi di University of California, Amerika Serikat, untuk dipelajari lebih lanjut.

Seorang juru bicara dari Guided Discoveries, sebuah lembaga pendidikan nirlaba yang menjalankan program di Catalina Island, mengatakan bahwa kerangka hewan laut ini kemungkinan akan dipajang untuk umum.

"Saat ini, bangkai oarfish raksasa sedang dipamerkan kepada siswa-siswa di Catalina Island Marine Institute," ujar Mark Waddington, Kapten Senior di Kapal Pelatihan Catalina Island Marine Institute.












 

Sumber:
Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment