Google Doodle Memajang Kisah Parasut Pertama

Jika Anda membuka halaman awal Google hari ini akan melihat animasi menarik tentang parasut. Inilah tanggal pertama kalinya André-Jacques Garnerin melakukan terjun payung pertama kali 216 tahun lalu.
 


André-Jacques Garnerin, kelahiran 31 Januari 1769 dicatat sejarah sebagai penemu sekaligus pelopor teknologi parasut modern. Tanggal 22 Oktober 1797 Garnerin terbang ke atas dengan menggunakan balon udara, lalu terjun dari ketinggian 900 meter. Ia berhasil mengoperasikan parasut hasil buatannya hingga mendarat dengan selamat.

Sesungguhnya ia bukan orang pertama yang membuat parasut jadi kenyataan. Louis-Sébastien Lenormand pernah melakukan percobaan parasut di tahun 1783. Ia membuat parasut dari kayu. Sementara Garnerin memakai bahan linen. Dan linen inilah yang tetap digunakan hingga sekarang. Itulah sebabnya pria asal Paris ini dinobatkan jadi 'Bapak' parasut modern.

 
Garnerin terbang ke atas dengan menggunakan balon udara, lalu terjun dari ketinggian 900 meter.



Sketsa parasut da Vinci



Menengok jauh ke belakang, ide tentang manusia terjun dari udara pernah dilontarkan oleh Leonardo Da Vinci. Begitu pula dengan ilmuwan Italia, Fausto Veranzio, yang pada abad ke-16 juga mencoba memikirkan konsep yang sama mengenai parasut. Namun, da Vinci maupun Fauzto Veranzio tidak pernah mampu mewujudkan penemuan parasut secara nyata.

Adalah André-Jacques Garnerin yang justru berhasil membuat parasut sekaligus mempraktikkan kegunaannya. Setelah melakukan berbagai percobaan semasa menjadi tawanan saat pecahnya Perang Napoleon periode pertama (1792–1797), André-Jacques Garnerin akhirnya berkesempatan melakukan penerjunan perdananya.

André-Jacques Garnerin wafat di Paris pada tanggal 18 Agustus 1823 di usia 54 tahun. Tragisnya, sang penemu parasut ini menghembuskan nafas penghabisan setelah mengalami kecelakaan tertimpa balok saat André-Jacques Garnerin sedang bekerja membuat balon udara di ruang kerjanya.








 









Sumber:
softpedia.
Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment