Inilah 7 Binatang yang Paling Ditakuti Ular Berbisa Sekalipun

Hampir setiap orang jika melihat ular pasti bergidik dan bahkan ada yang sampai lari sambil histeris. Namun tidak dengan hewan-hewan di bawah ini, ternyata ular juga memiliki musuh alami di alam liar.


Akhirnya sang ular mendapat lawan nya yang sepadan di alam, ini membuktikan bahwa sekelas ular sekalipun masih tetap ada rasa takutnya, dan ini adalah pelajaran bagi kita semua, ibarat pepatah masih ada langit di atas langit,  dan inilah 7 hewan yang ditakuti ular.


1. Landak

Sulit dibayangkan memang ular akan kalah oleh binatang yang lambat dan lemah seperti landak. Landak dengan mudah dapat membunuh seekor ular viper. Landak memiliki tameng dari duri.


Duri-duri landak tersebut amat sangat berbahaya bagi ular. Ular akan terluka parah dan ketika ular sudah lemah landak akan menggigit leher ular beberapa kali dan gigitan terakhir akan meremukkan tulang belakang ular.

Landak dapat mentolelir dosis racun arsenik yang jika dicobakan pada manusia bisa membunuh 25 orang. Namun landak juga dapat mati jika digigit ular pada bagian tertentu. Moncong landak adalah bagian terlemah dari landak.


2. Luak

Luak sangat terkenal karena kemampuan mereka membunuh ular. Luak akan menyambar ular pada bagian belakang kepala ular dan akan menggigitnya dengan rahang mereka yang kuat. Ular dengan panjang 1,5 m bisa dihabiskan Luak dalam waktu 15 menit.


Luak kebal terhadap bisa cobra yang sangat neurotoksik bagi manusia. Luak akan sedikit pingsan jika digigit ular berbisa namun setelah sadar luak akan segera memakan ular tersebut. Karnivora ganas ini terkenal dengan sebutan pemburu ular.


3. Mongooses

Mongooses (sejenis musang) melumpuhkan ular dengan bergerak secepat kilat dan menggigit ular tepat di kepalanya dengan rahangnya yang kuat. Mongooses memiliki lapisan kulit yang tebal sehingga bisa ular tidak mudah masuk ke tubuh mereka.


Mongoose dapat membunuh ular kobra sepanjang 3m. namun moongoose tidaklah sepenuhnya kebal akan bisa ular. Mongoose memerlukan waktu beberapa jam untuk memulihkan kekuatannya setelah terkena bisa ular.

Setelah mongoose pulih kekuatannya biasanya dia akan menyerang ular itu kembali dan memakan ular tersebut. Kepala ular akan menjadi santapan pertama kali.


4. Burung Sekretaris

Disebut burung sekretaris karena dia memiliki seberkas bulu ditengkuk yang menyerupai sekretaris tua yang menyelipkan pensil ditelinga mereka.


Burung Sekretaris biasanya membunuh ular dengan menendangnya dengan kuat karena burung sekretaris memiliki kaki panjang dan kuat. Jika tidak bisa membuuh ular di tanah, burung sekretaris akan membawa ular ke udara dan melemparkannya ke batu.


5. Ular Pemakan Ular

Ada ular yang memakan speisesnya sendiri. Mereka adalah ular Musaran (Clelia) dari Amerika Selatan. Dan tentunya adalah ular King Kobra.


King Kobra adalah ular berbisa terbesar di dunia, panjangnya bisa mencapai 5,5 m. Nama ilmiahnya saja Ophiophagus yang berarti pemakan ular dan mangsa yang paling disukai King Kobra adalah ular Kobra!

Di Amerika Utara, King Kobra juga suka memangsa ular berbisa lainnya yaitu ular derik (rattler). King kobra kebal akan bisa ular derik.


6. Burung Raptor

Burung Raptor atau Elang ular. Burung ini mendiami daerah Eropa, Asia dan Afrika. Mangsa favorit mereka adalah ular. Burung ini biasa mengintai mangsanya dari ketinggian. Begitu melihat ular maka dengan cepat burung ini akan terbang dan menerkam ular tanpa ampun.


Burung Raptor akan langsung mencabik kepala ular mangsanya, sehingga sang ular belum sempat menyiapkan pertahanannya.


7. Armadillos atau Trenggiling


Armadillos membunuh ular dengan cara membenturkan diri mereka pada ular sehingga ular tersebut terpotong oleh cangkang Armadillos yang sangat keras dan tajam. Agak ekstrim yaa!


Sumber :
unikgaul.com
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment