Hanya Butuh Waktu 60 Detik, 8 Langkah Ini Bisa Bikin Anda Lebih Sehat

Untuk memiliki hidup yang lebih sehat sebenarnya tak selalu harus melalui cara yang rumit. Dengan beberapa langkah mudah saja, Anda bisa mencegah datangnya penyakit dan menikmati hidup yang lebih sehat.

Berikut 8 langkah mudah yang dapat Anda lakukan dalam waktu sekitar 60 detik saja agar tercegah dari penyakit, seperti dilansir iDiva:

1. Menghitung sampai 20 ketika marah


Jika Anda sedang emosi dan marah, cobalah untuk menghitung sampai 20 dan mengambil napas dalam dalam setiap hitungannya. Teknik sederhana ini dapat mengurangi emosi, mendinginkan saraf, dan mengalihkan pikiran Anda. Sebab tarik napas dalam dan lambat akan membantu mengaktifkan sistem saraf dari respon sistem simpatik, untuk membuat Anda merasa lebih santai.


2. Tinggalkan sepatu di luar pintu setiap kali masuk rumah


Melepas sepatu Anda di luar pintu akan mencegah masuknya bahan kimia dan alergen potensial yang mungkin ada pada kotoran dan batu yang terinjak. Selain lebih sehat, kebiasaan ini juga bisa menjadi cara praktis untuk menjaga rumah tetap bersih dan bebas dari polusi luar ruangan.


3. Bersin ke arah lengan, bukan ke telapak tangan


Bila saat bersin Anda sedang tidak memiliki tisu atau serbet untuk menutup mulut dan hidung, maka sebaiknya Anda bersin ke arah dalam lekukan siku atau lengan atas. Hindari menggunakan telapak tangan karena justru dapat dengan mudah menyebarkan kuman. Selain itu, hal ini juga mencegah kuman menyebar ke udara dan menulari orang lain.


4. Memberi waktu istirahat pada mata Anda


Pencahayaan komputer yang berlebihan dapat memicu ketegangan pada mata dan sakit kepala. Untuk itu, spesialis mata merekomendasikan 'aturan 20-20-20', yaitu untuk setiap 20 menit yang Anda habiskan di depan komputer, cobalah untuk menjauhkan pandangan dari layar setidaknya selama 20 detik dengan melihat objek yang terletak 20 meter jauhnya.


5. Oleskan tabir surya secara rutin


Menggunakan tabir surya secara teratur tidak hanya dapat menjaga warna kulit, tetapi juga menjaga agar tidak muncul tanda-tanda penuaan dini dan mengurangi risiko kanker kulit. Jadi meskipun cuaca sedang mendung, ada baiknya Anda tetap menggunakan tabir surya sebagai rutinitas di pagi hari.


6. Minum banyak air putih


Tubuh terdiri dari 60 persen air. Fungsi cairan tubuh ini termasuk di dalam sistem pencernaan, penyerapan, sirkulasi, transportasi nutrisi, dan pemeliharaan suhu tubuh. Bila Anda tidak mendapatkan cukup cairan, usus akan menarik air dari feses untuk menjaga hidrasi, sehingga muncul sembelit.


7. Memasukkan spons cuci piring setiap malam ke microwave


Fungsi spons sebagai pembersih membuat teksturnya menjadi lembab, sehingga akan menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan jamur. Untuk menghentikan penyebaran kuman, pastikan saat masih dalam keadaan basah masukkan spons ke dalam microwave selama 45 detik setiap malam.


8. Sikat lidah setiap kali mandi


Membersihkan lidah secara rutin merupakan langkah penting untuk menjaga mulut tetap bersih. Sebab, bagian belakang lidah merupakan tempat favorit bakteri dan kuman. Setelah Anda menyikat gigi, biasakan untuk menyikat permukaan lidah dari belakang ke depan. Kebiasaan ini akan menghilangkan bakteri penyebab plak, partikel makanan yang terjebak di lidah, dan menyegarkan napas.


Sumber :
detik.com
Posted by radhite

0 comments:

Post a Comment