Bagaimana Merawat Pakaian Berwarna Putih?

Pakaian warna putih lama-kelamaan terlihat tidak cerah lagi. Mengapa dan bagaimana cara merawat yang terbaik? Coba kita lihat faktor dan tipsnya berikut ini.

Air Pencucian Pakaian dan Kain Putih
Sudah menjadi hal utama bahwa kondisi air yang digunakan dalam mencuci pakaian atau kain berwarna putih sangat berpengaruh dalam perubahan warna karena perbedaan kandungan yang dimiliki setiap air. Bila air sumur berwarna kekuningan atau kecokelatan sudah pasti jangan digunakan.
 

thisnext.com


Air PDAM juga belum tentu bersih meski terkadang terlihat bening. Jika Anda menggunakan air PDAM, maka sebaiknya Anda siapkan wadah penampungan khusus untuk mencuci pakaian putih. Tampung air misalkan dalam 1 drum dan biarkan selama 1 minggu agar partikel yang sangat kecil bisa mengendap, biasanya partikel zat besi yang lebih cepat membuat baju berwarna kuning. Ini juga berlaku ketika Anda mencuci menggunakan air hujan.



Deterjen dan Zat Pembersih lain untuk Pakaian dan Kain Putih
Pastikan bahwa deterjen atau zat pembersih lain bukan berbahan Chlorine, biasanya zat Klorin lebih sering menyebabkan kain putih lebih cepat berwarna kuning dan juga melunturkan zat warna lain. Apalagi jika baju Anda ada sebaian yang berwarna selain putih. Selain itu juga zat klorin akan membuat serat baju lebih cepat rapuh. Pilihlah zat pembersih yang tidak merusak warna dan juga serat kai


 
wardrobeadvice.com


Pembilasan Pencucian Pakaian dan Kain Putih
Hal yang perlu diingat bahwa pembilasan yang tidak bersih pada kain atau pakaian putih bisa membuat kain atau pakaian putih menjadi berwarna lebih kekuningan atau kecokelatan sedikit demi sedikit.

Pembilasan yang tidak bersih akan menyisakan zat pembersih yang masih menempel yang notabenenya telah membawa kotoran pada pakaian atau kain Anda akan tetap menempel pada pakaian Anda dan ketika dijemur akan kering dan berwarna kekuningan. Coba saja busa deterjen yang menempel dapa permukaan ketika tidak dibilas da kering akan menjadi warna yang kurang enak untuk dilihat, bahkan bisa berjamur dan keringnya berwarna kuning.

Penjemuran Pakaian dan Kain Putih
Sebisa mungkin penjemuran kain dan pakaian berwarna putih jangan terlalu sering terkenan sinar matahari langsung. Sinar matahri ternyata juga bisa menyebabkan warna pada pakaian bisa berubah.


Tips menghilangkan noda kekuningan.

Seringkali pemakaian deodorant menimbulkan efek samping yakni noda  kuning pada ketiak baju. Merendam pakaian terlalu lama menggunakan air yang mengandung zat besi tinggi juga menyebabkan noda kekuningan.

 
diytrade.com


Ada dua  cara yang bisa dicoba:
1. Dengan perbandingan sama antara baking soda, hidrogen peroksida, dan air. Campur untuk menghilangkan noda di sehelai pakaian. Lindungi bagian atas pakaian dengan handuk tebal. Gosokkan adonan ke noda, diamkan 30 menit. Gunakan sikat gigi untuk menghilangkan residu, lalu cuci seperti biasa dengan air panas/ dingin.
 
2. Cara ini terbilang sangat praktis. Belilah sitrus alias asam sitrat atau citric acid, yang bisa diperoleh di mini market atau pasar. Kalau bingung, tanya kepada penjualnya: untuk pembuat cocktail. Bentuknya mirip penyedap rasa, biasa dikemas dalam plastik bening.

Larutkan sitrus ke dalam ember berisi air panas, dan rendam pakaian yang ternoda tadi. Biarkan sekitar 20 menit sampai Anda melihat pakaian sudah kembali kinclong, lalu cuci seperti biasa.


















Sumber:
womenworld.
rozzmode
hennyfaridah
Posted by sandipras

0 comments:

Post a Comment